Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Representation of #SemuaJugaBisa On Ms Glow for Men Ads Version Babe Cabita X Marshel Widiyanto (Charles Sanders Pierce's Semiotic Analysis)


Representasi #SemuaJugaBisa dalam Iklan Ms Glow For Men Versi Babe Cabita X Marshel Widiyanto (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce)

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.867

Keywords:

#semuajugabisa, Representation, Advertising, Semiotic Charles Sanders Pierce

Abstract

The advertising industry is changing fast nowadays with the increasing rate of technology growth. In accordance with the times, to create ads that attract the attention of advertisers must display creative, unique, and out-of-the-box creatives. One of them is by carrying the theme with the hashtag in the Ms Glow For Men ad, namely #SemuaJugaBisa.  This type of research is descriptive qualitative by using the semiotic analysis technique of Charles Sanders Pierce.  The results of this study indicate that the hashtag #SemuaJugabisa provides awareness that Skincare products can be used by all groups. #SemuaJugabisa shows that Skincare products can be used by all people, not only men who are already good-looking. However, all men with their own characteristics can find the right to take care of themselves and look better which adds to their self-confidence.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Y. H. Paramitadewi, “No Title,” Pengukuran Kesadaran Merek (Brand Awareness) pada Prod. Madurasa PT. Air Mancur Surakarta. (Skripsi Tidak Dipublikasikan), 2009.

H. (we are Social), “Indoensian digital report,” katadata.co.id, 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022 (accessed Nov. 05, 2022).

Y. T. Kurnianto, “Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Pemasaran Minimuman di Banjarbaru,” Ilmu Komun., p. 8, 2020.

R. R. Murwanti Fajar Yani, “KONTROVERSI VIDEO LAST HOPE KITCHEN EPISODE PUDING BABI KURMA DI YOUTUBE (ANALISIS UNSUR SARA SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PIERCE),” 2019, [Online]. Available: Last Hope Kitchen Video, Controversy, SARA, Dark Comedy, Semiotics.

H. H. Sadeli, Z. Abidin, and L. Nayiroh, “Representasi Makna Hardiness Dalam Iklan Biskuat Versi My Buddy,” Ekspresi Dan Persepsi J. Ilmu Komun., vol. 4, no. 2, p. 200, 2021, doi: 10.33822/jep.v4i2.2762.

S. Hall, Representatition : Cultural Representation and Signifying Practice. London :Sage Publication, 1997.

Sondakh and P. Cinthia, “Maskulinitas di Majalah Pria: Studi Semiotika Terhadap Rubrik Rupa di Majalah Men’s Health Indonesia,” J. E-Komunikasi, vol. 2, no. 2, pp. 1–12, 2014.

T. Hakim, Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara, 2002.

S. R. dan R. H. Riskiy, “Interpretasi Maskulinitas pada Iklan Skincare Pria (Studi Resepsi Stuart Hall pada Khalayak Pria),” Briadcomm J. Broadcast. Commun., vol. 4, no. 1, pp. 45–56, 2022.

DetikHealth, “dr Eddy Karta, SpKK dan Kesabarannya Menjaga Optimisme Pasien,” 2013, [Online]. Available: https://health.detik.com/doctors-life/d-2303467/dr-eddy-karta-spkk-dan-kesabarannya-menjaga-optimisme-pasien.

P. Septia, “Seru! MS Glow For Men Memilih Pelawak sebagai Brand Ambassador!,” 2021, [Online]. Available: https://editorial.femaledaily.com/blog/2021/08/31/seru-ms-glow-for-men-memilih-pelawak-sebagai-brand-ambassador.

M. Danesi, Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra, 2012.

N. Vera, Semiotia Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia, 2015.

W. Beton, “Makna dari 5 Warna Helm Proyek yang Digunakan Pekerja Konstruksi,” Wika, 2019. https://www.wika-beton.co.id/artikel-det/Makna-dari-5-Warna-Helm-Proyek-yang-Digunakan-Pekerja-Konstruksi34/ind#:~:text=Helm proyek ini dibedakan menjadi beberapa jenis menurut warnanya berdasarkan jabatan seseorang.&text=Warna kuning pada helm proyek,di (accessed Oct. 11, 2022).

I. Novelisari, R. Fitriana, and H. Susanti, “Issn 2657-1757,” pp. 1–13.

Ballaide, “Psikologi warna menurut para ahli – C.S Jones,” Ballaide Visual, 2017. https://www.ballaide.com/2017/08/psikologi-warna-menurut-paraahli.html.

S. Kamilla, “Inilah Fungsi Hashtag dan Cara Penggunaannya di Media Sosial.,” BukaLapak.com, 2018. .

L. F. Marbun and L. R. Girsang, “PEMAKNAAN PERANG TANDA PAGAR ‘#’ ANTAR DUA KUBU CALON PRESIDEN INDONESIA 2019 DI MEDIA SOSIAL (Analisis Semiotika Peirce Pada Sampul Majalah Tempo Edisi 04 Juni 2018),” Semiot. J. Komun., vol. 13, no. 1, pp. 68–88, 2019, doi: 10.30813/s:jk.v13i1.1790.

E. N. Bambang Mudjiyanto, “Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi. PEKOMAS: Jurnal Penelitian Komunikasi, Informatika Dan Media Massa,” pp. 73–82, 2013.

Eriyanto, Analisis Wacana, Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta, 2001.

A. Yuliana, 101 Konsultasi Praktis Pemasaran. Elex Media Komputindo : Jakarta, 2003.

C. J. M. Lee, Prinsip - Prinsip Pokok Periklanan dalam Prespektif Global. Jakarta: Kencana, 2011.

D. N. Bonafix, “VIDEOGRAFI: KAMERA DAN TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR,” Jur. Desain Komun. Vis. Fak. Komun. dan Multimedia, BINUS Univ. Jln. K.H. Syahdan No. 9, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat 11480, 2011.

I. Multimedia, “8 Macam Teknik Camera Movement Yang Biasa Dipakai Saat Membuat Film,” Iframe Multimedia, 2021. https://iframemultimedia.net/blog/teknik-camera-movement/.

T. P. Manunggal, “FUNGSI SUARA LATAR SEBAGAI PENUNJUK SETTING DALAM FILM A COPY OF MIND,” 2018.

I.- Gunawan, A. A. Fauzi, D. Aulya, S. I. Jaya, and N. Meirizka, “Pengaruh Kampanye Iklan #Kasihlebihan Gojek Indonesia Terhadap Persepsi Publik,” Ekspresi Dan Persepsi J. Ilmu Komun., vol. 4, no. 1, pp. 29–38, 2021, doi: 10.33822/jep.v4i1.2336.

Posted

2023-04-14