Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Evaluation Of Pending BPJS Health Claims For Tonometry Cases At The Eye Polyclinic Of Ibnu Sina Regional Hospital, Gresik Regency

Evaluasi Pending Klaim Bpjs Kesehatan Kasus Tonometry Di Poli Mata RSUD Ibnu Sina Gresik

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.9407

Keywords:

pending outpatient claims

Abstract

Pending claims result in the amount of claims paid by BPJS being smaller than the initial claim submission. When pending claims occur, it will cause problems in receiving employee salaries, available medicines, and the need for maintenance of medical equipment in hospitals. This study aims to evaluate pending BPJS Health claims for tonometry cases, analyze the characteristics of outpatient BPJS Health claims officers, determine the highest priority problems from the causes of pending BPJS Health claims using the USG method (Urgency, Seriousness, Growth) then the researcher determines the solution to the problem using the CARL method (Capability, Accessibility, Readness, Leverage). Based on the discussion, pending claims at RSUD. Ibnu Sina are caused by the absence of a PPK and no agreement between BPJS Health and RSUD Ibnu Sina regarding the tonometry action code.

Downloads

Download data is not yet available.

References

K. Pasien, R. Inap, D. Rsud, and R. M. D. Kota, “Tinjauan Peranan Koder Dalam Pengajuan Berkas Klaim BPJS,” vol. 7, no. 1, pp. 56–64, 2022.

G. Alfiansyah, P. N. Jember, P. N. Jember, M. W. Santi, and P. N. Jember, “Optimalisasi Manajemen Penanganan Klaim Pending Pasien BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Citra Husada Jember BPJS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT CITRA HUSADA JEMBER OPTIMIZING OF MANAGEMENT PENDING CLAIMS FOR BPJS ’ S Prodi Rekam Medis , Jurusan Kesehatan , Polit,” no. January, 2019, doi: 10.20884/1.ki.2019.11.1.1314.

P. Laili Rahmatul Ilmi, Lau Lee Yen Rachmani, “Tinjauan Kelengkapan Kode Kasus Kecelakaan Dan,” Proceeding- Semin. Nas. DPP PORMIKI, 2020.

H. Asari, L. R. Ilmi, and N. Intan, “Kelengkapan dan Keakuratan Pemberian Kode Diagnosis Kasus Neoplasma,” Pros. Semin. Rekam Medis dan Inf. Kesehat. “Inovasi Teknol. Inf. Untuk Mendukung Kerja PMIK Dalam Rangka Kendali Biaya di Fasilitas Pelayanan Kesehatan,” vol. 80, pp. 39–43, 2020, [Online]. Available: https://publikasi.aptirmik.or.id/index.php/procinovasiTI/article/view/75.

E. S. D. Hastuti and M. Ali, “Faktor-faktor yang Berpengaruh pada Akurasi Kode diagnosis di Puskesmas Rawat Jalan Kota Malang,” J. Kedokt. Brawijaya, vol. 30, no. 3, p. 228, 2019, doi: 10.21776/ub.jkb.2019.030.03.12.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 26 Tahun 2021 tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups (INA-CBG) dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2021

Susilawati, dkk (2024). Buku ajar keperawatan Medikal bedah III.Jakarta: Maha Karya Cipta Utama

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 26 Tahun 2021 tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups (INA-CBG) dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2021

Pramesti A, Legowo PS, Tambunan ME. Analisis Risiko Dispute Klaim COVID Terhadap Operasional Cashflow Di RS JT. Manajemen Risiko. 2022;1–28

Pratama A, Fauzi H, Indira Z, Purnama Adi P, Studi Manajeman Informasi Kesehatan P, Informasi Kesehatan M, et al. Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim Rawat Inap Akibat Koding Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soedirman Kebumen. Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan [Internet]. 2023;8(1):2502–7786

Sahir L, Wijayanti RA. Faktor Penyebab Pending Claim R anap JKN Dengan Diagram Fishbone Di RSUP DR Kariadi. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia. 2022 Oct 4;10(2):182–90

Kukuh Kurnia E. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (SIKesNas) 2022 Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta 173. In: Seminar Informasi Kesehatan Nasional (SIKesNas). 2022. p. 173–7

O. Oktamianiza, I. A. Reza, and D. Novita, “Tinjauan Ketepatan Kode dengan Pending Klaim Pasien Rawat Inap BPJS Kesehatan di RSUD dr. Adnaan Wd Payakumbuh Tahun 2021,” J. Rekam Medis Dan Inf. Kesehat., vol. 5, no. 1, pp. 37–45, 2022.

