Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Implementation of Audio-Visual Media in Improving the Quality of Tajwid and Makharijul Huruf in the Recitation of Surah Al-Qadr

Implementasi Media Audio Visual dalam Meningkatkan Kualitas Tajwid dan Makharijul Huruf pada Bacaan Surah Al-Qadr

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.9264

Keywords:

Audio Visual, Tajweed, Makharijul Letters, Surah Al-Qadr

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dan peningkatan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur'an sesuai dengan tajwid dan makharijul huruf melalui media ini. Media audio visual tidak hanya dalam bentuk laptop atau proyektor, tetapi juga dapat memanfaatkan gambar berwarna dan alat musik sebagai variasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif pada 20 siswa Madrasah Diniyah. Prosesnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kualitas membaca Surat Al-Qadr dengan skor rata-rata dari pra-penilaian sebesar 23,75%, siklus I sebesar 25%, siklus II sebesar 33%, hingga pasca-penilaian sebesar 50%, yang berarti peningkatan sebesar 50% dan tergolong sangat baik dan tuntas secara klasikal. Kesimpulannya, media audio visual efektif meningkatkan kualitas tajwid dan makharijul huruf dalam pembelajaran Al-Qur'an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Intan and E. F. Fahyuni, “Implementasi Tahsin ( Metode Ummi ) Untuk Meningkatkan Kualitas Membaca Al- Qur ’ an,” J. PAI Raden Fatah, vol. 6, no. 1, pp. 609-621 (611), 2024.

N. Mukaromah and M. Hanif, “Metode Ummi Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap,” Tarbiatuna J. Islam. Educ. Stud., vol. 4, no. 1, pp. 52–63, 2023.

S. K. Hidayat, D. A. Romadlon, and A. P. Astutik, “Model Pengembangan Media Poster dalam Pembelajaran Al-Qur’an Materi Surah al-Ma’un,” Fitrah J. Islam. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 138–150, 2023, doi: 10.53802/fitrah.v4i1.372.

D. A. Romadlon, “Penafsiran Salafis Indonesia terhadap Ayat-ayat Antropomorfisme di YouTube - Indonesian Salafist Interpretation of Anthropomorphism Verses on YouTube,” TSAQAFAH J. Perad. Islam, vol. 19, no. 2, pp. 289–313, 2023.

B. Yudhana, A. Hafidz, A. Fajar, U. Islam, N. Sunan, and K. Yogyakarta, “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Santri dalam Membaca Al-Qur’an: Studi Kasus tentang Peran Ustadz di Madrasah Diniyah Al-Jami’,” vol. 12, no. 1, pp. 1–9, 2024.

A. P. A. Anas Lahuddin, “Penggunaan At-Tartil dalam Pembelajaran Al-Qur’an,” vol. 11, pp. 1030–1043, 2024.

S. Qira, N. Jannah, N. Muhibbah, M. Faisal, N. A. Safitri, and M. A. Cahyadi, “Pembinaan Membaca Al-Qur ’ an dengan Penerapan Ilmu Tajwid bagi Anak-Anak TPA Darul Ulum Bangkuang,” vol. 1, no. 12, pp. 2263–2271, 2024.

R. S. Nurmayanti, “Pengaruh Metode Talaqqi Terhadap Peningkatan Hafalan Al- Qur ’ an Pembelajaran Tahfidz,” vol. 05, no. 01, pp. 25–33, 2024.

E. Febriani, M. Kumaidi, and M. A. Ghofur, “Peran Dosen dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran pada Mahasiswa UIN RIL,” J. Educ., vol. 06, no. 03, pp. 17089–17100, 2024, [Online]. Available: https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/5576/4509

I. M. Muhlisa1, Fathurrahman Alfa2, “Strategi Guru Pedidikan Aagama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus di SMAN 2 Sape Kabupaten Bima),” vol. 9, 2024.

W. U. Tanjung and D. Namora, “Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri,” J. Pendidik. Agama Islam Al-Thariqah, vol. 7, no. 1, pp. 199–217, 2022, doi: 10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9796.

Y. F. Abadiyah and D. A. Romadlon, “Penerapan Media Happy Notes dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyyah untuk Meningkat Minat Belajar Siswa,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 8, no. 6, pp. 6275–6284, 2025, doi: 10.54371/jiip.v8i6.8287.

