Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The impact of Smart Box Blood Circulation (SBBC) Media on Elementary School Students' Understanding of Science Concepts

Pengaruh Media Smart Box Blood Circulation (SSBC) terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.9411

Keywords:

Smartbox blood circulation media, understanding science concepts, circulatory blood syste

Abstract

Low understanding of science concepts in elementary school makes it difficult for students to progress to the next level. Students have difficulty understanding concepts due to the lack of media use and knowledge development. This study aims to determine how the use of Smart Box Blood Circulation (SBBC) media affects the understanding of science concepts among fifth-grade students, especially in the material on the human circulatory system. This study used a quantitative method with a pretest-posttest control group quasi-experimental design. The research subjects consisted of 30 fifth-grade students at MI Sunan Ampel Tanjekwagir, divided into two groups: the experimental group, which used SBBC media, and the control group, which used 2D media. Data collection techniques included multiple-choice questions using prerequisite statistical tests and paired sample t-tests. The results of the Paired Sample t-test showed a significance value of 0.00< 0.05, which means that Ha is accepted and H0 is rejected.

Downloads

Download data is not yet available.

References

T. A. Putri, E. Y. Ali, and A. Ismail, “Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Pemahaman Konsep dan Kolaborasi Siswa Kelas V pada Materi Bencana Alam,” JagoMIPA J. Pendidik. Mat. dan IPA, vol. 4, no. 2, pp. 300–313, Aug. 2024, doi: 10.53299/jagomipa.v4i2.639.

K. Herdianto, M. P. I. W. R. Sudhita, and M. P. G. Sedanayasa, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SD DI GUGUS I KECAMATAN BULELENG.” Jun. 2014. [Online]. Available: https://lens.org/125-920-973-678-809

R. Syafriani and H. Hasanah, “Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas IV UPTD SPF SD Negeri Pulo Sarok Singkil,” Indones. Res. J. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 526–540, Mar. 2022, doi: 10.31004/irje.v2i2.293.

N. Sa’Adah, “PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPA MATERI PEMBUATAN MAGNET SEDERHANA DI MI NU HIDAYATUL MUBTADIIN UNDAAN KIDUL UNDAAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018.” 2017. [Online]. Available: https://lens.org/183-022-433-338-095

W. Marwiyah, “Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Melalui Penggunaan Media Berbasis Komputer.” 2013. [Online]. Available: https://lens.org/152-189-914-912-385

S. H. Siregar and W. Rajagukguk, “Pengaruh Konsep Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Medan,” J. Ris. Pembelajaran Mat., vol. 5, no. 2, pp. 71–82, Oct. 2023, doi: 10.55719/jrpm.v5i2.729.

I. Mukhbitah, E. Mulyasari, and B. Robandi, “PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR.” Oct. 2019. [Online]. Available: https://lens.org/001-895-046-136-277

I. K. D. Sarjana and I. G. Margunayasa, “PENGARUH MODEL POGIL, GAYA KOGNITIF, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V SD,” J. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 49, no. 1, pp. 21–29, Dec. 2016, doi: 10.23887/jppundiksha.v49i1.9006.

N. L. G. K. K. Dewi and D. N. Sudana, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DENGAN MENGONTROL MINAT BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD,” J. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 49, no. 1, pp. 40–47, Dec. 2016, doi: 10.23887/jppundiksha.v49i1.9008.

A. S. Aziza, “Pengembangan Bahan Ajar Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia Biologi SMA Dalam Bentuk Booklet Digital,” BIOMA J. Biol. dan Pembelajarannya, vol. 3, no. 2, pp. 13–30, Dec. 2021, doi: 10.31605/bioma.v3i2.1246.

O. Savitri and S. F. Meilana, “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7242–7249, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3457.

S. Hotijah, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS(Studi pada Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Gedongtataan Tahun Pelajaran 2016/2017).” Sep. 2017. [Online]. Available: https://lens.org/067-473-051-440-34X

D. A. Fajarianingtyas and H. Herowati, “PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA MAHASISWA PADA MATA KULIAH INOVASI PEMBELAJARAN IPA DI KAMPUS CEMARA,” LENSA (Lentera Sains) J. Pendidik. IPA, vol. 8, no. 2, pp. 82–85, Dec. 2018, doi: 10.24929/lensa.v8i2.40.

