Relationship Between Concept Understanding and Mathematics Skill of IV Grade Students of Muhammadiyah 24 Primary School Surabaya
Hubungan Pemahaman Konsep dengan Kemampuan Matematika Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 24 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.975Keywords:
Understanding Concepts, Math SkillsAbstract
This study aims to determine wheter there is a relationship between concept understanding and mathcematics skills of IV grade students of Muhammadiyah 24 Primary School Surabaya. This research was concucted on November 2020. From this study, it was found that there was a mathematics skills of fourth grade of Muhammadiyah 24 Primary School Surabaya. This can be proven by the results of data calculations obtained with a significance value of 0,501 or (0,501>0,05), and obtained the result of rhitung 0,11 wich is known to greater than rtabel 0,369 with a significance level of 5% or 0,05
Downloads
References
Hasratudin, “Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika” Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, Vol 6, no 2 http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/960. [Diakses 5 November 2019]
Markaban, 2006. “Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing”. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional PPG Matematika.
Astuti, Titian Puji dkk. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran TANDUR Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Peserta Didik”. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika AKSIOMA, Vol 7 no 2 http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1497. [Diakses 20 Desember 2019]
Marhaeni, I. 2007. “Pembelajaran Inovatif dan Asesmen Otentik dalam Rangka Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Produktif. Makalah dalam Menyusun Kurikulum dan Pembelajaran Inovatif di Universitas Udayana.”
Hatim, Muhammad, dkk. 2009. “Dakota (Dakon Matematika) Sebagai Media Penanam Konsep KPK dan FPB di Sekolah Dasar”. Edu Basic Jurnal Pendidikan Dasar https://ejournal.upi.edu/index.php/edubasic
Karim, Asrul dkk. 2011. “Penerapan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar”. Edisi Khusus no 1 https://ejournal.upi.edu/index.php/edubasic [Diakses 20 Desember 2019]
Tristanti, Lia Budi. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang Siswa” Jurnal Pendidikan Matematika AKSIOMA, Vol 6, no 3 https://ejournal.upi.edu/index.php/edubasic
Purwanti, Ramadhania Dewi dkk. 2016. “Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif.” Jurnal Pendidikan Matematika Al-Jabar https://ejournal.upi.edu/index.php/edubasic
Jihan, Asep dkk. 2013. “Evaluasi Pembelajaran”. Yogyakarta: Multipressindo
Sujianto, Agus Eko. 2009. “Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0”. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.