The Influence of Fanaticism, product Quality And Product Design on Purchasing Decisions for Indonesian Nasional Team Merchandise
Pengaruh Fanatisme, Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Timnas Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.8366Keywords:
Fanaticism, Product Quality, Product Design, Purchase DecisionAbstract
The modern era of soccer encourages management changes that must develop as a business, including the existence of club merchandise which is one of the sources of income. The Indonesian national team collaborates with espro as a merchandise provider. With this research, the aim is to analyze the influence of fanaticism. Product Quality, and Product Design on Purchasing Decisions for Indonesian National Team Merchandise. Using quantitative methods, this study involved 96 respondents selected through non probability sampling techniques. The final results show that Fanaticism, Product Quality, and Product Design have an influence on purchasing decisions on merchandise
Downloads
References
Dina Aulia, “Semangat Suporter Timnas Indonesia : Wujud Nasionalisme Di Arena Sepak Bola Dan Pengaruh Di Kancah Internasional,” WISSEN : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 3, no. 1, pp. 157–169, Dec. 2024, doi: 10.62383/wissen.v3i1.504.
A. Rissan Adam, “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PERSIB BANDUNG DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE SEBAGAI KLUB SEPAK BOLA PROFESIONAL,” Apr. 2021.
M. Aji Buwana, “PERANCANGAN JERSEY SEPAK BOLA KLUB PERSIK KEDIRI PADA GAME PRO EVOLUTION SOCCER 2021,” Jurnal Barik, vol. 4, no. 3, pp. 1–12, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
A. W. Larasati, C. G. Kharisma, M. Nanda, S. Hutamam, and M. Delvin Oknanda, “FANATISME SUPORTER SEPAK BOLA TERHADAP PERILAKU AGRESI,” 2023. [Online]. Available: http://jurnal.dokicti.org/index.php/JCSS/index
R. Yustisia Purwaningtyas, A. Rusdianto Berto, and E. Muwarni, “Di Balik Fanatisme Suporter Indonesia: Mobilisasi Dukungan Politik Melalui Tagar #SepakbolaKanjuruan vs #DukungPSSI 2022,” SNA), Social Media, vol. 7, no. 3, pp. 455–473, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp
C. Cesariana, F. Juliansyah, and R. Fitriyani, “MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE: KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN),” Jurnal Manajemen pendidikan ilmu sosial, vol. 3, no. 1, p. 2022, 2022, doi: 10.38035/jmpis.v3i1.
C. Lystia, R. Winasis, H. S. Widianti, and B. Hadibrata, “DETERMINASI KEPUTUSAN PEMBELIAN: HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN),” Jurnal Manajemen Ilmu Terapan, vol. 3, no. 4, 2022, doi: 10.31933/jimt.v3i4.
P. Hadi and H. Nastiti, “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INDIHOME,” 2021.
D. Hananto, “PENGARUH DESAIN PRODUK, KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK JERSEY SEPEDA DI TANGSEL,” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
J. Handayani, D. Deriawan, and T. W. Hendratni, “Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya pada Kepuasan Konsumen,” Journal of Business and Banking, vol. 10, no. 1, p. 91, Oct. 2020, doi: 10.14414/jbb.v10i1.2261.
Vicky Brama Kumbara1, “DETERMINASI NILAI PELANGGAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN: ANALISIS KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK DAN ENDORSE,” Jurnal Ilmu Manajemen terapan, vol. 2, 2021.
R. Dwijantoro, B. Dwi, and N. Syarief, “PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARKETPLACE SHOPEE,” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, vol. 16, no. 2, p. 63, Jan. 2022, doi: 10.21460/jrmb.2021.162.392.
S. Tirtayasa, A. P. Lubis, and H. Khair, “Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen,” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jibm
Ramayani Yusuf 1, Heny Hendrayati2, and Lili Adi Wibowo3, “PENGARUH KONTEN PEMASARAN SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN,” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, vol. 1, no. 2, 2020.
