Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

An Application of "Worm Pick" Learning Media in Improving Counting Skills for 4-5 Year Old Children at Mutiara Anak Sholeh Kindergarten Sukodono

Penerapan Media pembelajaran "Worm Pick" Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 tahun di TK Mutiara Anak Sholeh Sukodono

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.9570

Keywords:

Numeracy, Worm Pick, Early Childhood

Abstract

This research aims to improve the numeracy ability of children aged 4-5 years at Mutiara Anak Sholeh Sukodono Kindergarten through the application of "Worm Pick" learning media. The method used in this study is Classroom Action Research (PTK) with data collection techniques using observation and interview techniques. Based on the results of initial observations, children's numeracy ability was categorized at a low level with a percentage of 6.25% in the pre-cycle. The results of the study using the learning media "Worm Pick" in the first cycle increased children's numeracy ability by 31.25% and in the second cycle by 87.5%. Based on this, it can be concluded that the application of "Worm Pick" learning media is very effective in improving children's numeracy skills

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. P. Rijkiyani, S. Syarifuddin, and N. Mauizdati, “Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Potensi Anak pada Masa Golden Age,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 4905–4912, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2986.

Muammar Qadafi, "Metode Montessori: Implikasi Student-Centred

Learning terhadap Pekembangan Anak di Paud" Universitas Islam Negeri Mataram. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 7 Issue 3 (2023) Pages 2961-2976, 4 June 2023.

Dr. Yaswinda, M. Pd1, Gusmarni, "Analisis Permendikbud Nomor 137 dan 146 Dalam Pembelajaran Paud" Universitas Negeri Padang. Jurnal Ilmiah PTK PNF. http://doi.org/10.21009/JIV.1702.8. Volume 17 Number 2, Desember 2022.

Maryam, Siti. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA PADA KELOMPOK B TK NW LELUPI KECAMATAN SIKUR” 1 (2019).

Yulianti, Anita, and Rini Herminastiti. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Awal Melalui Bermain Tabung Hitung Pom-Pom,” 2019.

D. Journal, F. Larasati, R. Hafidah, and N. K. Dewi, “Kemampuan berhitung permulaan anak usia dini di kecamatan polanharjo kabupaten klaten,” vol. 5, no. 1, pp. 44–49, 2022.

Malapata, Elisa, and Lanny Wijayanigsih. “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (April 12, 2019): 283.

Cahyaningrum, Wulan Nur, Upik Elok Endang Rasman, and Adriani Pudyaningtyas. “PROFIL KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI GUGUS DAHLIA KLATEN” 10, no. 2 (2022).

P. Afriani lubis and J. Simanjuntak, “Pengaruh Metode Bermain Peran (Role Playing) terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun di Ra Al-Kamal Laud Dendang T.A 2018/2019,” J. Anak

Wulan Nur Cahyaningrum, Upik Elok Endang Rasman, Adriani Pudyaningtyas, "Profil Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun di Gugus Dahlia Klaten" Universitas Sebelas Maret. Kumara Cendekia. Vol. 10 No. 2, 2022.

Karuniawati, Fajar, and Mukhoiyaroh Mukhoiyaroh. “Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-20 Melalui Penggunaan Media Corong Berhitung pada Siswa Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Muslimat Wonocolo Surabaya.” JECED : Journal of Early Childhood Education and Development 1, no. 1 (December 27, 2019): 1–8

D. Journal, F. Larasati, R. Hafidah, and N. K. Dewi, “Kemampuan berhitung permulaan anak usia dini di kecamatan polanharjo kabupaten klaten,” vol. 5, no. 1, pp. 44–49, 2022.

Cahyaningrum, Wulan Nur, Upik Elok Endang Rasman, and Adriani Pudyaningtyas. “PROFIL KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI GUGUS DAHLIA KLATEN” 10, no. 2 (2022).

Bahfen, Munifah, and Zahra Nisrina. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Papan Pintar (Pantar) untuk Anak Usia 4-5 Tahun,” 2020

Putri, Wanda Kholida. “PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA,” 2022

H. Pitriani, D. Faslah, and I. Masitoh, “Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Pada Anak Usia Dini,” J. Ilm. Al-Muttaqin, vol. 9, no. 1, pp. 33–38, 2023, doi: 10.37567/al-muttaqin.v9i1.2218.

Mulyani. (2021). Peningkatan Kemampuan Kreativitas Anak Melalui Permainan BITOJAWA Di RA Fatimah Pada Usia 5-6 Tahun Kelompok B Tahun 2021. Skripsi Universitas PGRI Palembang.

Prio Utomo, Nova Asvio, Fiki Prayogi,"Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan". Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia Vol: 1, No 4, 2024, Page: 1-19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.82, 6 Agustus 2024.

Hidayah, Nurul, and Intan Prastihastari Wijaya. “PENGGUNAAN MEDIA NUMBER BLOCKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TK IT AL AQSHA.” Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3, no. 1 (March 22, 2023): 39–47.

Hidayati, Nurul, Sri Handayani, and Nurul Khotimah. “PENERAPAN MEDIA SELUNCURAN KELERENG TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI” 4 no. 2 (2023).

Maharani, Dwi and Sri Watini. “IMPLEMENTASI MODEL ATIK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI TKIT AL WILDAN BEKASI” 5 no. 2 (2022).

Posted

2025-10-14