Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Self-Control as an Intervening Variable in the Determinants of Consumptive Behavior in PayLater Usage

Kontrol Diri sebagai Intervening pada Determinan Perilaku Konsumtif Penggunaan PayLater

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.8233

Keywords:

Consumptive Behavior, Financial Literacy, Lifestyle, Risk, Self Control, Paylater

Abstract

The development of digital technology has influenced consumer behavior, especially among Millennials and Generation Z, through the convenience of payment services such as PayLater. This study aims to analyze the influence of financial literacy, lifestyle, and risk on the consumptive behavior of PayLater users, with self-control as a mediating variable. A quantitative approach was employed with a sample of 96 respondents from Sidoarjo District, selected using the Lemeshow formula. The results show that financial literacy, lifestyle, and risk significantly influence both consumptive behavior and self-control. Furthermore, self-control has a significant impact on consumptive behavior and successfully mediates the relationship between the three independent variables and consumptive behavior. These findings highlight the importance of self-control in mitigating the negative effects of PayLater usage and the need to enhance financial literacy and promote a financially responsible lifestyle

Downloads

Download data is not yet available.

References

G. Rahmawati and E. Mirati, “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee PayLater Pada Generasi Milenial,” Pros. SNAM PNJ, pp. 1–10, 2022.

C. M. Annur, “Shopee Paylater, Layanan Paylater Paling Banyak Digunakan pada 2021,” Databoks. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/8d5ae01794c2567/shopee-paylater-layanan-paylater-paling-banyak-digunakan-pada-2021

N. Muhamad, “8 Layanan Paylater Terpopuler di Indonesia, Shopee Paylater Juara,” Databoks. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/keuangan/statistik/1c97d81669f0cb7/8-layanan-paylater-terpopuler-di-indonesia-shopee-paylater-juara

K. D. Yanti, “Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Ibu Rumah Tangga Di Desa Panji Anom,” Pharmacogn. Mag., vol. 75, no. 17, pp. 399–405, 2021.

P. I. S. Sejahtera, “Waspada! Gagal Bayar Tagihan Mempengaruhi Kualitas Kredit Skoring,” Cairin. [Online]. Available: https://www.cairin.id/blog/article/awas-gagal-bayar-tagihan-mempengaruhi-kualitas-kredit-skoring/

A. Z. dan D. Yusri, Pengaruh Financial Literacy, Life Style Dan Penggunaan Electronic Money (E- Money) Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI UIN SYAHADA PADANGSIDIMPUAN, vol. 7, no. 2. 2020.

D. Aprilia and S. D. Firmialy, “Pengaruh Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Dalam Menggunakan Layanan Shopeepay Pada Generasi Y Dan Z Di Kota Bandung,” J. Manag. Bus., vol. 5, no. 2, pp. 178–200, 2022, doi: 10.37531/sejaman.v5i2.2893.

& Y. Julita, E., B, I., “Pengaruh Penggunaan Shopee Paylatter terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 8(03), pp. 2953–2957, 2022, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6775

M. F. Fernando, “Pengaruh Layanan PayLater Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Pada Generasi Milenial Di Kota Yogyakarta,” J. Ris. Manaj., vol. 11, no. 2, pp. 141–155, 2024.

H. N. Ani, P. Belinda, A. Mahmudah, and I. Indira, “Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif dan Locus of Control Pada Penggunaan Shopee Paylater,” J. Trends Econ. Account. Res., vol. 4, no. 2, pp. 509–516, 2023, doi: 10.47065/jtear.v4i2.1082.

D. Rika Widianita, “Pengaruh Literasi Keuangan, Pengendalian Diri Dan Pengaruh Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna PayLater Pada E-Commerce,” AT-TAWASSUTH J. Ekon. Islam, vol. VIII, no. I, pp. 1–19, 2023.

N. Shintya, “Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Dan Uang Elektronik Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Kontrol Diri Sebagai Variabel Intervening,” vol. 2045, 2017.

Mardiati Barus, Samfriati Sinurat, and Intan Kasih Butarbutar, “Hubungan Kontrol Diri Dengan Gaya Hidup Hedonisme Pada Siswa Kelas Xi Sma Kristen Kalam Kudus Medan Tahun 2021,” J. Antara Keperawatan, vol. 5, no. 3, 2022, doi: 10.37063/antaraperawat.v5i3.780.

D. C. Maliki, “Pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa iain manado,” 2023.

N. Umami and M. Maryani, “Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomiuniversitas Bhinneka Pgri Semester Viii Tahun Akademik 2021/2022,” ARMADA J. Penelit. Multidisiplin, vol. 1, no. 9, pp. 971–979, 2023, doi: 10.55681/armada.v1i9.824.