B. Pulpilasari, S. Sudiro, and J. Harahap, “Analisis Perbedaan Kode Diagnosis Icd-10 Antara Rumah Sakit Dengan Verifikator Bpjs Kesehatan,” J. Keperawatan Prior., vol. 5, no. 2, pp. 25–36, Jul. 2022, doi: 10.34012/jukep.v5i2.2660.

S. M. Fauziah, N. A. Rumana, D. R. Dewi, and L. Indawati, “Kinerja Petugas Rekam Medis di Rumah Sakit Bhakti Mulia Tahun 2019,” Indones. Health Inf. Manag. J., 2020.

I. Irmawati, A. Kristijono, E. Susanto, and Y. Belia, “Penyebab Pengembalian Berkas Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Pasien Rawat Inap Ditinjau Dari Syarat-Syarat Pengajuan Klaim Di RSUD R.A Kartini Jepara,” J. Rekam Medis Dan Inf. Kesehat., vol. 1, no. 1, p. 45, Mar. 2018, doi: 10.31983/jrmik.v1i1.3594.

F. Agiwahyuanto, S. Anjani, and A. Juwita, “Tinjauan Penyebab Pengembalian Berkas Klaim Kasus Gawat Darurat,” J. Manaj. Inf. Kesehat. Indones., vol. 9, no. 2, p. 125, Oct. 2021, doi: 10.33560/jmiki.v9i2.318.

N. A. Karima, I. Idayanti, and F. Umar, “Pengaruh masa kerja, pelatihan dan motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Bank SULSELBAR cabang utama Makassar,” Hasanuddin J. Appl. Bus. Entrep., vol. 1, no. 1, pp. 49–64, 2018.

Program Studi Magister Manajemen, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia, R. Rosmaini, H. Tanjung, and Program Studi Magister Manajemen, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan, Indonesia, “Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai,” Maneggio J. Ilm. Magister Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 1–15, Mar. 2019, doi: 10.30596/maneggio.v2i1.3366.

L. D. Astuti, I. Chotimah, and S. K. Parinduri, “Kinerja Petugas Rekam Medis di Rumah Sakit Bhakti Mulia Tahun 2019,” Indones. Health Inf. Manag. J., vol. 4, no. 3, pp. 235–252, 2021.

J. Map, “Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompetensi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Petugas Rekam Medis Rsu Haji Surabaya,” MAP J. Manaj. Dan Adm. Publik, vol. 5, no. 3, pp. 312–321, Nov. 2022, doi: 10.37504/map.v5i3.439.

R. A. Fauzan and A. Arnawilis, “Analisa Kompetensi Petugas Casemix Dengan Latar Belakang Pendidikan Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan Di Rumah Sakit PMC Tahun 2021,” J. Rekam Medis Med. Rec. J., vol. 2, no. 1, pp. 13–26, 2022.

N. Susanto and J. Siwalankerto, “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Divisi Penjualan Pt Rembaka,” AGORA, vol. 7, no. 1, 2019.

N. Maimun and R. Rifqi, “Faktor-Faktor Keterlambatan Proses Pelayanan Klaim Asuransi (BPJS) Di Rumah Sakit Bersalin Annisa Pekanbaru,” J. Kesehat. Komunitas, vol. 6, no. 2, pp. 188–193, Oct. 2020, doi: 10.25311/keskom.Vol6.Iss2.548.

Posted

2025-09-17