Khairullah, “Meningkatkan Kemampuan Peserta DIdik melalui Media Audio Visual,” vol. 1, no. 1, pp. 1706–1717, 2021.

M. Marnawati and Y. Munadhi, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Mengenal Makhorijul Huruf pada QS At-Tin dengan Media Audio Visual Siswa,” Teach. Educ. J., vol. 2, no. 1, pp. 7–13, 2023, [Online]. Available: https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/tej/article/view/39012%0Ahttps://journal.uinjkt.ac.id/index.php/tej/article/download/39012/14156

I. Ansari, R. H. Nst, W. Novianti, S. Tinggi, A. Islam, and T. Deli, “Pelaksanaan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis MP4 dalam Meningkatkan Semangat Menghafal Al-Quran Santri Madrasah Aliyah di Pesantren Imam Muslim Kabupaten Serdang Bedagai,” AT-TARBIYAH 110 J. Penelit. dan Pendidik. Agama Islam, vol. 2, pp. 110–116, 2024.

Siti Fathonatul Hikmah, Junita Wulandari, Muhammad Rifani Al-Ghazali, and Hadma Yuliani, “Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Media Audio Visual pada Anak-anak di Rumah Belajar Mahapeserta Didik KKN Desa Cempaka Mulia Barat,” ALKHIDMAH J. Pengabdi. dan Kemitraan Masy., vol. 2, no. 4, pp. 81–90, 2024, doi: 10.59246/alkhidmah.v2i4.1075.

T. A. Samosir, R. Magdalena, B. Tarigan, and M. Matondang, “Penggunaan Media Pembelajaran Card Sort untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Palombuan Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir T.A 2022/2023,” J. Ilm. Fak. Kegur. dan Ilmu Pendidik. Univ. Qual., vol. 7, no. 2, 2023.

T. Andriyani, K. I. Rosadi, and M. Rizik, “Penerapan Metode Card Sort dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih kelas VIII di MTs Dharma Wanita Kota Jambi,” vol. 3, no. 2, pp. 1–18, 2022.

P. Utomo, N. Asvio, and F. Prayogi, “Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan,” Pubmedia J. Penelit. Tindakan Kelas Indones., vol. 1, no. 4, p. 19, 2024, doi: 10.47134/ptk.v1i4.821.

A. Setiawan and D. A. Romadlon, “Penggunaan H5P dalam Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Pembelajaran Berbasis Pengaturan Diri - The Use of H5P in Islamic Religious Education Learning Media Development to Improving Self-Regulated Learning,” EDUKASIA J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 5, no. 1, pp. 409–418, 2024, doi: 10.62775/edukasia.v5i1.780.

R. A. H. Damayati and D. P. Kusuma, “Upaya Peningkatan Literasi Membaca Melalui Metode Jigsaw Berbantuan Media Card Sort Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar,” Pros. Konf. Ilm. Dasar, vol. 3, pp. 1662–1668, 2022, [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/3155%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/viewFile/3155/2503

Y. Putri, A. Nurhuda, and A. A. S. Huda, “Konsep Dasar Penelitian Tindakan Kelas : Sebuah Pengantar dalam Metode Penelitian Pendidikan,” J. BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inov. Pendidikan), vol. 5, no. 2, pp. 9–16, 2023, doi: 10.52005/belaindika.v5i2.119.

Y. Intaniasari, R. D. Utami, E. Purnomo, and A. Aswadi, “Menumbuhkan Antusiasme Belajar melalui Media Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar,” Bul. Pengemb. Perangkat Pembelajaran, vol. 4, no. 1, 2022, doi: 10.23917/bppp.v4i1.19424.

Risa Novila Satingi, Sri Wahyuningsi Laiya, and Icam Sutisna, “Efektivitas Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an Pada Anak Kelompok B,” Student J. Early Child. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 234–248, 2023, doi: 10.37411/sjece.v3i2.2572.

N. O. Nanda, Rina Devianty, and Arlina, “Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hafalan Surah Pendek Anak Usia 5-6 Tahun,” Abata J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, pp. 31–40, 2024, doi: 10.32665/abata.v4i1.2735.

Posted

2025-08-28