M. Mellisa and R. Rosmida, “Pengaruh Literasi Keuangan, Promosi Penjualan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Paylater,” J. Akunt. dan Bisnis, vol. 9, no. 1, pp. 41–51, 2023, doi: 10.47686/jab.v9i1.582.

T. Y. Pratiwi, “Pengaruh Motivasi, Gaya Hidup, dan Dompet Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember,” Skripsi. Progr. Stud. Ekon. Syariah Univ. Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, pp. 1–143, 2023.

S. E. Sholehah and E. Amaniyah, “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Risiko Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dengan Penggunaan Fintech Peyment (Paylater) Pada Shopee Sebagai Variabel Intervening,” Competence J. Manag. Stud., vol. 18, no. 1, pp. 79–94, 2024.

M. Ridwan, I. Harahap, and P. Harahap, “Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat dalam Perspektif Ekonomi Islam,” J. Ekon. Dan Bisnis Islam, vol. 3, no. 2, pp. 132–147, 2019, doi: 10.32505/v3i2.1241.

Fachrurrozi and Alchudri, “Analisis Perilaku Berbelanja Online Konsumen Muslim Dalam Perspektif Gender Di Provinsi Riau (Ditinjau dari Perceived Risk, Service Infrastructure, dan Acquisition Utility),” Marwah J. Perempuan, Agama dan Jender, vol. 15, no. 1, p. 78, 2016, doi: 10.24014/marwah.v15i1.2639.

N. Putu, N. Anggraeni, and G. S. Darma, “Pengaruh Kemudahan, Risiko, Gaya Hidup, dan Kepercayaan Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee Paylater di Indonesia,” JPEK (Jurnal Pendidik. Ekon. dan Kewirausahaan), vol. 7, no. 2, pp. 625–639, 2023, doi: 10.29408/jpek.v7i2.21450.

R. Adinda, “Panduan Pengendalian Diri/Self Control.,” 2022.

F. U. Albab, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2017),” Skripsi, 2020.

H. G. Gesiradja, “Masyarakat, khususnya generasi muda, cenderung lebih memilih cara belanja yang praktis dan instan. Fenomena ini didorong oleh kemajuan teknologi informasi dan meningkatnya akses terhadap platform fintech yang menyediakan layanan PayLater. Namun, penggunaa,” Pharmacogn. Mag., vol. 75, no. 17, pp. 399–405, 2021.

A. I. Hidayat and R. A. Rahayu, “Due Professional Care as Moderation Between Audit Fee, Self Efficacy and Audit Capacity Stress on Audit Quality Due Professional Care Sebagai Moderasi Antara Audit Fee, Self Efficacy dan Audit Capacity Stress Terhadap Kualitas Audit,” UMSIDA Prepr. Serv., no. 1, pp. 1–13, 2024.

M. D. Astuti et al., “Pengaruh Kemudahan Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Lifestyle Sebagai Variabel Moderasi,” vol. 10, no. 5, pp. 2893–2899, 2024.

L. Anjarwati, S. H. Hasyim, and P. Konsumtif, “Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Akuntansi Pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Gowa,” vol. 3, no. 4, pp. 47–54, 2023.

D. A. Roin, M. N. Ilham, R. L. Firmansyah, R. Aviani, and B. Firmansyah, “Literasi Keuangan Dan Perilaku Konsumtif: Analisis Literasi Keuangan Dalam Pengambilan Keputusan Di Kalangan Mahasiswa.,” Ekon. dan Manaj. Univ. Budi Luhur, vol. 13, no. 2, pp. 168–176, 2024.

E. Purnama, “Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswi Fakultas Psikologi Stambuk 2019 di Universitas Medan Area,” pp. 1–69, 2022, [Online]. Available: https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/18326%0Ahttps://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/18326/1/178600448 - Elia Purnama - Fulltext.pdf

N. L. Patricia and S. Handayani, “Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Pramugari Maskapai Penerbangan ‘X,’” J. Psikol., vol. 12, no. 1, pp. 10–17, 2014.

Auskarni, “Pengaruh Gaya Hidup Dan Konsep Diri Terhadap Perilku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar,” J. Ecodemica J. Ekon. Manajemen, dan Bisnis, pp. 1–7, 2021.

S. Pratiwi, “TAM DAN Persepsi Risiko Pada Perilaku Konsumsi Menggunakan Aplikasi Mobile (Studi Pada Jasa Transportasi Online Di Indonesia),” Univ. Islam Indones., vol. 6, no. 1, p. 108, 2018, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6758

Anisah, “Pengaruh Literasi Keuangan, Kontrol Diri, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Tadris IPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta),” Repos. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pp. 1–23, 2021.

C. L. Imaniar Amalia Soliha, Sihabudin, “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Pada Generasi Z,” AT-TAWASSUTH J. Ekon. Islam, vol. VIII, no. I, pp. 1–19, 2023.

