The Implementation of Character Education for Children of Coastal Fishing Families
Implementasi Pendidikan Karakter pada Anak Keluarga Nelaya Pesisir Pantai
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.8707Keywords:
Character Education, Children, coastal areasAbstract
Character education plays a crucial role in shaping the moral and ethical foundation of the nation's youth. Children residing in coastal areas face complex social and economic challenges, such as limited access to education and negative influences from their surrounding social environment. These educational deficiencies potentially lead to suboptimal cognitive development in coping with various life burdens and pressures in adulthood. Generally, the development of education in several regions of Indonesia has yet to meet the expected quality standards.
Downloads
References
Agustina, M. T., & Rahayu, P. P. (2022). Makna pentingnya pendidikan anak bagi masyarakat nelayan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6378–6386. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3738
Alokamai, W. (2023). Persepsi masyarakat nelayan terhadap pendidikan formal anak. PENSOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.59098/pensos.v1i2.1299
Chandra, P., & Malik, I. (2021). Pola pembinaan remaja dalam merevitalisasi akhlak pada keluarga nelayan Kota Bengkulu. Nuansa, 14(1). http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v14i1.3514
Dhani, A. S., & Disemadi, H. S. (2023). Penyuluhan arti penting pendidikan bagi anak pada masyarakat nelayan. Sang Sewagati Journal, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.37253/sasenal.v1i1.7833
Gani, I., & Arif, M. (2023). Implementasi pendidikan karakter dalam membangun peradaban bangsa. Journal Governance and Politics (JGP), 3(1), 167–181. https://jurnal.iyb.ac.id/index.php/jgp/article/view/330
Guantara, F. (2022). Nilai-nilai budaya lokal nelayan Pabbagang Parepare sebagai sumber belajar kontekstual untuk penanaman pendidikan karakter. Jurnal el-Fakhru, Islamic Education Teaching and Studies, 1(2), 107–119. https://doi.org/10.46870/elfakhru.v1i2.217
Khoiriyah, Saudah, S., Agustin, S., Maula, R., & Prasetya, B. (2022). Nilai-nilai pendidikan karakter agama Islam dalam kalangan masyarakat Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Al-Muaddib, 4(2), 309–319. https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i2.478
Kristiono, N., & Trianingrum, A. (2024). Penanaman karakter tanggung jawab pada anak dalam keluarga nelayan di Desa Tasikagung Kabupaten Rembang. Jurnal Pendidikan Tunas Bangsa, 2(1), 13–18. https://journal.bengkuluinstitute.com/index.php/jptunasbangsa/article/view/826
Lestari, I., & Handayani, N. (2023). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah khususnya SMA/SMK di zaman serba digital. Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS), 1(2), 101–109. https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/gurupencerahsemesta
Maskur, & Abdul Jamil, S. (2023). Memahami filsafat fenomenologi Edmund Husserl dan implikasinya dalam metode penelitian. Jurnal Ilmiah Falsafah: Jurnal Kajian Filsafat, Teologi dan Humaniora, 9(2), 50–57.
Maulana, C. I., & Lonica, A. T. (2022). Kondisi sosial budaya terkait pendidikan anak pada masyarakat nelayan di Desa Perlis Brandan Barat. Prosiding Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Dharmawangsa, 2, 1–12. https://proceeding.dharmawangsa.ac.id/index.php/PFISIP/article/view/51
Mujiwati, Y. (2022). Children’s character education among fishermen’s families in Jatirejo Village, Lekok District, Pasuruan Regency. Jurnal Scientia, 10(02), 197–202. http://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan
Nawir, M., Juleha, & Suddin, W. (2024). Urgensi pendidikan nonformal dalam mengentaskan kemiskinan di kalangan masyarakat nelayan. NUSANTARA, 6(1), 18–25. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/4473
Ndibo, Y. L., Junaidin, & Ikong. (2021). Peranan keluarga nelayan dalam pendidikan anak. Didoktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(1), 191–205. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i2.6045
Ningtias, R. K., Karomah, W., & Saputro, D. E. (2023). Pola asuh orang tua nelayan pesisir Lamongan dalam pembinaan akhlak anak. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 156–166. https://doi.org/10.58518/darajat.v6i2.2082
Nismawati, Oruh, S., Kamaruddin, S., Agustang, A., & Wirda, M. A. (2023). Awareness of the importance of children’s education in the small island fisherman community (case study of Liukang Loe Island). Jurnal Geografi, 15(1), 12–26. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/geo/article/view/34027
Rachmawati, H. N., & Khadavi, M. J. (2023). Peran tokoh agama dalam menanamkan akhlakul karimah pada masyarakat nelayan di Kabupaten Probolinggo. IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman, 7(1), 69–80. https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v7i1.1020
Rosadi, R., & Yudha, R. K. (2023). Analisis profil pendidikan karakter anak keluarga nelayan di Kelurahan Pasar Bengkulu. JUPANK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 295–305. https://doi.org/10.36085/jupank.v3i1.3758
Suardin, S. H., Andarias, A., Akbar, A., Nurmaya, A. L., Suarti, & Muliati. (2022). Formulasi peran orang tua, masyarakat, dan pemerintah desa terhadap pendidikan karakter anak di era digital 4.0. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(6), 933–944. https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/2522
Suci, S. Z., Humaizi, Zulkifli, I., Saladin, R., & Manurung, R. (2023). Pola pengasuhan dan pendidikan karakter anak pada keluarga nelayan di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1142–2252. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2689
Wulan, & Mahmud, H. (2024). Penanaman nilai-nilai agama Islam dalam membentuk karakter anak nelayan di Desa Lora Kecamatan Mataoleo Kabupaten Bombana. Shibyan, 3(1). http://dx.doi.org/10.31332/shibyan.v3i1.5667
Zuhdi, A., & Arif, E. (2023). Komunikasi keluarga pada kasus stagnasi pendidikan keluarga nelayan. Jurnal Audiens, 4(3), 454–467. https://doi.org/10.18196/jas.v4i3.120.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