Muhamad Agung Irsyad1 and Indri Ferdiani Suarna2, “PENGARUH FANATISME, KUALITAS PRODUK, DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JERSEY DI GRAHA PERSIB BANDUNG,” Jurnal lmu manajemen, Bisnis dan Ekonomi, 2024.
A. Khomsiyah and S. Sanaji, “Pengaruh Loyalitas dan Fanatisme Supporter pada Klub terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Orisinal: Studi pada Supporter Persela Lamongan,” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, vol. 10, no. 2, p. 242, Feb. 2021, doi: 10.30588/jmp.v10i2.756.
A. Alfiah, A. Suhendar, M. Yusuf, P. Studi Administrasi Bisnis, and S. Tinggi Ilmu Administrasi Bandung, “SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco di CV Indosanjaya Kota Bandung,” SEIKO : Journal of Management & Business, vol. 6, no. 1, pp. 492–503, 2023, doi: 10.37531/sejaman.v6i1.3926.
M. Reinout Adonis, Y. Budi Rahayu Silintowe, F. Ekonomika dan Bisnis, U. Kristen Satya Wacana, and R. Artikel, “DESAIN PRODUK, KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GENERASI Y,” Jurnal Capiital Kebijakan ekonomi, Manajemen & Akuntansi, vol. 3, no. 1, 2021.
F. Falah, H. Welsa, and P. D. Cahyani, “Pengaruh Experiential Marketing dan Desain Produk terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Smartphone Xiaomi di Yogyakarta,” J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), vol. 8, no. 2, p. 1646, Oct. 2023, doi: 10.33087/jmas.v8i2.1435.
Rika Hubbina, S. E. , M. E. I. Agustina Mutia, and S. E. , M. Si. , A. Marissa Putriana, “Pengaruh Digital Marketing, Desain Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Distro Kedai Oblong Jambi),” Journal Of Student Research, vol. 1, 2023.
I. Wardani and R. Dermawan, “Pengaruh Brand Image, Korean Wave, Fanatisme dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian,” Ekonomis: Journal of Economics and Business, vol. 7, no. 2, p. 1114, Sep. 2023, doi: 10.33087/ekonomis.v7i2.1357.
M. Misbah and J. Jubaedah, “Fanatisme dalam Praktik Pendidikan Islam,” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, vol. 26, no. 1, pp. 51–64, Aug. 2021, doi: 10.24090/insania.v26i1.4825.
J. Theosofi, P. Islam, T. Islam, D. Fanatisme, P. Sosial, and B. Zulkarnain, “Teologi Islam Dan Fanatisme Perilaku Sosial Beragama,” Theosifi dan peradaban islam Al hikmah, vol. 3, no. 2, pp. 192–210, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/alhikmah
A. Rozaky Akbar, “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP MINAT BELI Suwitho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya,” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 2020.
Salvara Tyara Aruna, Misti Hariasih, and Alshaf Pebrianggara, “PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK GARNIER SAKURA GLOW,” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), vol. 8, p. 223, May 2024.
D. Puspitasari, M. Asir, and R. Rahmi, “Efektivitas Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: Literature Review Manajemen Pemasaran,” BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting, vol. 5, no. 1, pp. 90–95, Nov. 2023, doi: 10.31539/budgeting.v5i1.6933.
A. Mariansyah and A. Syarif, “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu,” vol. 3, no. 2, 2020, [Online]. Available: www.investor.iddi
F. Rehansyah, L. N. Simatupang, D. Bisnis, and J. Manajemen, “PENGARUH DESAIN PRODUK, CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU OLAHRAGA MEREK ADIDAS (Studi pada Mahasiswa FEB Universitas Satya Negara Indonesia,” Jurnal Manajemen USNI, vol. 7, no. 2, 2023, doi: 10.54964/manajemen.
Ogy Irvanto and Sujana, “Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger (Survey Persepsi Komunitas Pecinta Alam di Kota Bogor),” Program Studi Manajemen, Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan, 2020.
