Preprint / Version 1

The Role of Picture Media in Text – Based Indonesian Language Learning in Elementary Schools

Peran Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Di Sekolah Dasar

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.9503

Keywords:

picture media, pembelajaran berbasis teks, Literasi

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran penting di Sekolah Dasar karena mendukung pengembangan kemampuan literasi siswa, terutama dalam membaca dan menulis teks. Namun dalam praktiknya, banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menyusun teks karena metode pembelajaran yang monoton dan minimnya penggunaan media konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks dan menganalisis dampaknya terhadap kemampuan memahami dan menyusun teks pada siswa kelas III SDI Nurul Yaqin. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis hasil tugas siswa. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Pujiastuti and N. Nurhayati, “Media Internet dan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi,” BELAJAR Bhs. J. Ilm. Progr. Stud. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 5, no. 1, pp. 123–138, 2020, doi: 10.32528/bb.v5i1.2773.

I. Oktaviyanti, D. A. Amanatulah, N. Nurhasanah, and S. Novitasari, “Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 5589–5597, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.2719.

A. S. Fitriani and M. Doyin, “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Imajinasi Bermuatan Kearifan Lokal Menggunakan Model Scaffolded Writing Berbantuan Media Gambar Berkata Kunci pada Peserta Didik Kelas VII,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 10, no. 1, pp. 52–60, 2021, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

N. C. Nuriyanto, F. P. Rahmawati, and A. W. D. Danto, “Implementasi Game Powerpoint Dengan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar,” Js (Jurnal Sekolah), vol. 8, no. 3, p. 394, 2024, doi: 10.24114/js.v8i3.57697.

A. Mayasari, W. Pujasari, U. Ulfah, and O. Arifudin, “Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik,” J. Tahsinia, vol. 2, no. 2, pp. 173–179, 2021, doi: 10.57171/jt.v2i2.303.

P. Rahmawati and R. Widakdo, “PERAN BUKU KOMIK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI,” vol. 04, no. 01, pp. 58–70, 2024, doi: 10.53977/ps.v2i01.1684.

A. P. R. Siregar, “Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Muhammadiyan 38 Medan Krio,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 5, no. 1, pp. 2438–2444, 2023.

M. Meilani, S. Suyadi, and N. Nurdianyah, “Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 5, pp. 7286–7293, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i5.3370.

S. D. Ambarwati, U. Mu’awwanah, and O. Farhurohman, “Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi,” Prim. J. Keilmuan dan Kependidikan Dasar, vol. 11, no. 2, p. 143, 2019, doi: 10.32678/primary.v11i02.2327.

N. A. Fitrianti et al., “Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Teks Deskripsi Melalui Metode Picture and Picture,” Edu Sociata ( J. Pendidik. Sosiologi), vol. 6, no. 2, pp. 1081–1090, 2023, doi: 10.33627/es.v6i2.1497.

E. F. Harsyanda, S. Luthviyah, A. Manda, and B. Kurnia, “Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V,” JAMPARING J. Akunt. Manaj. Pariwisata dan Pembelajaran Konseling, vol. 2, no. 2, pp. 737–743, 2024, doi: 10.57235/jamparing.v2i2.3126.

M. Toharudin and N. Hida, “Implementasi Media Permainan Kartu Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa SD,” J. Ilm., vol. 26, no. 1, pp. 47–53, 2018.

P. Agama, I. Di, and M. A. N. Medan, “Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan,” J. Penelitian, Pendidik. dan Pengajaran JPPP, vol. 3, no. 2, pp. 147–153, 2022, doi: 10.30596/jppp.v3i2.11758.

R. Mariani, R. Novita, and S. M. Sari, “Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Indo-MathEdu Intellectuals J., vol. 4, no. 3, pp. 2881–2887, 2023, doi: 10.54373/imeij.v4i3.664.

R. H. Pratiwi and V. Rezania, “The Effect of Multi-Matobe Assited Comic Media on Critical Thinking Skills of Elementary School Students [ Pengaruh Multi-Matobe Berbantuan Media Komik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar ],” pp. 1–12.

J. Ilmu, P. Jip, E. April, and S. Dari, “Abstrak Kondisi di lapangan tepatnya di Kupang pada saat ini pembelajaran di lakukan menyebabkan beberapa masalah diantaranya faktor lingkungan yaitu anak lebih memiliki banyak waktu di rumah dibanding saat berada di kurang memadai akan susah dalam menjel,” vol. 8, no. 1, 2023.

A. Sumardi, Y. Fera, W. S. Devi, P. Bahasa, and F. I. Pendidikan, “Teks Prosedur Mahasiswa Bipa Tingkat Dasar a2,” pp. 1057–1064, 1945.

Mehrvarz ddk 2022, Media Pembelajaran Digital Teknologi, vol. 8, no. 1. 2022.

Mai Sri Lena, Sartono Sartono, Annisa Salsabila, and Wulan Mulyani, “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD,” JISPENDIORA J. Ilmu Sos. Pendidik. Dan Hum., vol. 2, no. 2, pp. 179–184, 2023, doi: 10.56910/jispendiora.v2i2.659.

A. Rijali, “Analisis Data Kualitatif,” Alhadharah J. Ilmu Dakwah, vol. 17, no. 33, p. 81, 2019, doi: 10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Posted

2025-09-29