Teaching Strategies of Elementary School Teachers at SD Negeri Larangan
Strategi Pembelajaran Guru Sekolah Dasar di SD Negeri Larangan
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.9257Keywords:
Teaching Strategies, Elementary Education, Students’ Learning StylesAbstract
Learning practices in elementary schools often face challenges due to uniform approaches that do not take into account students’ individual differences. This study aims to explore the teaching strategies used by Grade V teachers at SDN Larangan, Sidoarjo. A descriptive qualitative approach was employed, with data collected through observation, interviews, and documentation. The main strategies identified include adapting to different learning styles (visual, auditory, kinesthetic), providing options for accessing learning materials, engaging students in creative activities, and offering individualized guidance. The findings indicate that the application of appropriate teaching strategies can enhance students’ interest and learning effectiveness, as well as serve as a reference for teachers and policymakers in designing learning programs that are responsive to students’ needs.
Downloads
References
S. Maharani dan Y. Helsa, “Tantangan guru SD dalam menerapkan kurikulum merdeka di kelas rendah,” Sindoro Cendikia Pendidikan, vol. 16, no. 7, 2025.
Marhamah dan Zikriati, “Mengenal kebutuhan peserta didik di era Kurikulum Merdeka,” WATHAN: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 1, no. 1, pp. 89–106, 2024.
Safaruddin, Rohadi, Madaniyah, dan Mudasir, “Strategi pembelajaran dengan model pendekatan pada peserta didik sesuai capaian pembelajaran pada Kurikulum Merdeka,” Al Mikraj: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, vol. 5, no. 1, pp. 2117–2126, 2024.
F. Rozi et al., “Analisis tantangan dan strategi guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka di UPT SPF SD Negeri 106810 Sampali,” JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendikia, vol. 2, no. 3, 2025.
K. Nuriyah et al., “Adaptasi strategi pembelajaran responsif terhadap dinamika siswa,” Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, vol. 8, no. 5, pp. 3843–3851, 2024.
H. Mellymayanti, S. Nurfadhillah, dan Y. Nuraeni, “Strategi pembelajaran inovatif dalam pendidikan inklusif di sekolah dasar,” Kolektif: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 40–49, 2024.
M. Ristiantita et al., “Analisis strategi dan metode pembelajaran Bahasa Indonesia dengan hasil belajar siswa di sekolah dasar kelas 5,” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 1, no. 3, pp. 1–11, 2024.
F. Z. Rofi’ah, M. R. Habibullah, dan F. Ni’mah, “Implementasi strategi pembelajaran contextual teaching learning (CTL) pada pendidikan inklusi di SD Kita Bojonegoro,” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, vol. 5, no. 3, pp. 404–409, 2024.
A. Rahmat, S. Hera, I. M. Putri, dan S. M. Putri, “Implementasi pembelajaran berdiferensiasi,” JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, vol. 1, no. 6, 2024.
B. S. Y. Simbolon dan D. Naibah, “Merencanakan strategi dan metode dalam pembelajaran,” Jurnal Magistra, vol. 2, no. 1, pp. 39–48, 2024.
D. N. Intan, E. Kuntarto, dan M. Sholeh, “Strategi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran pada pembelajaran matematika di sekolah dasar,” Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, vol. 6, no. 3, pp. 3302–3313, 2022.
R. Gulindari dan A. Suriani, “Strategi guru dalam menghadapi siswa yang lambat dalam menangkap pelajaran di sekolah dasar,” Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial, vol. 3, no. 4, pp. 313–321, 2025.
D. A. Rahmawati, “Pengembangan media pembelajaran Pedani berbantuan Macromedia Flash 8 untuk meningkatkan hasil belajar pada materi penyajian data kelas IV,” Piwuruk: Jurnal Sekolah Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2022.
Qomaruddin dan H. Sa’diyah, “Kajian teoritis tentang teknik analisis data dalam penelitian kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman,” Journal of Management, Accounting and Administration, vol. 1, no. 2, pp. 77–84, 2024.