ABDUS SALAM, MOEHAMMAD BUDI WIDAJANTO, and MOHAMMAD WASIL, “PENGARUH KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ICE CREAM DIAMOND DI SURABAYA,” Fakultas Bisnis Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya Program Studi Manajemen Pemasaran, vol. 5, 2020.
J. pratama P. Ongky Hermawan and R. U. A. Fauzi, “Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Nilai Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Motor Listrik Di Kota Madiun,” 2023.
Debby Cynthia1, Haris Hermawan2, Ahmad Izzudin3, and 123Universitas Muhammadiyah Jember, “PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN,” Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik, 2022.
P. M. Putri and R. A. Marlien, “Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online,” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), vol. 5, no. 1, pp. 25–36, Jan. 2022, doi: 10.36778/jesya.v5i1.510.
E. Arul Maulana, A. Pebrianggara, and M. Hariasih, “Dampak Gaya Hidup, Pengalaman Belanja, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia,” Jurnal E-Bis, vol. 8, no. 2, pp. 711–723, Oct. 2024, doi: 10.37339/e-bis.v8i2.1744.
Nel Arianty and Ari Andira, “MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen,” Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, vol. 4, 2020, doi: 10.30596/maneggio.v4i1.6766.
M. Kes. Dhonna Anggreni., Penerbit STIKes Majapahit Mojokerto 2022. STIKes Majapahit Mojokerto, 2022.
I. Dodiet Aditya Setyawan, HIPOTESIS dan VARIABEL PENELITIAN. Grup Penerbitan CV TAHTA MEDIA GROUP, 2021.
A. D. Santosa, E. Nilawati, R. D. Maryanto, R. Sovitriana, and Y. Maura, “Faktor Penentu Turnover Karyawan PT RIANI Pendekatan Kuantitatif Menggunakan PLS SEM,” 2022. doi: 10.37817/ikraith-humaniora.v7i1.2284.
P. Rifka Agustianti et al., METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF TOHAR MEDIA. CV. Tohar Media, 2022. [Online]. Available: https://toharmedia.co.id
W. Atho’urrohman and M. Hariasih, “Peranan Desain Kemasan, Variasi Produk, dan Harga dalam Keputusan Pembelian Konsumen,” Jurnal Pemberdayaan Ekonomi dan Masyarakat, vol. 1, no. 2, p. 17, May 2024, doi: 10.47134/jpem.v1i2.255.
P. Rifiani, F. Yuni Dharta, and O. Oxcygentri, “Pengaruh Endorse Influencer Fadil Jaidi Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Eksplanatori pada Pengikut Media Sosial Instagram @fadiljaidi),” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 2022, no. 12, pp. 289–301, 2022, doi: 10.5281/zenodo.6944728.
A. Kristinawati, “PENGARUH BRAND IMAGE, PERCEIVED QUALITY DAN EWOM TERHADAP PURCHASE INTENTION MOBIL DI JAKARTA,” Program Studi Magister Manajemen Universitas Tarumanagara, 2020.
M. Yani Balaka and F. Abyan, METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF. Widina Bhakti Persada Bandung, 2022. [Online]. Available: www.penerbitwidina.com
A. Muhson, “T eknik A nalisis Kuantitatif 1 TEKNIK ANALISIS KUANTITATIF,” 2020.
S. S. , M. Kes. Slamet Widodo, M. K. dr.Festy Ladyani, and SKM. , M. K. La Ode Asrianto, “BUKU AJAR METODE PENELITIAN,” PENERBIT CV SCIENCE TECHNO DIRECT PERUM KORPRI, PANGKALPINANG, 2023.
M. Prof. Dr. H.M. Sidik Priadana and S. Pd. , M. M. CHt. Denok Sunarsi, METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Pascal Books, 2021.
M. P. Dr. Imam Machali, METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2021.
A. Zahriyah, M. S. Suprianik, M. Si, A. Parmono, and M. S. Mustofa, EKONOMETRIKA Tekhnik dan Aplikasi dengan SPSS. Mandala Press Anggota APPTI-Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia, 2021.
