The Influence of Financial Literacy, Lifestyle, and Self Control on The Consumptive Behavior of Muhammadiyah University of Sidoarjo Students as Shopee Users
Pengaruh Financial Literacy, Lifestyle, dan Self-Control Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Sebagai Pengguna Shopee
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.8232Keywords:
Financial Literacy, Lifestyle, Self Control, Consumer BehaviorAbstract
This study is intended to examine the influence of financial literacy, lifestyle and self-control on the Consumer Behavior of Students of the Muhammadiyah University of Sidoarjo. This type of research uses a quantitative descriptive research method. The location of the research conducted by the author to test the hypothesis is at the Muhammadiyah University of Sidoarjo which is located at Jalan Mojopahit No.666 B,
Sidowayah, Celep, Kec. Sidoarjo, Sidoarjo Regency, East Java Province, Postal Code 61215. The number of respondents in this study was 86 people. This study uses primary data questionnaires with a Likert scale processed using SmartPLS version 4 with validity tests and reliability tests. The results obtained are financial literacy, lifestyle and self-control are significant to consumer behavior.
Downloads
References
M. A. Alfiyansyah, S. Alamsyah, and H. Tanjung, “Pengaruh E-Commerce, Literasi Keuangan, dan Literasi Digital terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa,” J. Revenue J. Akunt., vol. 5, no. 1, pp. 972–979, 2024.
D. N. M. Estu Pramudita, “Pengaruh Gaya Hidup , Marketing Effect , Modernitas Individu dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Mahasiswa ( Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K . H . dengan mudah mengakses aplikasi maupun berbagai situs b,” J. Penelit. Ekon. Manaj. dan Bisnis, vol. 3, no. 4, 2024.
S. Mulyati, “Pengaruh Transaksi E-Commerce Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa,” J. Pendidik. Ekon., vol. 8, no. 1, pp. 1–13, 2023.
N. A. Dudung Abdullah, Engkun Kurnadi, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka,” J. Akunt. Kompetif, vol. 4, no. 1, p. 24, 2021.
D. Perdana Oskar, R. Wenda Prinoya, W. Novita, and H. Johan, “E-Commerce, Literasi Keuangan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online melalui Platform TikTok,” J. Ekobistek, vol. 11, pp. 442–447, 2022, doi: 10.35134/ekobistek.v11i4.434.
A. Ahdiat, “5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2023,” katadata.co.id, 2023. https://images.app.goo.gl/rQBbe6k1zbraXxVX9
F. Aurelia, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Self Control terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Kos,” Monet. - J. Akunt. dan Keuang., vol. 11, no. 1, pp. 7–14, 2024, doi: 10.31294/moneter.v11i1.17470.
N. Nurjannah, N. Nurdiana, and A. T. Ampa, “Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi sebagai Dampak Perkembangan E-Commerce,” J. Pendidik. Ekon., vol. 11, no. 2, pp. 186–192, 2023, doi: 10.26740/jupe.v11n2.p186-192.
T. Fungky, T. P. Sari, and V. F. Sanjaya, “Pengaruh Gaya Hidup Serta Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z pada Masa Pandemi (Studi Kasus Mahasiswa/I Manajemen Bisnis Syariah, Uin Raden Intan Lampung Angkatan 2019),” J. Valuasi J. Ilm. Ilmu Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 1, no. 1, pp. 82–98, 2021.
B. S. Hermawan Sigit, “Buku Ajar Akuntansi Perilaku,” p. 29, 2019.
U. Aimen and D. H. Tobing, “Pengaruh Kontrol Diri Rendah terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Remaja,” PsikobuletinBuletin Ilm. Psikol., vol. 3, no. 2, p. 93, 2022, doi: 10.24014/pib.v3i2.9930.
A. Novianti and R. A. Suwaidi, “Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswa,” vol. 7, no. 2018, 2024.
D. Rika Widianita, “Pengaruh Pembayaran non Tunai (E-walet) Terhadap Prilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial FKIP Universitas Mulawarman,” AT-TAWASSUTH J. Ekon. Islam, vol. VIII, no. I, pp. 1–19, 2023.
H. A. Nadhifah, M. Arif, B. Sucipto, H. Sudibyo, U. P. Tegal, and M. Arif, “Tingkat Perilaku Konsumtif Generasi Z Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Pancasakti,” J. Fokus Konseling, vol. 10, no. 1, pp. 17–27, 2024.
A. M. Firdaus and S. Hermawan, “The Influence of Financial Literacy and Spending Habits on Shopping Decisions in Market With Personal Preference as a Moderation Variable [ Pengaruh Literasi Keuangan dan Spending Habit Terhadap Keputusan Berbelanja di Marketplace Dengan Keuangan Pribadi ,” pp. 1–12, 2023.
D. Leonita and S. Wulandari, “Pengaruh Fitur Shopee Paylater, Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online Di Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Progam Studi Manajemen Angkatan 2020),” J. Manaj. Terap. dan Keuang., vol. 13, no. 02, pp. 554–566, 2024, doi: 10.22437/jmk.v13i02.33657.
