Effect of Problem-Based Learning on the Student Problem Solving Skills
Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.8660Keywords:
Problem Based Learning, Problem Solving skills, Social-Science Subject, Human Respiratory SystemAbstract
Pembelajaran IPA di sekolah dasar diharapkan tidak hanya memberikan pemahaman konseptual tetapi juga menumbuhkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam kehidupan nyata melalui pembelajaran aktif. Penelitian ini dilaksanakan guna mengukur pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran IPAS materi sistem pernapasan manusia. Desain penelitian The One Group Pretest-Posttest digunakan secara prosedural dalam dengan tahapan pengujian validitas dan reliabilitas instrumen, normalitas dan homogenitas hasil pretest dan posttest, lalu untuk mengetahui adanya pengaruh menggunakan Uji T. Hasil analisis paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Temuan ini menunjukkan bahwa pengintegrasian Problem Based Learning ke dalam pembelajaran di kelas tidak hanya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa tetapi juga selaras dengan tujuan kurikulum berbasis kompetensi seperti Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran aktif dan berpikir kritis Dengan demikian, Problem Based Learning berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Downloads
References
M. P. M. R, L. Yuliati, dan A. Qohar, “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Inkuiri Terbimbing Dipadu Carousel Feedback pada Materi Sifat-sifat Cahaya di Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 3, no. 1, 2018, doi: 10.17977/jptpp.v3i1.10355.
H. E. Mulyasa, Implementasi kurikulum merdeka. Bumi Aksara, 2023.
K. T. Satriaman, N. M. Pujani, dan P. Sarini, “Implementasi pendekatan student centered learning dalam pembelajaran ipa dan relevansinya dengan hasil belajar siswa kelas viii smp negeri 4 singaraja,” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), vol. 1, no. 1, hlm. 12–22, 2018.
Y. Olviani dan D. Nurhanifah, Dasar-Dasar Asuhan Keperawatan Sistem Pernapasan. UrbanGreen Central Media, 2024.
I. Sulistiani dan N. Nugraheni, “Makna guru sebagai peranan penting dalam dunia pendidikan,” Jurnal Citra Pendidikan, vol. 3, no. 4, hlm. 1261–1268, 2023.
N. Yulianty, “Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik,” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, vol. 4, no. 1, hlm. 60–65, 2019.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