R. Chairiah and Q. R. Siregar, “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Uang Saku Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Self Control Sebagai Variabel Mediasi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara,” SOSEK J. Sos. dan …, vol. 3, no. 2, pp. 84–98, 2022.

E. E. Amelia Jihan Setianingsih, Bambang Sutikno, “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Universitas Merdeka Pasuruan,” MUSYTARI, vol. 7, no. 5, 2024.

M. A. Wibowo, “Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa,” vol. 15, no. 1, pp. 37–48, 2024.

F. Nur Azizah and E. Sri Indrawati, “Kontrol Diri Dan Gaya Hidup Hedonis Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro,” J. Empati, vol. 4, no. 4, pp. 156–162, 2015, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/14313

R. Basalamah, N. Nurdin, A. Haekal, N. Noval, and A. Jalil, “Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech) Gopay Pada Generasi Milenial Di Kota Palu,” J. Ilmu Ekon. dan Bisnis Islam, vol. 4, no. 1, pp. 57–71, 2022, doi: 10.24239/jiebi.v4i1.93.57-71.

H. N. Amilina and R. N. Khoirunnisa, “Kontrol Diri dan Risk Taking Behavior pada Remaja Perokok,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 4, no. 3, pp. 13349–13357, 2024.

S. Wijaya, M. Y. Suparman, and J. Chandhika, “Relationship Between Self-Control and Youth Risk Behavior in Teenagers,” vol. 478, no. Ticash, pp. 636–641, 2020, doi: 10.2991/assehr.k.201209.100.

E. S. I. Bagas Tripambudi, “Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Gadget Pda Mahasiswa Teknik Industri Universitas Diponegoro,” Empati, vol. 7, no. April, pp. 189–195, 2018.

F. A. Dzihan, “Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Produk Kecantikan Pada Mahaisiswi,” pp. 31–32, 2022.

I. M. Izazi, E. Nuraina, and F. Styaningrum, “Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Self Control Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Pgri Madiun),” Rev. Account. Bus., vol. 1, no. 1, pp. 35–43, 2020, doi: 10.52250/reas.v1i1.333.

H. Ilhamalimy, R. R., Ali, “Risiko Dan Kepercayaan Model : E Wom Dan Pembelian Niat (Peran Trust Mediating Di Online Belanja Di Shopee Indonesia),” vol. 2, pp. 204–221, 2021.

N. A. Oktaviani, “Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Anak Usia Dini Di Pondok Labu Jakarta Selatan,” vol. 15, no. 1, pp. 37–48, 2024.

H. S, “Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif,” Metod. Penelit. Bisnis Bandung, p. 264, 2016.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D,” Alfabeta, vol. 39, pp. 979-8433-71–8., 2016.

P. D. Sugiyono, “Metode Penelitian Komunikasi,” 2019. doi: 10.14710/jdep.1.3.35-45.

A. D. Darmawan, “Penduduk Kab. Sidoarjo pada 2023,” Databoks. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/demografi/statistik/bcceae896c32cfa/21-24-penduduk-kab-sidoarjo-pada-2023-dengan-usia-0-14-tahun

S. H. Rosyida and R. Priantilianingtiasari, “Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Pelanggan Dan Letak Geografis Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Via Salon Trenggalek,” J. Maneksi, vol. 12, no. 3, pp. 656–665, 2023, doi: 10.31959/jm.v12i3.1613.

dan W. Y. E. Rosita, W. Hidayat, “Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial,” FOKUS (Kajian Bimbing. Konseling dalam Pendidikan),” vol. 4, no, p. 279, 2021, doi: doi: 10.22460/fokus.v4i4.7413.

D. R. F. A. Alodya Ann Gita Alfa, “ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEPUTUSAN KONSUMEN DENGAN STRUCTURAL EQUATION MODELING PARTIAL LEAST SQUARE,” Int. Conf. Infrared, Millimeter, Terahertz Waves, IRMMW-THz, no. doi: 10.1109/IRMMW-THz.2014.6956015, pp. 59–71, 2018.

L. Hananda, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN PAYLATER,” p. 141, 2022.

A. S. Febyanti and R. A. Rahayu, “Determinants Of Interest In Using Paylater In Accounting Students Of Muhammadiyah Sidoarjo University With Riba As Moderation [ Determinan Minat Menggunakan Paylater Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Dengan Riba Sebagai Pemoderasi,” no. April, pp. 1–14, 2022.

R. Dwi Marsela and M. Supriatna, “Kontrol Diri: Definisi dan Faktor,” J. Innov. Couns. Theory, Pract. Res., vol. 3, no. 2, pp. 65–69, 2019, [Online]. Available: http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling

Posted

2025-06-10