Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

The Application of the Think Pair Share Model in IPAS Learning to Improve Learning Outcomes of Elementary School Students

Penerapan Model Think Pair Share dalam Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.9445

Keywords:

Think Pair Share (TPS), Learning Outcomes, Cultural Diversity

Abstract

This study aims to improve student learning outcomes in IPAS learning on the subject of Cultural Diversity by using the Think Pair Share (TPS) model at SDN Krian II. This study uses the Classroom Action Research (CAR) method. The subjects of this study are 34 fourth-grade students at SDN Krian II. Data collection techniques include tests, observation, and documentation. The research instruments consist of pre-test and post-test sheets, documentation sheets, and learning modules. Data analysis was conducted using quantitative and qualitative descriptive methods. The results of this study indicate an improvement in cultural literacy through student learning outcomes, with an average score of 50% before the intervention, increasing to 64% after Cycle I, and 79% in Cycle II, categorized as sufficient.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. C. O. R. Lake, H. F. Lipikuni, and K. S. Jenahut, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK CERITA RAKYAT NUSA TENGGARA TIMUR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA SISWA,” 2023. [Online]. Available: https://jurnal.umsrappang.ac.id/cakrawala/index

T. S. Nurazizah, Z. Ulfiah, and Y. Wahyuningsih, “Analisis Muatan IPS Keberagaman Budaya dalam Film"Adit dan Sopo Jarwo” Episode ‘Ondel-Ondel Bikin Denis Jengkel,’” J. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 2840–2847, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i2.932.

F. Diba Catur Putri and N. Nurhasanah, “Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai Upaya dalam Mengembangkan Berkebhinekaan Global di Sekolah Dasar,” JIMPS J. Ilm. Mhs. Pendidik. Sej., vol. 8, no. 3, pp. 2167–2173, doi: 10.24815/jimps.v8i3.25267.

A. N. Fradana, LITERASI DASAR : Menuju Masyarakat Literasi. ilmi, 2023.

N. Ramadhan and Khairunnisa, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku,” Tarb. wa Ta’lim J. Penelit. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 8, no. 1, pp. 49–60, 2021, [Online]. Available: https://journal.uinsi.ac.id/index.php/Tarbiyawat/article/view/3208

S. Artama et al., Evaluasi Hasil Belajar PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL. 2023.

M. Ariyanto, “Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble,” Profesi Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 2, p. 133, 2018, doi: 10.23917/ppd.v3i2.3844.

I. Fuziani, T. Istianti, and M. H. Arifin, “Penerapan Model Pembelajaran Radec dalam Merancang Kegiatan Pembelajaran Keberagaman Budaya di SD Kelas IV,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 3, pp. 8319–8326, 2021.

N. Aenun Bahar, M. Hamkah, and P. Prajabatan, “Global Journal Teaching Professional PENERAPAN MODEL TPS DENGAN PENDEKATAN CRT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK,” 2023. [Online]. Available: https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp

H. Wijaya, Model Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Pendidikan Karakter, no. December. 2018. doi: 10.31219/osf.io/xn4dw.

K. Sudiatmika and I. Made Ari Winangun, “Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar Efektivitas Model Think-Pair-Share Dalam Meningkatkan Literasi Siswa Kelas 5 SD Negeri 3 Tinga-Tinga,” J. Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 2, pp. 151–158, 2024, doi: 10.55115/edukasi.v5i2.79.

B. Sadipun, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDI ENDE 14,” J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 11–16, 2020.

O. Antoneta et al., “MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 MAULIRU,” 2023.

A. Yulianto, “Penerapan Model Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Vi Sdn 42 Kota Bima,” J. Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 1, no. 2, pp. 6–11, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Pendikdas

A. M. Alfahmi and G. Gunansyah, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar,” JPGSD, vol. 02, 2014.

S. M. Zaman Auliau Rachman, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS V SD,” J. Pendidik. Dasar Flobamorata, vol. 2, pp. 226–236, 2021.

N. putu M. Cahyani, N. Dantes, and N. W. Rati, “Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar IPS,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 4, no. 3, p. 362, 2020, doi: 10.23887/jppp.v4i3.27410.

R. I. Leonardo, “Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share,” Progr. Stud. Pendidik. Mat. Fak. Tek. Mat. IPA Univ. Indraprasta PGRI, vol. 3, no. 1, p. 5, 2013.

A. Kistian, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong Kabupaten Aceh Barat,” Genta Mulia J. Ilm. Pendidik., vol. X, no. 1, pp. 92–104, 2019.

N. Rahman, N. K. Dewi, and N. Nurhasanah, “Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 3c, pp. 1846–1852, 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i3c.875.

P. Bernadetta Purba dkk, “Penelitian Tindakan Kelas,” in Penelitian Tindakan Kelas, A. Rikki and J. Simarmata, Eds., Yayasan Kita Menulis, 2021, pp. 57–58.

A. A. N. Dinaqi, C. Rakhmat, and F. Nugraha, “Penerapan Model Pembelajaran Think, Pair, and Share Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri I Bojonggambir,” Soc. Humanit. Educ. Stud. Conf. Ser., vol. 2, no. 2, p. 80, 2019, doi: 10.20961/shes.v2i2.38549.

L. Jasdilla, U. Kuswendi, and S. Ramdhani, “Hasil Belajar Dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps),” JPI (Jurnal Pendidik. Indones., vol. 6, no. 1, pp. 96–105, 2017, doi: 10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9253.

D. W. Arukah, I. Fathurohman, and M. S. Kuryanto, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Karangbener Menggunakan Model Think Pairs Share,” EduBase J. Basic Educ., vol. 1, no. 2, p. 54, 2020, doi: 10.47453/edubase.v1i2.141.

A. Purnomo and Suprayitno, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Penerapan Model,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 01, no. 02, pp. 0–216, 2013.

H. Murni, “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE Oleh : Hayatul Murni ( Guru SD Negeri 19 Palembang ) Email : hayatulmurni@gmail.com Abstrak EFFORTS TO IMPROVE PKN LEARNING OUTCOMES THROUGH TYPE THINK PAIR S,” Upaya Meningkat. Has. Belajar Pkn Melalui Model Pembelajaran Koop. Tipe Think Pair Share, vol. 16, no. 3, pp. 298–307, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/viewFile/5572/3009

M. fahrozi, “Penerapan Metode Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V di MI AL-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung,” 2018.

Posted

2025-09-18