N. Sholichah, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran IPA Kelas V Sdn Kebraon 1/436 Surabaya.” 2017. [Online]. Available: https://lens.org/186-940-888-544-743

null Susanti, T. Ernawati, and D. Septiani, “Efektivitas pembelajaran IPA menggunakan media KIT IPA terhadap pemahaman konsep,” Compt. J. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 10, no. 1, pp. 24–29, Dec. 2023, doi: 10.30738/cjipf.v10i1.16603.

B. Kelas, S. D. N. Pandean, and K. Madiun, “1 , 2 , 3 , 1,” vol. 09, no. September, 2024.

A. N. Zufida, “Peningkatan pemahaman konsep ipa dan bahasa indonesia melalui model science, environment, technology, and society berbantuan secret box pada tema 6 cita-citaku pada siswa kelas iv sd 1 pladen.” 2019. [Online]. Available: https://lens.org/180-838-104-421-341

N. S. Ramadhanty, C. P. Rini, and A. Amaliyah, “Pengaruh Media Video Scribe Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar,” J. Teknol. Pendidik. J. Penelit. dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 8, no. 1, p. 184, Jan. 2023, doi: 10.33394/jtp.v8i1.5970.

S. Ranti, “PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOX FPB & KPK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR.” Apr. 2020. [Online]. Available: https://lens.org/104-668-768-212-926

achmad buchori buchori, “Design of Kocerin (Smart Box Interactive) Media Basic Character Building on Fraction Material in the Islamic Yunior High School,” J. Inform. Upgris, vol. 2, no. 2, pp. 137399--, Jan. 2017, doi: 10.26877/jiu.v2i2.1220.

E. Sari, S. Sumarno, and A. D. Setya Putri, “Pengaruh Penggunaan Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Analsisis Siswa Pembelajaran Tematik,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 3, no. 2, p. 150, 2019, doi: 10.23887/jisd.v3i2.17761.

O. Saputra, I. K. Werdhiana, and D. Darsikin, “Pengaruh Pendekatan Conceptual Problem Solving terhadap Problem Solving dan Pemahaman Konsep Siswa SMA Negeri 3 Palu,” JPFT (Jurnal Pendidik. Fis. Tadulako Online), vol. 6, no. 2, pp. 38–46, Jun. 2018, doi: 10.22487/j25805924.2018.v6.i2.10437.

M. Inayah A.M, R. Lolotandung, and Irmawati M, “Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar,” Elem. J. J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. 1, pp. 29–38, 2023, doi: 10.47178/elementary.v6i1.2056.

L. G. N. Erayani and I Nyoman Jampel, “Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Kemampuan Metakognitif Siswa melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 248–258, 2022, doi: 10.23887/jppp.v6i2.48525.

K. Wirnawa and P. Sukma Dewi, “Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 1 Gedongtataan Di Era Pandemi Covid 19,” J. Ilm. Mat. Realis. (JI-MR, vol. 3, no. 2, pp. 109–113, 2022.

N. P. Y. Santini Putri and I. G. A. T. Agustiana, “Big Book Learning Media Based on Problem Based Learning on the Theme of Togetherness,” Mimb. Ilmu, vol. 28, no. 2, pp. 213–220, 2023, doi: 10.23887/mi.v28i2.61897.

M. A. Fatkhurrohman, A. Nasibah, M. N. Hayati, and F. Fatkhomi, “Pengembangan Media Pembelajaran 3D Buklet Berbasis Literasi Sains,” PSEJ (Pancasakti Sci. Educ. Journal), vol. 6, no. 2, pp. 77–83, Oct. 2021, doi: 10.24905/psej.v6i2.128.

null Masdarrullah, null Suryani, and H. Kresnadi, “Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas III SD.” Jun. 2016. [Online]. Available: https://lens.org/176-448-923-160-650

E. M. Pratiwi, G. Gunawan, and I. Ermiana, “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 2, pp. 381–386, Apr. 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i2.466.

E. M. Sinaga and null Sriadhi, “PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI POWTOON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT SISWA KELAS V SD NEGERI 060875 MEDAN PADA MATA PELAJARAN IPA,” J. MUTIARA Pendidik. Indones., vol. 9, no. 1, pp. 1–9, Jun. 2024, doi: 10.51544/mutiarapendidik.v9i1.4673.

W. A. D. Pamungkas and H. D. Koeswanti, “Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik. Profesi Guru, vol. 4, no. 3, pp. 346–354, 2022, doi: 10.23887/jippg.v4i3.41223.

Posted

2025-09-16