N. Haryanti, G. A. Setiawan, dan A. Amroellah, “Analisis penerapan model pembelajaran two stay two stray pada siswa kelas V di SD Negeri Sumberejo Kecamatan Besuki tahun 2022–2023,” Jurnal Cendekia Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2023.
N. W. P. Rahayu, I. N. Sudirman, I. P. O. Suardana, dan P. B. Pradnyana, “Analisis implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Nomor 2 Pagsan,” Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, vol. 6, no. 1, pp. 1–12, 2024.
M. I. Sholeh et al., “Optimizing the use of learning equipment to improve education at MAN 2 Tulungagung,” Edusiana: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, vol. 11, no. 1, pp. 1–21, 2024.
A. R. Nuryanto, “Strategi pembelajaran seni pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di TK Baiturrahman 2 Semarang,” Jurnal Musik dan Seni, vol. 3, no. 1, 2025.
D. L. A. Rosyah dan P. Darmawan, “Analisis relevansi pembelajaran diferensiasi pada Kurikulum Merdeka dengan konsep visi pedagogik Ki Hajar Dewantara,” Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, vol. 3, no. 9, 2023.
H. A. Mawa, Y. U. Lawe, dan G. Mawa, “Peran guru kelas dalam melaksanakan pembelajaran sesuai kebutuhan siswa pada kelas IV: Implementasi Kampus Mengajar Angkatan 7 di SDK Gero,” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 1, no. 4, pp. 1–15, 2024.
R. A. Rahman, I. G. E. Lesmana, R. C. Hartantrie, dan M. Nurtanto, “Inovasi pengembangan modul digital untuk pendidikan tinggi melalui kombinasi metode 4D, model Tomlinson dan chunking,” JANATA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 11–25, 2022.
M. A. Salim dan H. I. P. Sari, “Penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Sidoarjo,” Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 2024.
N. A. Faadiyah et al., “Implementasi media ULAFAna sebagai media pembelajaran IPS di kelas 5 SDN Kelayan Dalam 5,” QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, vol. 3, no. 3, pp. 1–12, 2025.
A. Nasution et al., “Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan partisipasi siswa di MIS Al Islam Kota Bengkulu,” Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, vol. 5, no. 4, pp. 925–929, 2024.
L. Aufa, A. Sari, dan L. Qadaria, “Menganalisis metode pembelajaran IPA di kelas IV pada SD Al Ittihadiyah,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 5, no. 1, 2023.
A. S. Salim, Munzir, dan Z. Rahmat, “Peran guru pendidikan jasmani terhadap pembelajaran kepramukaan di SMAN 1 Baitussalam Aceh Besar,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa, vol. 3, no. 1, 2022.
R. O. Rahma dan A. S. Pratikno, “Strategi guru dalam menghadapi perbedaan gaya belajar siswa kelas VI A UPTD SDN Kamal 2,” Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 7, no. 2, pp. 107–113, 2024.
F. I. Himmah dan N. Nugraheni, “Analisis gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi,” Jurnal Riset Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 31–40, 2023.
L. Sitinjak, S. P. D. Hutagalung, dan T. W. Widodo, “Proses pembelajaran teknik melismatis dalam repertoar Messiah karya G. F. Handel pada mata kuliah ensambel vokal,” Jurnal, vol. 9, no. 2, pp. 101–108, 2021.
A. Kurniati, S. Yuniati, D. Rahmi, dan R. Amelia, “Pendampingan penilaian dan identifikasi gaya belajar siswa oleh guru pada sekolah menengah atas Pekanbaru,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Panacea (JPMP), vol. 3, no. 1, pp. 11–17, 2025.
I. Jayadi et al., “Meningkatkan minat belajar anak melalui bimbingan belajar dengan metode pembelajaran AKSI (Aktif, Kreatif, Santai dan Inovatif) di Desa Selengen,” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, vol. 5, no. 1, pp. 58–63, 2022.
Syarifuddin dan A. A. Adiansha, “Pendampingan guru melalui pendampingan individu dan lokakarya pendidikan guru penggerak angkatan 4 Kabupaten Bima dalam rangka pengembangan dan pengimbasan budaya positif pembelajaran,” Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 79–91, 2023.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
