Improving Gross Motor Skills Through the Game of Si Bolang Game for 3 - 4 Year Old Children at KB Al - Faqih
Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Si Bolang Pada Anak Usia 3 - 4 Tahun di KB Al - Faqih
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.9260Keywords:
Gross Motor Skills, Early childhood, Si Bolang GameAbstract
This study aims to improve the gross motor skills of children aged 3–4 years through the Si Bolang game at KB Al-Faqih using a Classroom Action Research (CAR) approach with two cycles. Each cycle included planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were 17 children aged 3–4 years. Data were collected through observation and documentation. The pre-cycle results showed a percentage of 41.91%. In the first cycle, the Si Bolang game was applied with a sequential approach where children played one by one, resulting in 60.29%, which did not reach the success target. Improvements were made in the second cycle by using a competition approach with two tracks played by pairs of children. This method successfully increased gross motor skills with a percentage of 82.72%. The findings show that the Si Bolang game effectively enhances gross motor development in early childhood
Downloads
References
R. A. Pratami, A. Gafur, and N. U. Mahmud, “Hubungan Antara Pola Pemberian ASI Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Bayi Usia 6-11 Bulan di Puskesmas Rappokalling Kota Makassar,” Wind. Public Heal. J., pp. 359–369, 2020.
S. Sapri, F. Nasution, and S. Sihati, “Kecerdasan Kinestetik dan Perkembangan Motorik Kasar Anak di RA Karya Panca Budi,” J. Raudhah, vol. 9, no. 1, 2021.
R. D. Yuliani and M. Hanif, “Peran guru dalam pengembangan motorik kasar anak usia dini pada TK Aisyiyah Muhammadiyah Wangandowo,” Ihsan J. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 4, pp. 158–168, 2024.
A. C. Ananditha, “Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan motorik kasar pada anak toddler,” J. Keperawatan Muhammadiyah, vol. 2, no. 1, pp. 40–48, 2017.
H. Herdini and N. Darmayanti, “Analisis Perkembangan Motorik Kasar Melalui Permainan Menangkap dan Melempar Bola pada Anak Usia 5-6 Tahun,” EduInovasi J. Basic Educ. Stud., vol. 4, no. 1, pp. 112–122, 2024.
K. Kurniawan and I. Mangunatmadja, “Faktor Risiko Eksternal terhadap Keterlambatan Motorik Kasar pada Anak Usia 6-24 Bulan: Studi Kasus-Kontrol,” Sari Pediatr, vol. 21, no. 1, p. 24, 2019.
A. F. Makhmudah, Siti., Fina, S.A., & Ainna, Perkembangan Motorik AUD. Bogor: Guepedia, 2020.
E. Yanti and N. Fridalni, “Faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik anak usia prasekolah,” J. Kesehat. Med. Saintika, vol. 11, no. 2, pp. 225–236, 2020.
A. A. Ibaadillah, “Hubungan Stimulasi Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Kb-Ra Muslimat Nu 16 Kota Malang,” J. Wiyata Penelit. Sains dan Kesehat., vol. 5, no. 2, pp. 93–97, 2019.
S. N. Juliana, “Keterlambatan motorik kasar pada anak usia dini,” Indones. J. Early Child. J. Dunia Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 560–568, 2022.
M. P. D. Ardhana Reswari, Perkembangan Fisik dan Motorik Anak. Sumatera Barat: CV. AZKA PUSTAKA, 2022.
N. Kamelia, “Perkembangan fisik motorik anak usia dini (standar tingkat pencapaian perkembangan anak) stppa tercapai di ra harapan bangsa maguwoharjo condong catur yogyakarta,” KINDERGARTEN J. Islam. Early Child. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 112–136, 2019.
A. Asmuddin, S. Salwiah, and M. Z. Arwih, “Analisis perkembangan motorik kasar anak di taman kanak–kanak buton selatan,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, pp. 3429–3438, 2022.
L. Nugraha, A. Mahendra, and I. Herdiyana, “Penerapan Model Pendidikan Gerak Dalam Pengembangan Pola Gerak Dasar Manipulatif Melalui Kerangka Analisis gerak (Movement Analysis Framework),” TEGAR J. Teach. Phys. Educ. Elem. Sch., vol. 1, no. 2, pp. 24–32, 2018.
E. F. F. Khomaeny, M. Ulfah, and N. Hamzah, “Pengaruh aktivitas fisik dan lingkungan alamiah bagi daya tahan tubuh anak usia dini,” AWLADY J. Pendidik. Anak, vol. 6, no. 2, pp. 234–252, 2020.
H. Putri Rahmi, “Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. 7, no. 1, pp. 152–155, 2021.
S. Audina and P. Sutapa, “Permainan Halang Rintang Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Yang Mengalami Obesitas,” J. Pendidik. Anak, vol. 6, no. 1, pp. 30–37, 2020.
A. Hanum and R. Rohita, “Kegiatan sentra olah tubuh dalam menstimulasi kemampuan motorik kasar anak,” J. Anak Usia Dini Holistik Integr., vol. 2, no. 2, pp. 89–101, 2020.
M. A. Ningrum, L. Ningrum, and M. Hamidah, “Meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan halang rintang pada anak usia dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 5, pp. 5133–5142, 2023.
N. Monicha, “Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui permainan sirkuit,” J. CIKAL (Jurnal Pendidik. Guru Pendidik. Anak Usia Dini)), vol. 1, no. 1, 2020.
A. Azizah, “Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran,” Auladuna J. Prodi Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 3, no. 1, pp. 15–22, 2021.
S. Arikunto, Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara, 2021.
Santrock. J.W, Perkembangan anak. PT. Erlangga, 2007.
M. Hidayanti, “Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bakiak,” J. Pendidik. Usia Dini, vol. 7, no. 1, pp. 195–200, 2013.
J. Dini, “Pola Pengasuhan Bagi Anak Berdasarkan Urutan Kelahiran,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 6, pp. 6940–6950, 2022.
A. Martuti, “Mengelola PAUD dengan aneka permainan meraih kecerdasan majemuk,” Yogyakarta: kreasi wacana, 2008.
A. Afandi, Buku ajar pendidikan dan perkembangan motorik. Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.
S. Dadan, “Pendidikan anak usia dini stimulasi dan aspek perkembangan anak,” Jakarta: Kencana, 2016.
M. Munawwarah, “Meningkatkan Perkembangan Aspek Fisik Motorik Kasar Pada Kelompok B Melalui Kegiatan Bermain Halang Rintang Di RA. Harapan Ibu Aluh-Aluh Kabupaten Banjar,” 2021.
J. Dini, “Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 1, pp. 9–16, 2022.
E. Bodrova, C. Germeroth, and D. J. Leong, “Play and self-regulation: lessons from Vygotsky.,” Am. J. Play, vol. 6, no. 1, pp. 111–123, 2013.
A. Reswari, “Efektivitas permainan bola basket modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 1, pp. 17–29, 2021.
L. A. Ramdani and N. Azizah, “Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, p. 494, 2019.
A. Abdillah, “Pengembangan model pembelajaran motorik berbasis permainan,” J. Pendidik. Olah Raga, vol. 8, no. 2, pp. 138–147, 2019.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
