Analysis of the Implementation of the Utilization of the School Environment to Increase Student Learning Motivation in Science Subjects in Elementary Schools
Analisis Implementasi Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.1653Keywords:
environmental utilization, motivation to learn, IPAAbstract
This study aims to analyze the implementation of the use of the school environment conducted by teachers to improve student learning motivation in science subjects. In this study using qualitative methods of phenomenology and data collection using interviews, observations and questionnaires. The results showed that teachers in SD Alam Al-Izzah Krian always do the learning process by utilizing the school environment to increase student motivation. It was seen from the average student learning motivation showed by 80% included in the category of good enough. The conclusion that in SD Alam Al-Izzah Krian always do the learning process by utilizing the school environment, which makes the student's learning motivation to increase.
Downloads
References
A. Ikhsan, Sulaiman, dan Ruslan, “Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya,” J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar FKIP Unsyiah, vol. 2, no. 1, hal. 1–11, 2017.
J. P. Pepatudzu, M. Pendidikan, dan S. Kemasyarakatan, “Vol. 15, No. 1, Mei 2019,” vol. 15, no. 1, hal. 1–7, 2019.
D. I. Sekolah, D. Inpres, dan S. Kota, “Pengaruh penggunaan media lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil siswa kelas iii pada mata pelajaran ipa di sekolah dasar inpres sikumana 3 kota kupang,” vol. 2, no. 2, hal. 63–78, 2021.
W. Ardina, W. Meliza, dan Y. Astuti, “Analisi Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPA Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di SMAN 6 Mujaro Jambi,” J. Sci. Educ. Prat., vol. 4, no. 2548–950, 2020.
S. Istiningsih, M. Fauzy, dan K. Nisa, “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 1 Sdn 1 Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018,” JKKP (Jurnal Kesejaht. Kel. dan Pendidikan), vol. 5, no. 1, hal. 31–41, 2018, doi: 10.21009/jkkp.051.04.
A. Kustyamegasari dan A. Setyawan, “Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Muatan Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 3 SDN Banyuajuh 6 Kamal,” Pros. Nas. Pendidik. LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, vol. 1, no. 1, hal. 582–589, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1098
F. Wulandari, “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar,” J. Educ. Rev. Res., vol. 3, no. 2, hal. 105, 2020, doi: 10.26737/jerr.v3i2.2158.
F. Sari Ayuningsih dan I. Fajrul Falah, “Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( Ipa ) Siswa Kelas Iv Sdn 1 Cileuya Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan,” J. Lensa Pendas, vol. 5, no. 2, hal. 14–21, 2020, doi: 10.33222/jlp.v5i2.1637.
F. S. Wahid, M. A. Purnomo, dan S. M. Ulya, “Analisis Peran Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa,” J. Ilm. Kontekst., vol. 2, no. 01, hal. 38–42, 2020, doi: 10.46772/kontekstual.v2i01.247.
F. Saefudin, Ubaedillah, dan S. Bambang, “Analisis Guru dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa di SDIT Nurul Hidayah Brebes,” Prof. J. Pendidik., vol. 1, 2022.
G. Nugroho, “Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA di SDN 16/II Sepunggur,” Integr. Sci. Educ. J., vol. 1, no. 2716–3725, hal. 65–69, 2020, doi: 10.37251/isej.vli2.67.
L. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Ketigapulu. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA, 2019.
S. Okvireslian, “Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan Kepada Peserta Didik Paket B Uptd Spnf Skb Kota Cimahi,” Comm-Edu (Community Educ. Journal), vol. 4, no. 3, hal. 131, 2021, doi: 10.22460/comm-edu.v4i3.7220.
S. R. Prasetya dan M. Muhroji, “Penggunaan Alat Peraga Kotak Sifat Cahaya (Kosifacay) dalam Penguasaan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, hal. 4848–4854, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2959.
Mubarok Husni dan Attalina Syailin Nichla Choirin, “Studi fenomenologi peran guru sekolah dasar sebagai fasilitator dalam pembelajaran tematik dikelas tinggi,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 3, no. 2, hal. 75–87, 2022.
D. Muatan, I. P. A. Di, dan S. D. Muhammadiyah, “3 1, 2, 3,” vol. 06, 2021.
J. K. Safutra, “Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran IPA kelas IV di Sekolah Dasar,” J. Fak. Ilmu Pendidik. Tahun 2015, 2015.
C. P. Rini, “Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Mi Daarul Ilmi Kabupaten Tangerang,” JTIEE (Journal Teach. Elem. Educ., vol. 2, no. 2, hal. 153–159, 2018.
A. Alfansyur dan Mariyani, “Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial,” Hist. J. Kajian, Penelit. Pengemb. Pendidik. Sej., vol. 5, no. 2, hal. 146–150, 2020.
N. Liza dan Z. Dahlan, “Analisis Pemanfaatan Alam Sekitar dalam Pembelajaran IPA di SD/MI,” J. Pemikir. dan Pengemb. Sekol. Dasar, vol. 10, no. 2, hal. 112–121, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/19987
M. S. Yugakisha dan I. N. L. Jayanta, “Instrumen Penilaian Motivasi Belajar IPA,” J. Pedagog. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 3, hal. 402, 2021, doi: 10.23887/jp2.v4i2.35918.
F. Taileleu, “Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran IPA Kelas IV,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 5, hal. 487–492, 2017.
N. Sa’adah, S. Syahrial, dan S. Sumianto, “Analisis Faktor Lingkungan Sekolah yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Edumaspul J. Pendidik., vol. 5, no. 2, hal. 299–309, 2021, doi: 10.33487/edumaspul.v5i2.2067.
M. Yusdasari, A. Ambarita, dan ..., “Hubungan Lingkungan Belajar Sekolah dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik,” … J. Pendidik. Dasar, no. 1, hal. 1–12, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/20529%0Ahttp://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/20529/14399
W. Febrisah, “Saintifik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negeri 101772 Tanjung Selamat,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Terpadu, vol. 03, no. 02, hal. 120–127, 2021.
F. Susanti dan S. Anafiah, “Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada pembelajaran tematik sd negeri bhayangkara yogyakarta,” Pendidikan, vol. vol 1, no. April, hal. 147–156, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4741
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.