Preprint / Version 1

The Effect of E-Commerce, Business Capital, Income Expectation , and The Use of Accounting Information Systems on Enterpreneurial Decision Making with Self-Efficacy as a Moderation Variabble toward Accounting Departement Students of Muhammadiyah Sidoarjo


Pengaruh E-Commerce, Modal Usaha, Ekspektasi Pendapatan, dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha dengan Self-Efficacy Sebagai Variabel Moderasi Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.942

Keywords:

E-Commerce, Revenue Expectation, Business Capital, Use of Accounting Information Systems, Enterpreneurial Decision Making, Self-Efficacy

Abstract

This study is to determine the effect of e-commerce, business capital, income expectations, and the use of accounting information systems on entrepreneurial decision making moderated by self-efficacy variables in accounting study program students of Muhammadiyah Sidoarjo University. The population in this study is 761 students of the accounting study program at the University of Muhammadiyah Sidoarjo. The sample used was 88 students using the slovin formula and sampling using random sampling. Data collection techniques using questionnaires. The analysis technique uses the Partial Least Square (PLS) approach.  The results of this study show that e-commerce, business capital and income expectations, self-efficacy affect entrepreneurial decision making. While the use of accounting information systems does not affect entrepreneurial decision making. Self-efficacy does not moderate the influence of e-commerce, business capital, the use of accounting information systems on decision making for entrepreneurship. While self-efficacy moderates the influence of income expectations on entrepreneurial decision making.

Downloads

Download data is not yet available.

References

V. Pattiasina, M. Y. Noch, S. Bonsapia, Melyanus, And P. Andarias, “Determinan Kinerja Sistim Informasi Akuntansi Dimoderasi Oleh Pendidikan Dan Pelatihan,” J. Apl. Kebijak. Publik Bisnis, Vol. 2, Pp. 37–5, 2021.

Nurlaila C And Fitriyah H, “Pengaruh E-Commerce, Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dan Modal Usaha Dalam Pengambilan Keputusan Mahasiswa Untuk Berwirausaha,” Indones. J. Law Econ. Rev., 2021, Doi: Https://Doi.Org/10.21070/Ijler.2021.V11.700.

Rapika S, “Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara),” J. Akunt., 2021.

P. Kotler, L. Keller, And K, “Marketing Management 14e Global Edition,” Pearson Educ. Ltd., 2012.

E. Lovita And F. Susanty, “Peranan Pemahaman E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Bagi Kewirausahaan,” J. Akunt. Dan Manaj., Vol. 18, No. 02, Pp. 47–54, 2021, Doi: 10.36406/Jam.V18i02.437.

O. Ezenwoke, A. Ezenwoke, D. Eluyela, And O. Olusanmi, “A Bibliometric Study Of Accounting Information Systems Research From 1975-2017,” Asian J. Sci. Res., Vol. 12, No. 2, Pp. 167–178, Mar. 2019, Doi: 10.3923/Ajsr.2019.167.178.

N. Risno, V. Pattiasina, And M. Yamin Noch, “Pengaruh E-Commerce , Self Efficacy Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pengambilan Keputusan Dalam Berwirausaha ( Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Yapis Papua),” No. April, 2022, [Online]. Available: Https://Www.Researchgate.Net/Publication/360167327%0apengaruh

A. I. K. D. Aditya And W. N. W. A. E. Wati, “Pengaruh E-Commerce, Sistem Informasi Akuntansi Dan Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Kasus Pada Umkm Di Kota Denpasar) I Kadek Dodik Aditya (1) Ni Wayan Alit Erlina Wati (2) (1)(2),” Hita Akunt. Dan Keuang., Vol. 3, No. 2, Pp. 149–161, 2022, [Online]. Available: Www.Denpasarkota.Go.Id,

P. Anggraini, “Pengaruh Motivasi,Mental Dan Modal Usaha Terhadap Mahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Jember ),” J. Undergrad. Thesis, Univ. Muhammadiyah Jember, 2017, [Online]. Available: Http://Repository.Unmuhjember.Ac.Id/Id/Eprint/338

S. Oktriarzy, “Pengaruh Modal Usaha, Jam Kerja, Lokasi Usaha, Terhadap Pendapatan Pedagang Kaki Lima Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pasar Natar Kecamatan Natar, Kab. Lampung Selatan),” Pp. 1–61, Dec. 2020, [Online]. Available: Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/Id/Eprint/13125

Achmad Ihza Maulana Ibrahim And Muslimin, “Pengaruh E-Commerce, Ekspektasi Pendapatan, Dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha,” Jsma (Jurnal Sains Manaj. Dan Akuntansi), Vol. 14, No. 1, Pp. 30–43, 2022, Doi: 10.37151/Jsma.V14i1.90.