M. Taufan and M. Z. Azhari, “Pengaruh Promosi, Harga, Dan Fanatisme Terhadap Keputusan Pembelian Jersey Orisinal (Studi Pada Supporter Persib Bandung),” 2022. doi: 10.37817/ikraith-ekonomika.v6i2.2352.
Dina Aulia, “Semangat Suporter Timnas Indonesia : Wujud Nasionalisme Di Arena Sepak Bola Dan Pengaruh Di Kancah Internasional,” WISSEN : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 3, no. 1, pp. 157–169, Dec. 2024, doi: 10.62383/wissen.v3i1.504.
A. Rissan Adam, “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PERSIB BANDUNG DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE SEBAGAI KLUB SEPAK BOLA PROFESIONAL,” Apr. 2021.
M. Aji Buwana, “PERANCANGAN JERSEY SEPAK BOLA KLUB PERSIK KEDIRI PADA GAME PRO EVOLUTION SOCCER 2021,” Jurnal Barik, vol. 4, no. 3, pp. 1–12, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
A. W. Larasati, C. G. Kharisma, M. Nanda, S. Hutamam, and M. Delvin Oknanda, “FANATISME SUPORTER SEPAK BOLA TERHADAP PERILAKU AGRESI,” 2023. [Online]. Available: http://jurnal.dokicti.org/index.php/JCSS/index
R. Yustisia Purwaningtyas, A. Rusdianto Berto, and E. Muwarni, “Di Balik Fanatisme Suporter Indonesia: Mobilisasi Dukungan Politik Melalui Tagar #SepakbolaKanjuruan vs #DukungPSSI 2022,” SNA), Social Media, vol. 7, no. 3, pp. 455–473, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp
C. Cesariana, F. Juliansyah, and R. Fitriyani, “MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE: KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN),” Jurnal Manajemen pendidikan ilmu sosial, vol. 3, no. 1, p. 2022, 2022, doi: 10.38035/jmpis.v3i1.
C. Lystia, R. Winasis, H. S. Widianti, and B. Hadibrata, “DETERMINASI KEPUTUSAN PEMBELIAN: HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN),” Jurnal Manajemen Ilmu Terapan, vol. 3, no. 4, 2022, doi: 10.31933/jimt.v3i4.
P. Hadi and H. Nastiti, “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INDIHOME,” 2021.
D. Hananto, “PENGARUH DESAIN PRODUK, KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK JERSEY SEPEDA DI TANGSEL,” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
J. Handayani, D. Deriawan, and T. W. Hendratni, “Pengaruh Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya pada Kepuasan Konsumen,” Journal of Business and Banking, vol. 10, no. 1, p. 91, Oct. 2020, doi: 10.14414/jbb.v10i1.2261.
Vicky Brama Kumbara1, “DETERMINASI NILAI PELANGGAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN: ANALISIS KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK DAN ENDORSE,” Jurnal Ilmu Manajemen terapan, vol. 2, 2021.
R. Dwijantoro, B. Dwi, and N. Syarief, “PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARKETPLACE SHOPEE,” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, vol. 16, no. 2, p. 63, Jan. 2022, doi: 10.21460/jrmb.2021.162.392.
S. Tirtayasa, A. P. Lubis, and H. Khair, “Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen,” 2021. [Online]. Available: http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/jibm
Ramayani Yusuf 1, Heny Hendrayati2, and Lili Adi Wibowo3, “PENGARUH KONTEN PEMASARAN SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN,” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, vol. 1, no. 2, 2020.
Muhamad Agung Irsyad1 and Indri Ferdiani Suarna2, “PENGARUH FANATISME, KUALITAS PRODUK, DAN PERILAKU KONSUMTIF TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JERSEY DI GRAHA PERSIB BANDUNG,” Jurnal lmu manajemen, Bisnis dan Ekonomi, 2024.
