The Influence of Product Quality, E-Commerce, Brand Image and Price on Purchasing Decisions with Purchase Interest as an Intervening Variable (Study on Al-Khatib Collection Fashion House, Bangil City)
Pengaruh Kualitas Produk, E-Commerce, Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Rumah Busana Al-Khatib Collection Kota Bangil )
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.8039Keywords:
Product Quality, E-Commerce;, Brand Image, Price, Buying Interest, Buying DecisionsAbstract
This study analyzes the influence of product quality, e-commerce, brand image, and price on purchasing decisions for Abaya products at Rumah Busana Al-Khatib Collection, with purchase intention as an intervening variable. A quantitative approach was used with 100 respondents selected through purposive sampling. Data analysis was conducted using SEM-PLS via the SmartPLS application. The results show that product quality, e-commerce, and brand image have a positive and significant effect on purchasing decisions, while price does not have a significant impact. Purchase intention has a significant direct effect on purchasing decisions. These findings offer insights for business owners to develop more effective marketing strategies to enhance competitiveness and customer satisfaction.
Downloads
References
N. Herlissha and T. Fitari, “Pengaruh Digital Marketing, Kepercayaan Konsumen dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Di Era Pandemi Covid 19,” Equity: Jurnal Ekonomi, vol. 9, no. 2, 2021, doi: 10.33019/equity.v9i2.66.
N. F. Ayu, Y. Agata, M. Satriani, A. Asnaini, and D. Arisandi, “Kepuasan Belanja Fashion Online dan Offline (Studi pada Muslimah Kecamatan Selebar Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu),” Ekonomis: Journal of Economics and Business, vol. 6, no. 1, 2022, doi: 10.33087/ekonomis.v6i1.446.
F. Octaviani and F. Selamat, “Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap Intensi Pembelian Produk Fashion Melalui Kepercayaan Merek Pada Pengguna Instagram Di Jakarta,” Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, vol. 7, no. 2, 2023, doi: 10.24912/jmieb.v7i2.23151.
C. M. Puspita and A. Budiatmo, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi Di Kota Semarang),” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 9, no. 3, 2020, doi: 10.14710/jiab.2020.28079.
A. Andriani, I. Karuehni, and A. Mahrita, “Pengaruh E-Commerce dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Wardah (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya),” Jurnal Manajemen Sains dan Organisasi, vol. 3, no. 3, 2023, doi: 10.52300/jmso.v3i3.8233.
T. M. Napitupulu, A. L. Tumbel, and H. N. Tawas, “Minat Beli Sebagai Pemediasi Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina (Studi Pada Mahasiswi Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado).,” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 11, no. 1, 2023, doi: 10.35794/emba.v11i1.47257.
B. Ayumi and A. Budiatmo, “Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Hypermart Paragon Semarang),” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 10, no. 2, 2021, doi: 10.14710/jiab.2021.31511.
M. M. Yanti and A. Budiatmo, “Pengaruh Store Atmosphere dan Harga terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Gelael Ciputra Mall Semarang),” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 9, no. 4, pp. 582–589, Nov. 2020, doi: 10.14710/jiab.2020.28850.
R. D. Kumalasari, “Analisis pengaruh penetapan harga, kualitas, dan citra merek produk terhadap keputusan pembelian konsumen fashion pakaian big size,” AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi dan Keuangan, vol. 20, no. 3, 2023.
I. A. Gopar, “Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Pembelian Terhadap Keputusan Pembelian,” Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 11, no. 4, pp. 633–638, 2022.
H. W. P. Adi and E. Soliha, “Pengaruh Kualitas Produk, Word Of Mouth, dan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Mebel di Semarang,” Jurnal Mirai Management, vol. 7, no. 1, 2022.
H. Hendriansa, Q. Barkah, and T. Hartini, “Analisis Pengaruh E-Commerce dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan sebagai Variabel Intervening pada Bisnis Ritel Syariah Busana Muslim di Kota Palembang,” Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, vol. 10, no. 2, 2021, doi: 10.19109/intelektualita.v10i1.8908.