“No Title.” Https://Www.Researchgate.Net/

I. P. Margareta And D. E. Setiawati, “Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha (Studi Kasus Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Wilayah Surakarta),” 2019, [Online]. Available: Http://Eprints.Ums.Ac.Id/Id/Eprint/77404

D. A. A. Pramiswari And I. B. Dharmadiaksa, “Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha,” E-Jurnal Akunt. Univ. Udayana, Vol. 20, No. 1, Pp. 1–27, 2017.

F. A. Wildani And Suwandi, “Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha Dengan Pengaruh Faktor E-Commerce, Sistem Informasi Akuntansi Dan Self Efficacy Fathoni,” J. Akuntasi Ummi, Vol. 3, No. 1, Pp. 1–23, 2022.

Y. Triyana Meifa And V. F. Sanjaya, “Pengaruh Modal Usaha, Lingkungan Dan Self Afficacy Terhadap Minat Berwirausaha,” Revenue J. Manaj. Bisnis Islam, Vol. 3, No. 1, Pp. 43–64, Jan. 2022, Doi: 10.24042/Revenue.V3i1.10459.

N. T. Wardani And R. M. Dewi, “Pengaruh Motivasi, Kreativitas, Inovasi Dan Modal Usaha Terhadap Minat Berwirausaha,” J. Manaj. Dan Kewirausahaan, Vol. 9, No. 1, P. 93, 2021, Doi: 10.26905/Jmdk.V9i1.5806.

G. Tanusi And Y. Laga, “Pengaruh Pelatihan, Motivasi Dan Modal Usaha Terhadap Minat Berwirausaha Di Uptd Llk Ukm Kabupaten Ende,” Kinerja, Vol. 17, No. 1, Pp. 157–163, 2020, [Online]. Available: Http://Journal.Feb.Unmul.Ac.Id/Index.Php/Kinerja/Article/View/6717

D. Agusmiati And A. Wahyudin, “Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian, Dan Motivasi, Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderating,” Econ. Educ. Anal. J., Vol. 7, No. 3, Pp. 878–893, 2019, Doi: 10.15294/Eeaj.V7i3.28317.

A. Badawi Et Al., “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Penggunaan Media Sosial, Ketersediaan Informasi, Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Feb Unhar Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderasi,” Pp. 227–238, 2017.

J. P. S. Sugiono, “Pengaruh Persepsi Atas E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa,” Unika Soegijapranata Semarang, 2019, [Online]. Available: Http://Repository.Unika.Ac.Id/Id/Eprint/20221

M. Taufiq, “Pengaruh Lingkungan Sosial, Ekspektasi Pendapatan, Dan Modal Terhadap Keputusan Berwirausaha Budidaya Kelapa Kopyor: Studi Kasus Di Desa Ngagel Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati,” Uin Walisongo, 2018, [Online]. Available: Https://Eprints.Walisongo.Ac.Id/Id/Eprint/7978

D. Setiawan And S. Sukanti, “Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta),” J. Profita Kaji. Ilmu Akunt., Vol. 4, No. 7, Pp. 1–12, 2016, [Online]. Available: Https://Eprints.Uny.Ac.Id/30122/1/Skripsi Full.Pdf

M. A. Mustofa And A. Muhson, “Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Self Efficacy, Dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman,” Skripsi. Yogyakarta:Uny, 2014, [Online]. Available: Https://Eprints.Uny.Ac.Id/16081/1/Skripsi-Muchammad Arif-10404244048-Pend.Ekonomi.Pdf

R. A. Nalendra, Statistika Seri Dasar Dengan Spss. 2021. [Online]. Available: Https://Kumparan.Com/Berita-Hari-Ini/Rumus-Slovin-Pengertian-Lengkap-Dan-Contoh-Soalnya-1vh9qyvzp8x/Full

A. T. Kartika, “Determinasi Wirausaha Muslimah Terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha Dengan Niat Sebagai Variabel Moderasi,” S1 Thesis, Univ. Pendidik. Indones. Repos., 2022, [Online]. Available: Http://Repository.Upi.Edu/Id/Eprint/80745

L. Ghozali, “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 20.,” Badan Penerbit Univ. Diponegoro, 2011.

C. M. Ringle, S. Wende, And J.-M. Becker, “Smartpls 3,” 2015.

I. Ghozali And H. Latan, “Partial Least Square Konsep Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 3.0.,” Badan Penerbit Univ. Diponegoro., 2015.

P. P. Adhitama, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Undip, Semarang),” Skripsi. Fak. Ekon. Univ. Diponegoro, P. 27, 2014.

Posted

2023-04-28