Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Effect of Market Orientation, Product Innovation, and Entrepreneurial Orientation on Marketing Performance of UMKM in Gempol

Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk, dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM di Gempol

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.8300

Keywords:

Market Orientation, Product Innovation, Entrepreneurial Orientation, Marketing Performance

Abstract

This research aims to determine the influence of market orientation, product innovation, and entrepreneurial organization on marketing performance in MSMEs in Gempol. The research uses quantitative methods, descriptive research type. Sampling in this study used the Random Sampling method with a sample size of 100 respondents. This research uses data collection techniques by distributing questionnaires via Google Form. The data analysis technique used in this research uses path coefficient hypothesis testing and indirect effects using the Smart PLS-4 statistical program. The results of this research indicate that market orientation, product innovation and entrepreneurial organization influence marketing performance.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. M. P. Dewi dan N. W. Ekawati, “Peran Keunggulan Bersaing dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran,” E-Jurnal Manajemen Unud, vol. 6, no. 9, pp. 4947–4977, 2017.

M. D. Rahadhini dan Lamidi, “Pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Melalui Keunggulan Bersaing di Kota Solo,” J-MKLI (Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia), vol. 4, no. 2, p. 81, 2020.

S. Tirtayasa, “The Influence of Entrepreneurship Orientation and Market Orientation on the Performance of Small and Medium Enterprises Mediated by Competitive Advantage,” Enrichment: Journal of Management, vol. 12, no. 2, pp. 1825–1839, 2022.

H. A. Setyawati, “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Perusahaan melalui Keunggulan Bersaing dan Persepsi Ketidakpastian Lingkungan sebagai Prediksi Variabel Moderasi (Survey pada UMKM Perdagangan di Kabupaten Kebumen),” Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, vol. 12, no. 2, pp. 20–32, 2013.

I. A. C. S. Mandasari, “Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Industri Mikro Kecil Makanan di Kota Denpasar),” Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ), vol. 2, no. 2, pp. 56–62, 2020.

I. Ogi, J. Massie, dan A. Lapian, “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada PT. BPR Prisma Dana Amurang,” Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 4, no. 1, pp. 1330–1339, 2016.

N. D. Yanuar dan Harti, “Pengaruh Inovasi Produk dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Penjualan pada Home Industri Olahan Ikan di Kabupaten Trenggalek,” Jurnal Manajemen Pemasaran, vol. 14, no. 2, pp. 51–60, 2020.

R. A. Fatmawati, “Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran,” Journal of Chemical Information and Modeling, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

D. Calvin dan A. Andi, “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Usaha UKM di Jakarta Barat,” Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, vol. 2, no. 4, p. 863, 2020.

N. G. A. J. Medhika, I. G. A. K. Giantari, dan N. N. K. Yasa, “Peran Keunggulan Bersaing dalam Memediasi Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dengan Kinerja UKM,” INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, vol. 1, no. 2, pp. 183–195, 2018.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, “Sekilas SDGs Indonesia.” [Online]. Available: https://sdgs.bappenas.go.id/sekilas-sdgs/

K. Ahmad, Akuntansi Manajemen: Dasar-Dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan, Jakarta: Rajagrafindo, 2014.

F. Tjiptono, G. Chandra, dan D. Adriana, Pemasaran Strategik, Yogyakarta: ANDI, 2008.

D. W. Cravens dan N. F. Piercy, Strategic Marketing, Singapore: McGraw-Hill Companies, 2013.

P. Kotler, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Indeks, 2009.

A. Nasir, “Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran Industri Mebel di Kabupaten Pasuruan,” Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, vol. 6, no. 2, pp. 17–23, 2018.

Makmur dan R. Thahier, Inovasi dan Kreativitas Manusia, Bandung: PT Rafika Aditama, 2015.

D. Higgins, T. C. Omer, dan J. D. Phillips, “The Influence of a Firm’s Business Strategy on Its Tax Aggressiveness,” Contemporary Accounting Research, vol. 32, no. 2, pp. 674–702, 2015.

P. Kotler dan K. L. Keller, Manajemen Pemasaran, ed. 12, jilid 1 & 2, Jakarta: PT Indeks, 2016.

P. K. Ahmed dan C. D. Shepherd, Innovation Management, New Jersey: Pearson Education, Inc., 2010.

A. Ginsberg, “Measuring Changes in Entrepreneurial Orientation Following Industry Deregulation: The Development of a Diagnostic Instrument,” Proceedings of International Council of Small Business, 2011.

M. Isa, “Analisis Kompetensi Kewirausahaan, Orientasi Kewirausahaan dan Kinerja Industri Mebel,” Jurnal Manajemen dan Bisnis, vol. 15, no. 2, 2011.

A. Fayolle, Handbook of Research in Entrepreneurship Education, Volume 1: A General Perspective, Cornwall: MPG Books Ltd., 2007.

Kuswanti dan D. Prihandono, “Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing,” Management Analysis Journal, vol. 4, no. 3, pp. 265–272, 2017.

Elondri, Yurasti, M. Yuliza, R. R. Alhempi, dan N. Anggraini, Kinerja Pemasaran Industri Kecil Menengah, 1st ed., Jawa Tengah: Pena Persada, 2022.

A. Z. Nasution, Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2014.

A. Leal-Rodriguez dan G. Albort-Morant, “Linking Market Orientation, Innovation and Performance: An Empirical Study on Small Industrial Enterprises in Spain,” Journal of Small Business Strategy, vol. 26, no. 1, 2016.

N. Maslucha dan Sanaji, “Pengaruh Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran melalui Inovasi,” Jurnal Ilmu Manajemen, vol. 1, no. 4, 2013.

S. M. Manambing, S. Mandey, dan M. V. J. Tielung, “Analisis Pengaruh Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus UMKM Kuliner Tinutuan di Manado),” Jurnal EMBA, vol. 6, no. 4, pp. 3810–3820, 2018.

A. K. Kohli dan B. J. Jaworski, “Market Orientation: The Construct, Research Propositions, and Management Implications,” Journal of Marketing, vol. 54, no. 1, pp. 1–18, 1990.

M. C. Mursid et al., Menanamkan Nilai Inovasi Berbasis Syariah untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Produk Baru di Industri Keuangan Mikro Syariah, Jawa Tengah: Khairunnisa, 2019.

K. Khotimah, A. U. Wutsqo, dan M. Huda, “Peningkatan Kinerja Pemasaran melalui Inovasi Produk dan Orientasi Kewirausahaan (Studi pada Usaha Kecil dan Mikro Alat Pel Desa Damarjati),” Jurnal Sketsa Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 76–84, 2017. [Online]. Available: https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/sketsabisnis/index

M. F. Nizam, E. Mufidah, dan V. Fibriyani, “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing terhadap Pemasaran UMKM,” Jurnal EMA, vol. 5, no. 2, pp. 100–109, 2020.

J. Rompis, L. Mananeke, dan D. Lintong, “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Usaha Kerajinan Kayu di Kecamatan Tagulandang Kabupaten Sitaro),” Jurnal EMBA, vol. 10, no. 3, pp. 447–457, 2022.

A. Firmansyah, Pemasaran (Dasar dan Konsep), Pasuruan: Qiara Media, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2017.

Mukson, Hamidah, dan A. S. Prabuwono, Lingkungan Kerja dan Orientasi Kewirausahaan, 1st ed., Jawa Tengah: Lekeisha, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.

Posted

2025-07-03