DOI of the published article https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.176
The Effect of Real Media on Cognitive Natural Science Learning Outcomes About Roots and Steams Material At 4th Grade of Sekolah Dasar
Pengaruh Media Nyata terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Materi Akar dan Batang Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.956Keywords:
The Effect, Real Media, Learning outcomesAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh media nyata terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi akar dan batang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif pre eksperimen. Populasi dan sampel siswa SDN Gempol I Kelas IV. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, yang selanjutnya instrumen soal diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan N-Gain dengan perhitungan selisih antara pretes dan posttes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa, melalui nilai pre test dan post test pada 16 siswa berkategori tinggi dan efektif, 17 siswa berkategori sedang dan cukup efektif dan 2 siswa berkategori rendah dan tidak efektif, dengan demikian siswa yang berkategori sedang ke atas adalah 33 siswa. Kesimpulan penelitian ialah ada pengaruh media nyata terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi akar dan batang di siswa SD kelas IV. Media nyata ini dapat dijadikan rekomendasi kepada tenaga pendidik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA.
Downloads
References
Ahmad, I. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas II Sd Negeri 273 Borongrappoa Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan:Universitas Muhammadiyah Makassar
Aini, R., Ermiana, I., & Affandi, L. H. (2022). Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Tematik pada SDN Gugus 7 Kecamatan Pujut Tahun Ajaran 2019/2020. Renjana Pendidikan Dasar, 2(1), 78–90.
Amanaturrakhmah, I., Kardoyo, & Rifai, A. (2017). Manajemen Pembelajaran Tematik di Kelas Tinggi SD Percontohan Kabupaten Indramayu. Journal of Primary Education,6(2), 159–165
Anditasari, P & Supriyanto. (2014). Penggunaan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema Hiburan Siswa Kelas 2 SD Nurul Islam Mojokerto. 02. JPGSD. 2(3). Hal 1- 11
Aryani, L. (2019). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 105323 Bakaran Batu Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan:Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Effendy,I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-test dan Post-test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2A. Pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro.Vol.1(02). Hal 81-88
Erowati, M. T. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Di SDN Sumberejo 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Hal 288-296
Hamsir. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 1 Turatea Kabupaten Jeneponto. Jurnal Penelitian dan Penalaran. 4(2). Hal 732- 741
Heriyanto, S. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di SD Negeri Gugus Kolopaking. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan:Universitas Negeri Yogyakarta
Hesti, Aslan & Rona. (2022). Problematika Pembelajaran Tematik Integratif Di Madrasah Ibtidaiyah Ikhlaasul ‘Amal Sebawi. Adiba: Journal Of Education Vol. 2 No. 3. page 300-310
Khofiatun, Akbar, S., & Ramli, M. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1 (5). Hal 984—988
Kolopita, C. P., Katili, M. R., & Thohir, R. M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. INVERTED: Journal of Information Technology Education. 2(1). hal 1-12
Lestary, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Nyata TerhadapHasil Belajar IPA Tentang Struktur Akar Pada Siswa Kelas IV SDN 41 Kaur. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Tadris:IAIN Bengkulu
Nurbudiyani, I. (2013). Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iii Sd Muhammadiyah Palangkaraya. Anterior Jurnal, 13(1), 88–93. https://doi.org/10.33084/anterior.v13i1.295
Oktaviana, D., & Prihatin, I. (2018). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2:), 81–88. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.8.2:.1732.81-88
Prananda, G., Friska, S. Y & Susilawati, W.O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(1), 2021, 1-10, doi:10.25273/jems.v9i1.842
Salsabila, Z. P., Aliya, N., Susanti, F. M., Putri, N. R., Indriyanti, P., Al Wafa, A. S. A., & Chasanah, U. (2022). Penerapan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Integratif Peserta Didik Kelas 2 Minu Ngingas. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 38–50. https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i1a4.2022
Sukani, Kresnadi, H., & Asran, M. (2015). Penggunaan Media Konkret Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 4(12). hal 1-10
Susiyanti, E. (2017). Penggunaan Metode Demonstrasi Dan Media Nyata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tentang Struktur Akar Pada Siswa Kelas Iv SDN 11 Tebatkarai Kabupaten Kepahiang. Jurnal PGSD, 10(1), 18–21. https://doi.org/10.33369/pgsd.10.1.18-21
Suwandayani, B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1214
Tangkas, W. E. A., Japa, I. G. N., & Rati, N. W. (2019). Pendekatan Saintifik Menggunakan Media Konkret Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Adat dan Budaya. 1(2), Hal 63-71
Wijaya, R., Vioreza, N., & Marpaung, J. B. (2021). Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III. 579-587
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.