A. Khomsiyah and S. Sanaji, “Pengaruh Loyalitas dan Fanatisme Supporter pada Klub terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Orisinal: Studi pada Supporter Persela Lamongan,” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, vol. 10, no. 2, p. 242, Feb. 2021, doi: 10.30588/jmp.v10i2.756.
A. Alfiah, A. Suhendar, M. Yusuf, P. Studi Administrasi Bisnis, and S. Tinggi Ilmu Administrasi Bandung, “SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco di CV Indosanjaya Kota Bandung,” SEIKO : Journal of Management & Business, vol. 6, no. 1, pp. 492–503, 2023, doi: 10.37531/sejaman.v6i1.3926.
M. Reinout Adonis, Y. Budi Rahayu Silintowe, F. Ekonomika dan Bisnis, U. Kristen Satya Wacana, and R. Artikel, “DESAIN PRODUK, KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GENERASI Y,” Jurnal Capiital Kebijakan ekonomi, Manajemen & Akuntansi, vol. 3, no. 1, 2021.
F. Falah, H. Welsa, and P. D. Cahyani, “Pengaruh Experiential Marketing dan Desain Produk terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Smartphone Xiaomi di Yogyakarta,” J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), vol. 8, no. 2, p. 1646, Oct. 2023, doi: 10.33087/jmas.v8i2.1435.
Rika Hubbina, S. E. , M. E. I. Agustina Mutia, and S. E. , M. Si. , A. Marissa Putriana, “Pengaruh Digital Marketing, Desain Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Distro Kedai Oblong Jambi),” Journal Of Student Research, vol. 1, 2023.
I. Wardani and R. Dermawan, “Pengaruh Brand Image, Korean Wave, Fanatisme dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian,” Ekonomis: Journal of Economics and Business, vol. 7, no. 2, p. 1114, Sep. 2023, doi: 10.33087/ekonomis.v7i2.1357.
M. Misbah and J. Jubaedah, “Fanatisme dalam Praktik Pendidikan Islam,” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, vol. 26, no. 1, pp. 51–64, Aug. 2021, doi: 10.24090/insania.v26i1.4825.
J. Theosofi, P. Islam, T. Islam, D. Fanatisme, P. Sosial, and B. Zulkarnain, “Teologi Islam Dan Fanatisme Perilaku Sosial Beragama,” Theosifi dan peradaban islam Al hikmah, vol. 3, no. 2, pp. 192–210, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/alhikmah
A. Rozaky Akbar, “PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP MINAT BELI Suwitho Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya,” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 2020.
Salvara Tyara Aruna, Misti Hariasih, and Alshaf Pebrianggara, “PENGARUH BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK GARNIER SAKURA GLOW,” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), vol. 8, p. 223, May 2024.
D. Puspitasari, M. Asir, and R. Rahmi, “Efektivitas Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: Literature Review Manajemen Pemasaran,” BUDGETING : Journal of Business, Management and Accounting, vol. 5, no. 1, pp. 90–95, Nov. 2023, doi: 10.31539/budgeting.v5i1.6933.
A. Mariansyah and A. Syarif, “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu,” vol. 3, no. 2, 2020, [Online]. Available: www.investor.iddi
F. Rehansyah, L. N. Simatupang, D. Bisnis, and J. Manajemen, “PENGARUH DESAIN PRODUK, CITRA MEREK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU OLAHRAGA MEREK ADIDAS (Studi pada Mahasiswa FEB Universitas Satya Negara Indonesia,” Jurnal Manajemen USNI, vol. 7, no. 2, 2023, doi: 10.54964/manajemen.
Ogy Irvanto and Sujana, “Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger (Survey Persepsi Komunitas Pecinta Alam di Kota Bogor),” Program Studi Manajemen, Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan, 2020.
ABDUS SALAM, MOEHAMMAD BUDI WIDAJANTO, and MOHAMMAD WASIL, “PENGARUH KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ICE CREAM DIAMOND DI SURABAYA,” Fakultas Bisnis Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya Program Studi Manajemen Pemasaran, vol. 5, 2020.
J. pratama P. Ongky Hermawan and R. U. A. Fauzi, “Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Nilai Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Motor Listrik Di Kota Madiun,” 2023.
