Strengthening the Mutual Cooperation Character Education of Elementary School Students through the Pancasila Student Profile Project “Clean Friday”
Penguatan Pendidikan Karakter Gotong Royong Siswa Sekolah Dasar melalui Proyek Profil Pelajar Pancasila “Jumat Bersih”
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.9008Keywords:
Character Education, Mutual Cooperation, Clean FridayAbstract
This study aims to describe the strengthening of mutual cooperation character education through the "Clean Friday" activity as part of the Pancasila Student Profile Project at Medalem State Elementary School. This research used a descriptive qualitative approach, with data collection techniques including observation, interviews, and documentation. The results show that the Clean Friday activity effectively instills the value of mutual cooperation, increases students’ awareness of environmental cleanliness, and strengthens social relationships among students. The main supporting factors include the active involvement of the principal, teachers, and parents. The obstacles faced include a lack of student awareness, limited facilities, and weather conditions. This activity has proven to be a contextual and sustainable medium for character education at the elementary school level.
Downloads
References
Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (Snistek) (Vol. 5, Pp. 84-90)
Widiansyah, A. (2019). Pengendalian mutu: Implementasi manajemen sumber daya manusia, optimalisasi fungsi pengendalian dalam dunia pendidikan. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 19(1), 21-26.
Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254-1269.
Nurizka, R., & Rahim, A. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pengelolaan Kelas. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik PKn, 6(2), 189-198.
Najili, H., Juhana, H., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Landasan teori pendidikan karakter. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2099-2107.
Perdana, D. R. (2021). Implementasi blended learning terhadap penguatan karakter integritas peserta didik kelas tinggi pada jenjang sekolah dasar. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1).
Rahman, A., & Ndona, Y. (2024). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendekatan Nilai Dalam Pkn: Tantangan Dan Solusi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3).
Mawardi, M. F., Mulyana, A., & Amalia, M. (2024). Gotong Royong Sebagai Fondasi Moral Budaya: Perspektif Hukum Dan Keharmonisan Sosial. Prosiding Mimbar Justitia, 1(1), 207-232.
Lestari, T., Santoso, G., & Saputro, T. (2023). Meningkatkan Semangat Gotong Royong Melalui Aturan Kolaboratif Di Rumah, Sekolah, dan Sekitarnya. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 1-18.
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59-68.
Labudasari, E., & Rochmah, E. (2018). Peran budaya sekolah dalam meningkatkan karakter siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD (Vol. 1, No. 1, pp. 299-310)
Tikho, A. E., & Gunansyah, G. (2021). Studi analisis: Implementasi program adiwiyata di sekolah dasar. Jpgsd, 9(09), 3384-3398.
Manurung, D. V., Kuntari, S., & Hardiansyah, M. A. (2024). Peran Guru Sosiologi Dalam Mengimplementasikan Nilai Pendidikan Karakter, Toleransi Dan Peduli Sosial Melalui Pembelajaran Sosiologi Di SMA Negeri 95 Jakarta. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 7(1), 714-722.
Haryono, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An-Nuur, 13(2).
Lisnawati, L., Wahyudin, W., & Caturiasari, J. (2023). Analisis Implementasi Proyek Penguatan Profil Siswa Pancasila dalam pengembangan pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Sadewa: Publikasi Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Pengetahuan Sosial , 1 (3), 48-78
Tobing, Y. A., Kusen, K., & Siswanto, S. (2023). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Terhadap Anak Melalui Kegiatan Jum’at Bersih (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri 11 Rejang Lebong) (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup).
Sunarti, S. (2020). Metode mengajar kreatif dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Jurnal Perspektif, 13(2), 129-137.
Suryaman, S., & Hari, K. (2018). Revitalisasi pendidikan karakter sejak usia dini di kelas rendah sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 10-18.
Musyawir, A. W., Dzulhakim, D., Andini, F., Ashari, N. F., Hairunnisa, H., Zikrullah, Z., & Herianto, E. (2024). Peran Kurikulum Berbasis Karakter Dalam Mendorong Perkembangan Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 542-551.
Rahmah, S., & Prasetyo, M. A. M. (2022). Urgensitas Nilai Pendidikan Agama Islam Dan Lingkungan Pendidikan Dalam Membentuk Budaya Religius. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 116-133.
Yuliana, D., & Saputra, A. (2022). Program Jumat Bersih yang dilaksanakan sebagai rutinitas kerja sama di sekolah berkontribusi besar dalam membentuk karakter peduli lingkungan dan solidaritas siswa. Gentala Pendidikan Dasar, Program Studi PGSD, FKIP Universitas Jambi, 7(1), 55–72.
Mulyadi, M., & Rachmawati, I. (2021). Pendampingan oleh guru selama pelaksanaan Jumat Bersih menjadi faktor kunci dalam pembentukan karakter peduli lingkungan. Gentala Pendidikan Dasar, FKIP Universitas Jambi, 7(1), 55–72.
Fitriani, E., Zulfa, L. N., & Handayani, R. (2023). Kegiatan Jumat Bersih secara rutin setiap Jumat dan pendampingan guru mampu membentuk karakter peduli lingkungan siswa. Gentala Pendidikan Dasar, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, 7(1), 55–72.
Rahmah, S., & Hidayat, A. (2023). Dari survei yang dilakukan, mayoritas siswa menyatakan bahwa program ini telah menumbuhkan kepedulian mereka terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Gentala Pendidikan Dasar, FKIP Universitas Jambi7(1), 55–72.
Nasution, F., Lubis, H. A., & Ramadhani, T. (2023). Penerapan rutinitas Jumat Bersih di SD Madani menunjukkan bahwa kegiatan ini efektif sebagai alternatif pembinaan karakter peduli lingkungan. Gentala Pendidikan Dasar, FKIP Universitas Jambi7(1), 55–72.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