M. Z. Kurniawan, “Peran Literasi Keuangan, Harga, Dan Promosi Penjualan Pada Perilaku Konsumtif Generasi Z,” Ekonika J. Ekon. Univ. Kadiri, vol. 8, no. 1, pp. 151–162, 2023, doi: 10.30737/ekonika.v8i1.3636.
I. S. N. Fauzi and A. Sulistyowati, “Literasi Keuangan Dan Perilaku Keuangan Berpengaruh Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Player Call Of Duty: Mobile,” J. Kaji. Ilm., vol. 22, no. 2, pp. 129–142, 2022, doi: 10.31599/jki.v22i2.730.
A. Kurniawan, S. Mulyati, and L. Tribuana, “Pengaruh Literasi Keuangan, Kontrol Diri, Konformitas Hedonis, Penggunaan Electronic Money, Gaya Hidup dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumti,” JASS (Journal Account. Sustain. Soc., vol. 4, no. 02, pp. 1–24, 2023, doi: 10.35310/jass.v4i02.1011.
Grace Sriati Mengga, Mince Batara, and Evi Rimpung, “Pengaruh Literasi Keuangan, E-Money, Gaya Hidup Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Toraja,” J. Ris. Akunt., vol. 1, no. 1, pp. 36–50, 2023, doi: 10.54066/jura-itb.v1i1.123.
T. N. C. Ranupadma and L. Kurniawati, “Influence of e-commerce, social media, financial technology (fintech) and lifestyle on the increase in consumer activity of students (study on students of the faculty of economics and business, universitas muhammadiyah surakarta),” COSTINGJournal Econ. Bus. Account., vol. 7, no. 3, pp. 6074–6084, 2024.
Y. Wulandari, S. W. Yanuari, P. P. Ekonomi, and U. B. Pgri, “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa-Siswi Kelas XI SMAN 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022,” JPEK (Jurnal Pendidik. Ekon. dan Kewirausahaan), vol. 6, no. 2, pp. 344–355, 2022, doi: 10.29408/jpek.v6i2.6707.
S. Pokhrel, “Pengaruh Iklan, Konformitas Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Menurut Etika Ekonomi Islam,” Αγαη, vol. 15, no. 1, pp. 37–48, 2024.
A. . Samhudi and S. R. R. Pardani, “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pegawai (Studi Kasus Pada Spbu 61.707.01 61.707.01 Banjarbaru),” AL-ULUM J. Ilmu Sos. dan Hum., vol. 9, no. 2, p. 103, 2023, doi: 10.31602/alsh.v9i2.12709.
R. E. Simarmata, I. S. Saerang, and L. J. Rumokoy, “Pengaruh Literasi Keuangan, Digital Payment, dan Self Control Perilaku Konsumtif Mahasiswa di FEB Univ Sam Ratulangi,” J. EMBA, vol. 12, no. 1, pp. 462–475, 2024.
R. Hartati, E. Rosmanidar, and Y. Safitri, “Pengaruh Literasi Keuangan , Gaya Hidup dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif dalam Islam Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi,” J. Student Res., vol. 1, no. 4, pp. 119–137, 2023.
M. Nurfatimah, H. Suherti, and Kurniawan, “Pengaruh Self Concept Dan Self Control Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Di E-Commerce,” J. Ekon. Kreat. Dan Manaj. Bisnis Digit., vol. 1, no. 4, pp. 546–557, 2023, doi: 10.55047/jekombital.v1i4.486.
H. M. Eko Wardoyo, “Pengaruh Life Style,Self Control,Penggunaan E-Money dan Financial Literacy Terhadap Prilaku Konsumtif Mahasiswa Melakukan Online Shopping,” COSTINGJournal Econ. Bus. Account., vol. 7, no. 6, 2024.
D. Prihatini and A. Irianto, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa,” J. Ecogen, vol. 4, no. 1, p. 24, 2021, doi: 10.24036/jmpe.v4i1.11035.
N. Fadhilah, “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Belanja Online, Gaya Hidup dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa,” J. Bus. Appl. Manag., vol. 16, no. 2, p. 141, 2023, doi: 10.30813/jbam.v16i2.4293.
I. M. Izazi, E. Nuraina, and F. Styaningrum, “Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Dengan Self Control Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Pgri Madiun),” Rev. Account. Bus., vol. 1, no. 1, pp. 35–43, 2020, doi: 10.52250/reas.v1i1.333.
D. Dilasari, S. Mulyati, and A. Kurniawan, “Pengaruh Financial Literacy, Life Style, Locus of Control Dan Demografi Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial Di Kota Subang,” JASS (Journal Account. Sustain. Soc., vol. 2, no. 02, pp. 56–77, 2021, doi: 10.35310/jass.v2i02.671.
P. I. Sudiro and N. Asandimitra, “Pengaruh Financial Literacy, Uang Elektronik, Demografi, Gaya Hidup, Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial,” J. Ilmu Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 160–172, 2022.
A. B. S. Yoga Ilham Pratama, “The Impact Of Hedonic Lifestyle, Financial Literacy And Social Environtment On Students’ Consumtive Behaviour,” Manag. Stud. Entrep. J., vol. 5, no. 2, pp. 3190–3197, 2024.