Debby Cynthia1, Haris Hermawan2, Ahmad Izzudin3, and 123Universitas Muhammadiyah Jember, “PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN,” Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik, 2022.
P. M. Putri and R. A. Marlien, “Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online,” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), vol. 5, no. 1, pp. 25–36, Jan. 2022, doi: 10.36778/jesya.v5i1.510.
E. Arul Maulana, A. Pebrianggara, and M. Hariasih, “Dampak Gaya Hidup, Pengalaman Belanja, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia,” Jurnal E-Bis, vol. 8, no. 2, pp. 711–723, Oct. 2024, doi: 10.37339/e-bis.v8i2.1744.
Nel Arianty and Ari Andira, “MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen,” Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, vol. 4, 2020, doi: 10.30596/maneggio.v4i1.6766.
M. Kes. Dhonna Anggreni., Penerbit STIKes Majapahit Mojokerto 2022. STIKes Majapahit Mojokerto, 2022.
I. Dodiet Aditya Setyawan, HIPOTESIS dan VARIABEL PENELITIAN. Grup Penerbitan CV TAHTA MEDIA GROUP, 2021.
A. D. Santosa, E. Nilawati, R. D. Maryanto, R. Sovitriana, and Y. Maura, “Faktor Penentu Turnover Karyawan PT RIANI Pendekatan Kuantitatif Menggunakan PLS SEM,” 2022. doi: 10.37817/ikraith-humaniora.v7i1.2284.
P. Rifka Agustianti et al., METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF TOHAR MEDIA. CV. Tohar Media, 2022. [Online]. Available: https://toharmedia.co.id
W. Atho’urrohman and M. Hariasih, “Peranan Desain Kemasan, Variasi Produk, dan Harga dalam Keputusan Pembelian Konsumen,” Jurnal Pemberdayaan Ekonomi dan Masyarakat, vol. 1, no. 2, p. 17, May 2024, doi: 10.47134/jpem.v1i2.255.
P. Rifiani, F. Yuni Dharta, and O. Oxcygentri, “Pengaruh Endorse Influencer Fadil Jaidi Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Eksplanatori pada Pengikut Media Sosial Instagram @fadiljaidi),” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 2022, no. 12, pp. 289–301, 2022, doi: 10.5281/zenodo.6944728.
A. Kristinawati, “PENGARUH BRAND IMAGE, PERCEIVED QUALITY DAN EWOM TERHADAP PURCHASE INTENTION MOBIL DI JAKARTA,” Program Studi Magister Manajemen Universitas Tarumanagara, 2020.
M. Yani Balaka and F. Abyan, METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF. Widina Bhakti Persada Bandung, 2022. [Online]. Available: www.penerbitwidina.com
A. Muhson, “T eknik A nalisis Kuantitatif 1 TEKNIK ANALISIS KUANTITATIF,” 2020.
S. S. , M. Kes. Slamet Widodo, M. K. dr.Festy Ladyani, and SKM. , M. K. La Ode Asrianto, “BUKU AJAR METODE PENELITIAN,” PENERBIT CV SCIENCE TECHNO DIRECT PERUM KORPRI, PANGKALPINANG, 2023.
M. Prof. Dr. H.M. Sidik Priadana and S. Pd. , M. M. CHt. Denok Sunarsi, METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Pascal Books, 2021.
M. P. Dr. Imam Machali, METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2021.
A. Zahriyah, M. S. Suprianik, M. Si, A. Parmono, and M. S. Mustofa, EKONOMETRIKA Tekhnik dan Aplikasi dengan SPSS. Mandala Press Anggota APPTI-Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia, 2021.
M. Taufan and M. Z. Azhari, “Pengaruh Promosi, Harga, Dan Fanatisme Terhadap Keputusan Pembelian Jersey Orisinal (Studi Pada Supporter Persib Bandung),” 2022. doi: 10.37817/ikraith-ekonomika.v6i2.2352.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.