Application Of Flash Card Media In Improving The Ability To Recognize Letters In Children Aged 4-5 Years
Penerapan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.9364Keywords:
media flash card, kemampuan mengenal huruf, anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan media kartu bergambar dalam meningkatkan keterampilan pengenalan huruf pada anak usia 4–5 tahun. Pendidikan anak usia dini merupakan fase krusial untuk menstimulasi perkembangan kognitif dan motorik, sehingga memerlukan media pembelajaran yang inovatif untuk mendukung efektivitas pengajaran. Kartu bergambar, sebagai alat bantu pembelajaran visual, berpotensi menarik perhatian anak dan meningkatkan minat mereka dalam mengenali huruf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah permainan interaktif, di mana anak mencari huruf yang disebutkan oleh pendidik dari kartu bergambar yang diedarkan. Kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif, observasi, dan pencetakan pola huruf. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan literasi anak secara signifikan, dengan kemajuan yang nyata di seluruh sesi pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada strategi pengembangan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif untuk anak usia dini, Pada akhirnya, kartu bergambar diharapkan dapat memfasilitasi pengenalan huruf dan mempersiapkan anak untuk tahap pembelajaran selanjutnya.
Downloads
References
M. Karmeliya Firdaus and D. Ayu Puteri Hadayani, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Busy Book 3D,” J. Pendidik. Anak Usia Dini Undiksha, vol. 9, no. 1, p. 53, 2021, doi: 10.23887/paud.v9i1.35719.
R. Devianti, S. L. Sari, and I. Bangsawan, “R De,” Mitra Ash-Shibyan J. Pendidik. dan Konseling, vol. 03, no. 02, pp. 67–78, 2020.
I. Sukma, D. Amalia, R. Nessa, Bahrun, and Rahmi, “Pengembangan Media Papan Pintar Untuk Pengenalan Huruf Alfabet Pada Anak Usia Dini,” Jim Paud, vol. 7, no. 1, pp. 40–50, 2022.
P. H. Firdaus, “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf,” J. Pendidik. Raudhatul Athfal, vol. 2, no. 1, pp. 66–73, 2019, doi: 10.15575/japra.v2i1.5313.
K. JASMINE, “済無No Title No Title No Title,” Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, pp. 330–331, 2014.
H. Kholilullah, Hamdan, “www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id 75 | P g e,” J. Penelit. Sos. dan Keagamaan, vol. 10, no. Juni, pp. 75–94, 2020.
A. A. Yus and P. C. Saragih, “Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 2, pp. 1509–1517, 2023, doi: 10.31004/obsesi.v7i2.3186.
J. Jumadi, “Implementasi Multimedia Dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf Abjad Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (paud),” J. Media Infotama, vol. 9, no. 1, 2013, [Online]. Available: https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/view/27
E. Zulinnuha, “57046-Article Text-122908-1-10-20230921,” vol. 12, no. 1, pp. 1–5, 2023.
K. A. Di, T. K. Bungong, and S. Banda, “3 1,2,3,” vol. 2, no. 1, 2021.
D. R. Pratiwi, R. Drupadi, and U. Syafrudin, “Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Perumahan Guru Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara,” J. Pendidik. Anak, vol. 6, no. 2, pp. 89–97, 2020, doi: 10.23960/jpa.v6n2.22256.
W. Kapiso, S. W. Laiya, F. I. Pendidikan, U. N. Gorontalo, I. Artikel, and D. Juni, “Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman setiap individu manusia terutama dalam kehidupan sehari-hari karena dengan kepada mereka disekolah atau dirumah . Pendidikan anak usia dini ( PAUD ) atau anak usia dini merupakan priode pada amasa emas,” vol. 1, no. 1, pp. 29–39, 2021.
Autoridad Nacional del Servicio Civil, “Pengertian Kemampuan Mengenal Huruf Bagi AUD Mengenal,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 2013–2015, 2021.
M. D. Purnamasari, A. Darmiyanti, and F. E. Putri, “Pengaruh Media Puzzle Huruf Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini 4-5 Tahun Di Tk Islam Hanifa Karawang,” Al-Abyadh, vol. 5, no. 2, pp. 59–68, 2022, doi: 10.46781/al-abyadh.v5i2.542.
M. Haryani and Z. Qalbi, “Pemahaman Guru Paud Tentang Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Tk Pertiwi 1 Kota Bengkulu,” J. Educhild Pendidik. dan Sos., vol. 10, no. 1, p. 6, 2021, doi: 10.33578/jpsbe.v10i1.7699.
N. OKTAVIANA, “Penggunaan Media Flash Card Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 1 Di Mi Ma’Arif Nu Ciberem Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas,” no. 1. p. 100950, 2023.
M. Hasan, Milawati, Darodjat, H. Khairani, and T. Tahrim, Media Pembelajaran. 2021.
R. Sanusi, E. L. Dianasari, K. Y. Khairiyah, and R. Chairudin, “Pengembangan Flashcard Berbasis Karakter Hewan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan,” J. Pendidik. Edutama, vol. 7, no. 2, p. 37, 2020, doi: 10.30734/jpe.v7i2.745.
H. Empit, “Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Kelas Ii Mi Ar-Rochman Samarang Garut,” J. Pendidik. Univ. Garut, vol. 4, no. 1, pp. 10–18, 2010.
A. Rahmasari, A. S. Mutiara, D. Oktavia, and S. Hidayati, “Penerapan media flash card dalam pengenalan huruf bagi anak usia dini,” ABNA J. Islam. Early Child. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 1–9, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/abna/article/view/5621%0Ahttps://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/abna/article/download/5621/2139
A. Nursyafitri and A. M. Rizalie, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok B Menggunakan Model Talking Stick Dengan Media Flashcard,” J. Inovasi, Kreat. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, p. 28, 2023, doi: 10.20527/jikad.v3i1.7712.
dkk Acep Yoni, “Menyusun Penelitian Tindakan Kelas,” p. 228, 2010.
G. O’Collins and M. Farrugia, “Catholicism: The Story of Catholic Christianity,” Cathol. Story Cathol. Christ., vol. VI, no. 1, pp. 1–424, 2003, doi: 10.1093/0199259941.001.0001.
Mu’alimin and R. A. C. Hari, “Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek,” Ganding, vol. 44, no. 8, pp. 1–87, 2014, [Online]. Available: http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf
M. Musafir, A. Mulyono, and M. Hamdani, “Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Menanam Biji Kacang Hijau Di Paud Al-Hamzar Lokok Aur,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 9, no. 1, pp. 779–787, 2023, doi: 10.58258/jime.v9i1.4791.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
