Application of Project Based Learning (PjBL) Method Using Loose Parts Media in Increasing the Creativity of Children Aged 4-5 Years
Penerapan Metode Project Based Learning (PjBL) Menggunakan Media Loose Parts Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.9205Keywords:
Creativity, Project Based Learning, Loose Parts, Early ChildhoodAbstract
Creativity is an important aspect in early childhood development that needs to be developed from an early age through appropriate approaches. This study aims to increase the creativity of children aged 4-5 years through the application of the Project Based Learning (PjBL) method with loose parts media. This study uses the two-cycle Classroom Action Research (PTK) method, with 13 subject, children’s creativity is measured through three indicators, namely curiosity, ability to produce works and independence in completing tasks. The results showed an increase in the number of children who achieved the succes criteria, from 4 children (30,77%) in the pre-cycle, to 6 children (46,15%) in the first cycle and increased to 11 children (84,62%) in the second cycle. This increase is influenced by the provision of attractive visual stimuli and the addition of exploration time. Thus, the PjBL method with loose parts media is effective in increasing early childhood creativity
Downloads
References
E. Maulidah, “KETERAMPILAN 4C DALAM PEMBELAJARAN UNTUK ANAK USIA DINI,” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 2, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://paudjateng.xahzgs.com,
U. Hasanah dan Mp. STAIN Jurai Siwo Metro Lampung, “PENGEMBANGAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BAGI ANAK USIA DINI.”
L. Azzahra, D. Irawan, U. Raden Palembang, dan S. Selatan, “Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI) Open access under CC BY NC SA Pentingnya Mengenalkan Alqur’an Sejak Dini Melalui Pendidikan Agama Islam,” vol. 1, no. 1, hlm. 13–20, 2023, doi: 10.00000/pjpi.xxxxxxxx.
S. Maghfiroh dan D. Suryana, “Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini”.
Mk. Renie Tri Herdiani, Mp. Raisa Vienlentia, P. Mulyani, Mp. Suriswo, Mp. Nike Haryani, dan Mds. Sri Adi Nurhayati, “BIMBINGAN KONSELING ANAK USIA DINI.”
M. Oktavia Lestari dan A. Karim Halim, “Penggunaan Media Loose Part dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di PAUD Tunas Harapan,” Jurnal Family Education, vol. 2, no. 3, hlm. 271–279, Agu 2022, doi: 10.24036/jfe.v2i3.69.
A. Nurul, L. Sakti, dan M. Sit, “ANALISIS PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN ANALYSIS OF THE DEVELOPMENT OF CREATIVITY IN CHILDREN AGED 5-6 YEARS”, [Daring]. Tersedia pada: https://jicnusantara.com/index.php/jiic
R. Adawiyah dan R. Fitriani, “Metode Steam Loose Part dengan Bahan Alam untuk Kreativitas Anak Usia Dini,” Tahun, vol. 6, no. 6, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i6.4166.
A. Safura, Z. Rizkia, Salpina, Maisura, dan D. A. Junaidi Putri, “Pemanfaatan Bahan Alam dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini Di TK Al-Muna Kabupaten Bireuen,” JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research, vol. 3, no. 2, hlm. 87–94, Agu 2024, doi: 10.56921/jumper.v3i2.231.
U. Sebelas Maret, “JURNAL AUDI Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD PEMBELAJARAN STEM BERBASIS LOOSE PARTS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI Novita Eka Nurjanah,” 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3672
P. Octavia Marpaung dan V. Dwi Amalia Zati, “Strategi Pendidik Paud Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Pelita Hidup Medan Denai,” Journal of Millennial Community, vol. 3, no. 1, hlm. 50–58, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://journal.unimed.ac.id/index.php/jce
“‘ BERMAIN FUN COOKING DALAM MINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK BINA BAKTI WAY PUJI KECAMATAN RAWAJITU UTARA KABUPATEN MESUJI.’”
F. Tarbiyah dan D. Keguruan, “ANALISIS KREATIVITAS ANAK DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA MELALUI FINGER PAINTING ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA BAITTURRAHMAN KOTA MATARAM oleh: Intan Risqi Permata Sari NIM 200110114 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI,” 2024.
A. Munar, S. Surahman, P. Magister PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan P. Hukum Ekonomi Syariah IAIN Surakarta, “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 4-5 TAHUN,” 2021.
A. Zahra dkk., “Penerapan Model Project Based Learning dalam Pengabdian Mahasiswa PPL STAIN Madina di TK Model Negeri Panyabungan,” Maret Tahun, vol. 1, no. 3, hlm. 2025, [Daring]. Tersedia pada: https://journal-ambacang.willyprint-art.my.id/index.php/ojs
H. Pratiwi, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PBL),” Jurnal Warna : Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, hlm. 40–56, Apr 2020, doi: 10.24903/jw.v5i1.436.
M. Suhardi dan S. Nur Hadijah, “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASE LEARNIG DI ERA KURIKULUM MERDEKA,” vol. 2, no. 2, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://www.kemdikbud.go.id
J. Sosial dan Teknologi, “Penggunaan Kartu Huruf Hijaiyah untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Anak Usia Dini TK Muslimat NU Diponegoro 111 Ajibarang Kulon,” Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), vol. 5, no. 3, 2025.
P. Kreativitas, A. U. Dini, M. Metode, P. Hermada, R. Febriana1, dan V. Iswantiningtyas2, “‘Strategi Menghadapi Sistem Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19 Untuk Generasi Indoneisa yang unggul dan Tangguh.’”
A. Ridwan, N. Azian, dan F. Faniati, “Analisis Penggunaan Media Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun”, doi: 10.46963/mas.
U. L. Nafisah dan D. P. Kirana, “Penerapan Reward untuk Meningkatkan Disiplin Anak dalam Belajar,” Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, hlm. 14–26, Feb 2021, doi: 10.19105/kiddo.v2i1.3612.
U. L. Nafisah dan D. P. Kirana, “Penerapan Reward untuk Meningkatkan Disiplin Anak dalam Belajar,” Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, hlm. 14–26, Feb 2021, doi: 10.19105/kiddo.v2i1.3612.
N. Amelia dkk., “MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) DAN PENERAPANNYA PADA ANAK USIA DINI DI TKIT AL-FARABI.” [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/alathfal/index
A. M. Sari, D. Suryana, A. Bentri, dan R. Ridwan, “Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak,” Jurnal Basicedu, vol. 7, no. 1, hlm. 432–440, Feb 2023, doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4390.
P. Utomo, N. Asvio, dan F. Prayogi, “Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan,” Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, vol. 1, no. 4, hlm. 19, Jul 2024, doi: 10.47134/ptk.v1i4.821.
I. Syaiyada Al Aliya dan L. Iffatur Rocmah, “PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MOZAIK DENGAN BAHAN LOOSE PART PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN ANGGASWANGI.”
A. Prihantoro dan F. Hidayat, “Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS”, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/agama_islam/index
Downloads
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
