The Influence of Brand Image, Price Perception, and Lifestyle on Consumer Purchasing Decisions at Fore Coffee Sidoarjo
Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Fore Coffee Pahlawan Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.9226Keywords:
Brand Image, Price Perception, Lifestyle, Purchasing DecisionsAbstract
This study explores the impact of Brand Image, Price Perception, and Lifestyle on Purchasing Decisions at Fore Coffee-Pahlawan, Sidoarjo. In the digital era, a positive reputation is crucial for attracting and maintaining consumer loyalty amid intense competition. The research employs a quantitative method with purposive sampling, involving 96 participants. Statistical analysis includes validity, reliability, normality, multicollinearity, heteroscedasticity tests, and multiple linear regression analysis. The F-test results indicate that the three variables significantly impact purchasing decisions simultaneously. The t-test reveals that Brand Image, Price Perception, and Lifestyle also have significant partial effects. These findings emphasize the importance of brand image management and understanding consumer price perceptions and lifestyles in marketing strategies
Downloads
References
M. Rosnita, A. Widarko, and B. Wahono, “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Kedai Pesen Kopi Di Kota Malang),” E – J. Ris. Manaj. Prodi Manaj. Fak. Ekon. Dan Bisnis Unisma, no. Marketing Mix, pp. 19–30, 2021.
R. D. Pamungkas, “Pengaruh citra merek, kepercayaan merek, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek sepatu NIKE di Surabaya,” J. Bus. Bank., vol. 9, no. 1, p. 37, Nov. 2019, doi: 10.14414/jbb.v9i1.1950.
R. E. Prabowo, K. Indriyaningrum, and A. D. Setyani, “Pengaruh citra merek, persepsi harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepatu olahraga merek adidas (Studi di kota Semarang),” Solusi, vol. 18, no. 4, pp. 1–195, 2020, doi: 10.26623/slsi.v18i4.2846.
H. Basri and N. R. Subarjo, “Pengaruh Citra Merek, Nilai Pelanggan, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Coffee Shop di Foresthree Coffee Transyogi),” Ilmu Ekon. Manaj. Dan Akunt., vol. 5, no. 1, pp. 208–222, Mar. 2024, doi: 10.37012/ileka.v5i1.2172.
N. L. W. Uttari and I. G. A. K. Giantari, “Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Repeat Purchase,” Bul. Studi Ekon., vol. 27, no. 1, p. 101, 2022, doi: 10.24843/bse.2022.v27.i01.p09.
A. Pasha Ashari, H. Hardiyono, N. Fadilah Aswar, and S. Tinggi Ilmu Ekonomi Amkop Makassar, “Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian smartphone samsung di makassar,” 2020.
P. A. A. Roshan and I. B. Sudiksa, “Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention,” E-J. Manaj. Univ. Udayana, vol. 8, no. 8, p. 5164, 2019, doi: 10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p17.
Dea Amelia Putri, Diah Nur Mukholifah, and Abdul Yusuf, “Pengaruh Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Fore Coffee pada Masyarakat: Survey Masyarakat Jabodetabek,” Econ. Rev. J., vol. 3, no. 3, Sep. 2024, doi: 10.56709/mrj.v3i3.290.
A. W. Pramudhitta, M. F. Wardhani, A. Sedayu, and M. Sartika, “Pengaruh Harga, Inovasi Produk, dan Pemasaran Digital Terhadap Kepuasan Konsumen Fore Coffe di Kota Semarang,” J. Soc. Sci. Res., vol. 4, no. 3, pp. 14865–14883, 2024, doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11598.
R. Putra, “Determinasi kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan terhadap kualiyas produk, citra merek dan persepsi harga (Literatur review manajemen pemasaran),” vol. 2, no. 4, 2021, doi: 10.31933/jemsi.v2i4.
J. B. Halik, N. Nurlia, and I. F. Latiep, “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kosumen Di Makassar Coffee House ( Mch ),” J. Mark. Manag. Innov. Bus. Rev., vol. 01, no. 1, pp. 48–60, 2023, doi: https://doi.org/10.63416/mrb.v1i1.163.
D. J. Priansa, Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer (Vol. 1). Xii (Cetakan Ke). Alfabeta., 2021.
N. H. Harahap and S. Al Sukri, “Pengaruh Asosiasi Merek, Persepsi Harga, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Iphone Second pada Masyarakat Kota Pekanbaru,” 2023.
D. I. Luhsasi, “Pengelolaan keuangan: Literasi keuangan dan gaya hidup mahasiswa,” 2021.
Marbun, Maulina, Ali, and Dwikoco, “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial,” J. Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 2, pp. 716–726, 2022.
M. F. Firmasyah and M. Hariasih, “Pengaruh Gaya Hidup, Cita Rasa, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Coffee Shop Ruang Bujang Sidoarjo,” Innov. Technol. Methodical Res. J., vol. 3, no. 2, pp. 1–11, 2024, doi: 10.47134/innovative.v3.
iska D. Rachmawati and A. L. Andjarwati, “Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra MerekTerhadap Keputusan Pembelian(Studi pada Pengguna JNE Express di Surabaya Selatan),” J. Ekon. Bisnis Dan Akuntans, vol. VIII (1), pp. 25–29, 2020.
A. Apriany and G. G. Gendalasari, “Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK SUMMIT,” J. Ilm. Manaj. Kesatuan, vol. 10, no. 1, pp. 105–114, 2022, doi: 10.37641/jimkes.v10i1.1278.
R. Ummat and K. A. Hayuningtias, “Pengaruh kualitas produk, brand ambassador, harga terhadap keputusan pembelian Nature Republic,” J. Ilm. Akunt. Dan Keuang., vol. 4, no. 6, pp. 2279–2291, 2022, doi: https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i6.1093.
A. R. Anggraeni and E. Soliha, “Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang),” vol. 6, no. 3, pp. 96–107, 2020, doi: https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5612.
Wowor, B. Lumanauw, and Imelda, “Pengaruh citra merek, harga, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian kopi janji jiwa di kota manado,” vol. 9, no. 3, pp. 1058–1068, 2021, doi: https://doi.org/10.35794/emba.v9i3.35233.
A. M. Amin and R. F. Yanti, “Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic,” INVEST J. Inov. Bisnis Dan Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2021, doi: 10.55583/invest.v2i1.111.
A. Alfiah, A. Suhendar, and M. Yusuf, “SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco di CV Indosanjaya Kota Bandung,” SEIKO J. Manag. Bus., vol. 6, no. 1, pp. 492–503, 2023, doi: 10.37531/sejaman.v6i1.3926.
N. Khaira, F. Saputra, and Faroman Syarief, “Pengaruh persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di kafe sudut halaman,” J. JAMAN, vol. 2, no. 3, pp. 24–30, 2022.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
