Factors Influencing Taxpayer Compliance in Paying Motor Vehicle Taxes from a Student Perspective (Study on Accounting Students at Muhammadiyah University of Sidoarjo)
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Perspektif Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.844Keywords:
Taxpayer Awareness, Service Quality, Tax Sanctions, Moral Obligations, taxpayers’ complianceAbstract
This study aims to determine Taxpayer Awareness, Service Quality, Tax Sanctions and Moral Obligations Against Motor Vehicle Taxpayer Compliance in Sidoarjo Regency. This study uses primary data, namely questionnaires distributed to 144 respondents using purposive sampling. The population used was students of the Muhammadiyah Sidoarjo University Accounting Study Program in 2019. The data analysis technique used was descriptive statistical analysis, validity test, reliability test, multiple linear regression analysis, coefficient of determination test and t test using SPSS v.26. in data processing. The results of this study indicate that in Sidoarjo Regency, taxpayer awareness has a significant effect on motor vehicle tax compliance, service quality has a significant effect on motor vehicle tax compliance, tax sanctions have no effect on motor vehicle tax compliance and moral obligations have no effect on mandatory compliance. vehicle tax.
Downloads
References
Kemenkeu, “APBN Semester I-2022 Surplus Rp73,6 Triliun, Menkeu: Luar Biasa Positif,” 2022. https://www.kemenkeu.go.id/informasi-publik/publikasi/berita-utama/APBN-Semester-I-2022-Surplus-Rp73,6-Triliun
G. C. Masur and Y. Rahayu, “PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR,” J. Ilmu dan Ris. Akunt., vol. 9, 2020.
L. Sarlina, A. Kurniawan, and I. Umiyati, “PENGARUH AKSES PAJAK, FASILITAS, KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI ADANYA REWARD TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR,” J. Ilm. Akunt. DAN Keuang., 2019.
BPS, “Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis (Unit), 2018-2020,” 2022. https://www.bps.go.id/indicator/17/57/1/perkembangan-jumlah-kendaraan-bermotor-menurut-jenis.html
Y. Masur, dan Rahayu, “PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR,” J. Ilmu dan Ris. Akunt., vol. 9, p. 3, 2020.
Bapendajatim, “Jelang HUT KE-76 Provinsi Jatim Gubernur Berikan Diskon Pajak Kendaraan,” 2021. https://www.dipendajatim.go.id/?p=1845
CNNIndonesia, “Pemprov Jatim Lanjutkan Diskon Pajak Kendaraan Bermotor,” 2021. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210909142337-532-692023/pemprov-jatim-lanjutkan-diskon-pajak-kendaraan-bermotor.%0A
N. S. R. Wahda, A. Budianto, and Yunianti, “PENGARUH PEMERIKSAAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PA-JAK DAN DAMPAKNYA TERHADAP EFEKTIVITAS PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN BADAN,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. Akunt., vol. 2, p. 2, 2018.
T. D. Widajantie, D. Ratnawati, T. Thamrin, and M. H. Arifin, “Pengaruh Kesadaran Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Kantor Bersama SAMSAT Surabaya Selatan),” BAJ (Behavioral Account. Journal), vol. 2, p. 1, 2019.
I. Andri, “Panduan Pengembangan Organisasi,” Yogyakarta: Penerbit Andi, 2005, p. 50.
T. Ferdian, “ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA SAMSAT KABUPATEN TEBO PROVINSI JAMBI PADA TAHUN 2019,” J. AKRAB JUARA, vol. 4, p. 5, 2019.
R. K. Dewi, “Pengaruh Kualitas Layanan, Pengetahuan Per_pajakan, Sanksi Pajak, Dan Tingkat Perkembangan Moral Terhadap Kepa_tuhan Wajib Pajak Orang Pribadi,” Skripsi, 2018.
D. D. Agita and A. L. Noermansyah, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Hotel Di Kota Tegal,” J. MONEX, 2020.
R. D. Widyastuti and M. Anggraini, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Pada Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Pontianak Wilayah II,” J. Akuntansi, Audit. dan Investasi, 2019.
J. C. Sukrisno Agoes, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor,” J. Paradig. Akunt., vol. 1, no. 2, p. 292, 2019, doi: 10.24912/jpa.v1i2.4702.
A. K. Susanto and R. Arfamaini, “Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Wajib Pajak Di Kantor Bersama Samsat Surabaya Utara),” EcoSocio J. Ilmu dan Pendidik. Ekon., vol. Volume 5, 2021.
N. P. A. Sista, “PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN PAJAK, KEWAJIBAN MORAL, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT GIANYAR,” J. Sains, Akunt. dan Manaj., 2019.
D. P. A. M. Suari, A. Yuesti, and N. P. S. Dewi, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Bersama Samsat Gianyar,” Semin. Nas. Inov. Baru dalam Penelit. Sains, Teknol. dan Hum., vol. 1, no. 1, pp. 775–786, 2019.
L. A. Yustina, P. G. Diatmika, and N. P. Yasa, “PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, KEWAJIBAN MORAL DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (STUDI PADA KANTOR SAMSAT KABUPATEN BULELENG),” JIMAT (Jurnal Ilm. Mhs. Akuntansi), 2020.
D. K. Wardani and Rumiyatun, “PENGARUH PENGETAHUAN WAJIB PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK, SANKSI PAJAK KENDARAAN BERMOTOR, DAN SISTEM SAMSAT DRIVE THRU TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi kasus WP PKB roda empat di Samsat Drive Thru Bantul),” J. Akunt., 2017.
Mustikasari, “Faktor Prilaku Dan Lingkungan Organisasi yang Mempengaruhi Ketidak Patuhan Tax Professional Dalam Melaksanakan Kewajiban Perpajakan Pada Suatu Perusahaan Industri Pengolahan Di Surabaya, Diserta,” Progr. Pasca Sarj. Univ. Erlangga, Surabaya, 2008.
S. M. H. dan B. Apriliana, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesadaran Mahasiswa Membayar Pajak Kendaraan bermotor,” 2019.
D. A. R. K. Dewi, I. G. C. Putra, and N. L. G. M. Dicriyani, “PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN PAJAK, KEWAJIBAN MORAL, BIAYA KEPATUHAN, DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT KLUNGKUNG,” J. KHARISMA, 2022.
S. Kurniawati and Y. K. Susanto, “KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR: KEWAJIBAN MORAL DAN SANKSI PERPAJAKAN,” Akt. J. Akunt. dan Investasi, vol. 6, no. 1, pp. 47–59, 2021.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
S. C. Apriyani and T. Nuryati, “Pengaruh Tarif Pajak, Metode Pembayaran Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Di Samsat Kota Bekasi),” 2020.
I. D. A. N. Purnamawati, “Pengaruh Kesadran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Pajak, Kewajiban Morasl dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Gianyar,” Skripsi, 2018.
I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS. 2012.
I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.
D. Sunyoto, Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Jakarta: CAPS, 2011.
I. S. Melati, Z. Azmi, and I. P. Azhari, “Pengaruh Pengetahuan, Kewajiban Moral, Program Pemutihan, dan Razia Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Kota Pekanbaru,” Econ. Account. Bus. J., vol. 1, no. 1, pp. 365–379, 2021.
Downloads
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.