Improving Early Reading Skills in 5-6 Year Old Children Through Picture Word Cards at Dharma Wanita Jeruk Gamping Kindergarten Krian Sidoarjo
Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Kartu Kata Bergambar di TK Dharma Wanita Jeruk Gamping Krian Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.8676Keywords:
PAUD, Reading Ability, Word CardsAbstract
This research focuses on enhancing early reading skills in children through the use of illustrated word cards at TK Dharma Wanita Jeruk Gamping Krian. The research employs an Action Research approach, involving cycles of planning, implementation, and reflection to enhance teaching practices. Observations were conducted within Group B1, using a checklist instrument that encompassed various aspects of reading abilities. The study's subjects comprised 24 children aged 5-6 years at TK Dharma Wanita Jeruk Gamping Krian, an Islamic-based early childhood education institution.
Data was collected through observations and documentation, and subsequently analyzed by assessing the validity, reliability, difficulty level, and discrimination power of the test items. Moreover, data regarding vocabulary development and student learning outcomes were analyzed to measure the effectiveness of illustrated word cards in improving children's early reading abilities.
Downloads
References
P. Studi et al., PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD MELALUI MEDIA PIN ACTIVITY PADA KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN KREMBUNG SKRIPSI Oleh : Lutfin Amalia PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD MELALUI MEDIA PIN ACTIVITY PADA KELOMPOK A SIDOARJO Model. 2020.
dan H. Y. M. Yulida Izatusholihah, Elan, “PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5, No 1, Oktober 2021,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 86–95, 2021, doi: 10.31849/paud- lectura.v4i02.7376.
F. Ashadi, “Pengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Di Tk Al Ihsan Banyuwangi,” Educ. J. J. Educ. Res. Dev., vol. 6, no. 1, pp. 113–123, 2022, doi: 10.31537/ej.v6i1.649.
A. Kadir et al., “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak di Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Sains,” J. Educ. Res., vol. 5, no. 1, pp. 380–388, 2024.
R. Yulia et al., “Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini,” Golden Age J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 53–60, 2021, doi: 10.29313/ga.
A. O. Mefa, “Pengembangan Konsep Adversity Quotient Paul G.Stoltz dalam Pendidikan Islam Anak Usia Dini,” Uin Fas Bengkulu, pp. 1–108, 2020.
S. Sunanih, “Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah Bagian Dari Pengembangan Bahasa,” Nat. J. Kaji. Penelit. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 2, no. 1, pp. 38–46, 2017, doi: 10.35568/naturalistic.v2i1.89.
T. Nazla and N. Fitria, “Pengembangan Kepercayaan Diri Melalui Metode Show and Tell Pada Anak,”
J. Anak Usia Dini Holistik Integr., vol. 3, no. 1, p. 31, 2021, doi: 10.36722/jaudhi.v3i1.590.
E. Ramadanti and Z. Arifin, “Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Bergambar Bagi Anak Usia Dini Dalam Bingkai Islami Dan Perspektif Pakar Pendidikan,” KINDERGARTEN J. Islam. Early Child. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 173–187, 2021.
s. . Mahayyun, “( Aud ) Dengan Metode Anak Hebat ( Ahe ),” Jeer (Journal Elem. Educ. Res., vol. 11,
pp. 195–206, 2022.
Raimah, “Penerapan Media Bermain Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Di Ra Baitul Qur’an Sunggal Deli Serdang.” 2021. [Online]. Available: https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&as_ylo=2008&q=Penerapan+Media+Berma in+Kartu+Kata+Untuk+Meningkatkan+Kemampuan+Mengenal+Huruf+Pada+Anak+Usia+Dini+Di+Ra
+Baitul+Qur%27an+Sunggal+Deli+Serdang&btnG=
N. Amini and S. Suyadi, “Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini,” PAUDIA J. Penelit. dalam Bid. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 9, no. 2, pp. 119–129, 2020, doi: 10.26877/paudia.v9i2.6702.
M. M. Mu’minin and I. Sukowati, “Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Usia Dini,” Paradig. J. Filsafat, Sains, Teknol. dan Sos. Budaya, vol. 28, no. 1, pp. 106–116, 2022, doi: 10.33503/paradigma.v28i1.2044.
H. Yunaili and R. Riyanto, “Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dan Daya Ingat Anak,” Diadik J. Ilm. Teknol. Pendidik., vol. 10, no. 2, pp. 221– 233, 2021, doi: 10.33369/diadik.v10i2.18282.
S. Kusumawati, N. Khotimah, and I. Puling, “Efektivitas Penggunaan Media Ular Tangga Bilangan Raksasa Untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun,” Desember, vol. 4, no. 2, pp. 209–219, 2023, doi: 10.37216/aura.v4i1.1021.
A. S. Alifia, W. Palupi, and J. .Jumiatmoko, “Alat Permainan Edukatif Board Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun,” Kumara Cendekia, vol. 10, no. 2,
p. 130, 2022, doi: 10.20961/kc.v10i2.58600.
B. Intang, Nadrah, and A. M. Nur, “Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD,” J. Sos. Hum. dan Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 97–105, 2024, doi: 10.55606/inovasi.v3i1.2625.
M. P. Melisya, M. Murjainah, and M. Praseihammi, “Pengembangan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sd,” J. Rev. Pendidik. Dasar J. Kaji. Pendidik. dan Has. Penelit., vol. 9, no. 1, pp. 1–8, 2023, doi: 10.26740/jrpd.v9n1.p1-8.
L. Riswiarti, “Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas 1 dengan Media Kartu Kata Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Kebonagung 03 Tahun Pelajaran 2020/2021,” Educ.
J. Educ. Res., vol. 3, no. 2, pp. 15–30, 2020, doi: 10.36654/educatif.v3i2.44.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2010.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
