An Improving Letter Recognition Skills Through Letter Boxes in 4-5 Year Old Children at Aba 2 Jetis Kindergarten
Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Huruf Melalui Media Kotak Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aba 2 Jetis
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.9221Keywords:
Letter Recognition Skills,, Letter Boxes,, Children Aged 4-5 Years.Abstract
This research was conducted with the aim of improving the ability of 4-5 year old children to recognize letters at Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Jetis Kindergarten, Sidoarjo. The study used the Mc. Kemmis and Taggart PTK model with observation, interview, and documentation techniques. The results showed a significant increase in the ability to recognize letters, from 33% in the pre-cycle, 53% in cycle I, to 86% in cycle II. The letter box media was used in the form of an interactive game, where children roll dice, count the number of dice, then run gaco according to the numbers until it stops at a picture box. Children then guess the picture, look for the corresponding picture, name the letters in the picture, arrange the letters into words, and write them back has proven to be effective in supporting the process of developing the ability to recognize letters in early childhood.
Downloads
References
A. Lestariningrum, “Buku PERENCANA[2]AN PEMBELAJARAN AUD_ISBN_9786026135544.pdf,” 2017.
M. Maarang, N. Khotimah, and N. Maria Lily, “Analisis Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui
Pembelajaran STEAM Berbasis Loose Parts,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, pp. 309–320, 2023,doi: 10.37985/murhum.v4i1.215.
M. Y. Lubis, “Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain,” Gener. Emas, vol. 2,no. 1, pp. 47–58, 2019, doi: 10.25299/ge.2019.vol2(1).3301.
B. S. Hajar and N. Pratiwi, “Pengaruh Game Edukasi Untuk Meningkatkan Motivasi Mengaji di TPQ Khoiru Ummah Mataram,” Indones. J. Educ. Res. Technol., vol. 4, no. 1, pp. 1–5, 2024, doi:10.69503/ijert.v4i1.579.
P. H. Firdaus, “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf,” J. Pendidik.
Raudhatul Athfal, vol. 2, no. 1, pp. 66–73, 2019, doi: 10.15575/japra.v2i1.5313.
V. Anggraini, Y. Yulsyofriend, and I. Yeni, “Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui LaguKreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini,” Pedagog. J. Anak Usia Dini dan Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no.2, p. 73, 2019.
Basori, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan MediaKotak Pintar Di TK Mujahadah,” J. Al-Abyadh, vol. 3, no. 2, pp. 52–58, 2020, [Online]. Available: https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/191/132
M. Triana, S. Sumardi, and T. Rahman, “Pengembangan Media Big Book Alfabet Untuk Memfasilitasi
Kemampuan Mengenal Huruf Alfabet Anak Usia 4-5 Tahun,” J. Paud Agapedia, vol. 4, no. 1, pp. 24–38, 2020, doi:10.17509/jpa.v4i1.27194.
A. Yeni and S. Hartati, “Studi Literatur: Stimulasi kemampuan anak mengenal huruf melalui permainan menguraikan kata di taman kanak-kanak Alwidjar Padang,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, pp. 608–616, 2020,[Online]. Available:http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php article=1729966&val=13365&title=STUDI LITERATUR STIMULASI KEMAMPUAN ANAK MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN MENGURAIKAN KATA DI TAMAN KANAK-KANAK ALWIDJAR PADANG
M. Haryani and Z. Qalbi, “Pemahaman Guru Paud Tentang Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Tk Pertiwi 1 Kota Bengkulu,” J. Educhild Pendidik. dan Sos., vol. 10, no. 1, p. 6, 2021,doi:10.33578/jpsbe.v10i1.7699.
D. L. Rahayu and E. Destiana, “Peningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Kartu Huruf Brgambar pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Sumorame Candi Sidoarjo,” J. Pendidik. Anak Usia Dini,vol. 1, no. 3, p. 16, 2024, doi: 10.47134/paud.v1i3.405.
S. N. I. Budiarti, “Penerapan Permainan Tebak Gambar dan Huruf untuk MeningkatkanKemampuan
Berbahasa Anak Kelompok A1 TK Negeri Pakunden 1 Kota Blitar,” J. Pendidik. Ris. dan Konseptual, vol. 4, no. 2,p. 285, 2020, doi: 10.28926/riset_konseptual.v4i2.217.
W. Hidajat, Susilowati, “Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran,” Pengaruh Pengguna. Miniat.Mob. Terhadap Prestasi Belajar Mat., vol. 3, no. 2, pp. 14–22, 2018.
A. Islamiati, “Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bercerita di TK Cahaya Bunda Natar Lampung Selatan,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2020.
nancy riana siti nurul fazriah, astuti darmiyanti, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Permainan Kotak Huruf Usia 4-5 Tahun,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 23–34, 2021, doi:10.31849/paud-lectura.v4i02.7376.
N. A. Fieana, Fidrayani, Fidrayani, and Miratul Hayati, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf
melalui Media Kotak Pintar Kelompok B2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14,” Indones. J. Early Child. J. Dunia Anak Usia Dini, vol. 6, no. 1, pp. 62–72, 2024, doi: 10.35473/ijec.v6i1.2802.
I. Machali, “Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru?,” Indones. J. Action Res., vol. 1,no. 2, pp. 315–327, 2022, doi: 10.14421/ijar.2022.12-21.
A. Azizah, “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran,” Auladuna J. Prodi
Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 3, no. 1, pp. 15–22, 2021, doi: 10.36835/au.v3i1.475.
Nola Sonia Berutu, Wan Nova Listia, ” Pengaruh Media Kotak Huruf terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Harapenta Namuseng T.A 2024”, J. Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, Volume 3, Nomor 2, April 2025 e-ISSN: 3021-7814; p-ISSN: 3021-7792,Hal.279-296.
A. Rahmawati, “Pengembangan Media Petualang Membaca Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Anak Usia”
A. Amelia and A. S. Sitorus, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Permainan Magic Box Di Ra Al-Ikhlas Tembung,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. 10, no. 2, p. 173, 2024,doi: 10.22373/bunayya.v10i2.25125.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