D. I. N. Tantri, N. Hidayati, and A. S. Novianto, “Pengaruh Kelompok Rujukan, Gaya Hidup Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Aplikasi Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UNISMA Angkatan 2021),” Riset, J. Prodi, Manaj. Fak. Manaj. Unisma, Bisnis, vol. 13, no. 01, pp. 510–518, 2023.
I. G. L. P. Putra and N. K. Sinarwati, “Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha,” J. Manaj. Perhotelan dan Pariwisata, vol. 6, no. 2, pp. 717–726, 2023, doi: 10.23887/jmpp.v6i2.71877.
B. K. Abavi, R. Mahmudin, and V. F. Sanjaya, “Pengaruh Gaya Hidup Dan Tingkat Penghasilan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa,” J. Dedik. untuk Negeri, vol. 1, no. 2, 2023, doi: 10.36269/jdn.v1i2.1310.
M. M. Sari, T. A. Nengsih, and A. Syahrizal, “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Angkatan 2018-2019,” J. Creat. Student Res., vol. 1, no. 2, pp. 137–151, 2023.
A. M. Udayani, A. M. Salim, and I. Athia, “Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Universitas Silam Malang),” e – J. Ris. Manaj., vol. 12, no. 2, pp. 2302–7061, 2020.
F. Herlina and I. A. Sari, “Pengaruh Literasi Keuangan, Pengelolaan Uang Saku dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang,” J. Spirit Edukasia, vol. 03, no. 02, pp. 306–314, 2023.
P. H. Rachman Arif, Yochanan, Samanlangi Andi Ilham, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Rd. 2024.
A. Sigit Hermawan, “Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif,” 2016.
D. Ardiva Zakia, Asri Ayu Adisti, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelas Sosial: Gaya Hidup, Daya Beli Dan Tingkat Konsumsi (Literature Review MSDM),” J. Ilmu Manaj. Terap., vol. 3, no. 5, pp. 2–9, 2022.
A. Anggraini, “YUME : Journal of Management Pengaruh Perilaku , Sikap Keuangan , Gaya Hidup , Pengetahuan Keuangan , Pendapatan dan Kontrol Diri Terhadap Keputusan Berinvestasi Karyawan Usia Produktif di Jakarta,” YUME J. Manag., vol. 5, no. 3, pp. 51–61, 2022, doi: 10.37531/yume.vxix.45674.
Salma Egita Fitri Subagyo and Jojok Dwiridotjahjono, “Pengaruh Iklan, Konformitas Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce Shopee Di Kota Mojokerto,” E-Bisnis J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 14, no. 1, pp. 26–39, 2021, doi: 10.51903/e-bisnis.v14i1.342.
Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. 2020.
S. Hermawan and W. Hariyanto, Buku Ajar Metode Penelitian Bisnis (Kuantitatif Dan Kualitatif ). 2022. doi: 10.21070/2022/978-623-464-047-2.
Y. N. Hendeiza Ayu Dinanti, “Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Kontrol Diri Dan Penggunaan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Di Kota Pekanbaru,” EKOMA J. Ekon. Manajemen, Akunt., vol. 4, no. 1, pp. 1262–1275, 2024.
S. L. Marwiyah, M. Ainulyaqin, and S. Edy, “Analisis Pengaruh Perilaku Konsumtif Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Online Shopping Pada E-Commerce Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 9, no. 3, p. 4279, 2023, doi: 10.29040/jiei.v9i3.10783.
I. N. Aeni, L. E. Fitri, and M. Roihan, “Pengaruh E-Payment , Literasi Keuangan Syariah dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dalam Perspektif Ekonomi Islam,” vol. 8, no. 2, pp. 147–162, 2024.
D. Aunu and R. Azhari, “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Universitas Batanghari Jambi,” SJEE (Scientific Journals Econ. Educ., vol. 7, no. September, pp. 68–72, 2023.
N. I. Lestari, M. Ramadani, and S. Sutikno, “Peran E-Lifestyle, Budaya Digital, Dan E-Payment Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Y Dalam Bertransaksi di E- Commerce,” Ekombis Sains J. Ekon. Keuang. dan Bisnis, vol. 7, no. 2, pp. 173–186, 2022, doi: 10.24967/ekombis.v7i2.1844.
R. D. T. Haryana, “Pengaruh Life Style, Self Control Dan Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Melakukan Online Shopping,” Equilib. J. Ekon., vol. 16, no. 1, p. 29, 2020, doi: 10.30742/equilibrium.v16i1.805.
J. Ekonomi and D. Perbankan, “Pengaruh Lifestyle, Literasi Keuangan, Kontrol Diri, Dan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Akuntansi Di Surakarta Tri,” J. Ekon. Dan Perbank., vol. 9, no. 2, pp. 194–204, 2024.
B. E. Shofiyyatun Nabila, M. Trihudiyatmanto, “Kontrol Diri Sebagai Mediasi Pengaruh Penggunaan Uang Elektronik, Gaya Hidup, Dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Kota Depok,” vol. XIII, no. 1, pp. 9–20, 2025.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.