A. D. Pratiwi, “Pengaruh Kualitas Produk, Word Of Mouth, dan E- Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Pada Royal Furniture di Denpasar,” Jurnal Ilmiah Satyagraha, vol. 7, no. 1, 2024, doi: 10.47532/jis.v7i1.991.
A. Milano, A. Sutardjo, and R. Hadya, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Pengembalian Keputusan Pembelian Baju Batik Di Toko “Florensia",” Jurnal Martua, vol. VOL. 3 NO., no. 1, 2021.
I. P. Widiana, Ramli, and N. Asia, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pada Toko Planet Kids di Kabupaten Mamuju,” SEIKO : Journal of Management & Business, vol. 6, no. 2, pp. 326–333, 2023.
N. A. Br sinulingga and D. H. Tamando Sihotang, Perilaku Konsumen, 4 Februari. IOCS Publisher, 2023.
L. G. Schiffman and J. Wisenblit, Consumer Behavior Edisi 11 Global Edition. London: Pearson Education, 2015.
Kotler and Armstrong, Principles of Marketing, 14th ed. New Jersey: Prentice Hall, 2019.
Kotler and Armstrong, Principles of Marketing, 7th ed. New York: Pearson Education, 2018.
K. C. Laudon and C. G. Traver, E-Commerce 2016: Business, Technology, Society (12th Edition). London: Britis Library Catalogue, 2017.
E. Turban and J. L. Lee, Electronic Commerce: A Managerial Perspective. New Jersey: Prentice Hall, 2000.
K. E. Setyawati, O. K. Z, and Y. Farradia, “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Vario (Studi Kasus Pada Cv Kirana Motorindo Jaya),” Jurnal Online Mahasiswa Bidang Manajemen, vol. Vol. 3, 2021.
D. Pradana, S. Hudayah, and R. Rahmawati, “Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor,” KINERJA, vol. 14, no. 1, 2018, doi: 10.29264/jkin.v14i1.2445.
P. Kotler, J. T. Bowen, J. Makens, and S. Baloglu, Marketing for Hospitality and Tourism, Global Edition. New York: Pearson Higher Education, 2021.
A. Ferdinand, Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi,Tesis Dan Disertasi Ilmu Manajemen. Edisi kelima. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2014.
N. Cahyani, M. Effendy, G. Goris Seran, J. Rangga Gading No, K. Bogor Tengah, and K. Bogor, “Influence of Advertisement and Selling Promotion on Buying Decision,” International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, vol. 60, no. 5, 2021.
S. P. Noviantari, A. G. S. Wibowo, Y. R. Primartono, and M. Miswanto, “Pengaruh Sumber Informasi Pada Keputusan Pembelian Yang Di Moderasi Positive Product Knowledge,” Value : Jurnal Manajemen dan Akuntansi, vol. 17, no. 3, 2022, doi: 10.32534/jv.v14i3.2941.
P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Management, 15th ed. New Jersey: Pearson Education Limited, 2016.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2020.
C. M. Ringle, S. Wende, and J.-M. Becker, SmartPLS 3. SmartPLS GmbH, 2015. [Online].
Available: http://www.smartpls.com M. A. Memon, T. Ramayah, J. H. Cheah, H. Ting, F. Chuah, and T. H. Cham, “PLS-SEM Statistical Programs: A Review,” Journal of Applied Structural Equation Modeling, vol. 5, no. 1, 2021, doi: 10.47263/JASEM.5(1)06.
C. W. Lamb, J. F. Hair, and C. McDaniel, Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat, 2001.
I. Ghozali, Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3 Untuk Penelitian Empiris edisi 10. 2022.
S. Haryono, “Petunjuk Praktikum Smart-PLS,” no. Ml, pp. 1–13, 2015, [Online]. Available: http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/2639/ModulPelatihanPLS.Bag.1.pdf?sequence=2&isAllowed=y
A. Muhtarom, M. I. Syairozi, and R. D. Rismayati, “Analisis Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Minat Beli,” Deriv. J. Manaj., vol. 16, no.1, pp. 36–47, 2022, [Online]. Available: https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JM/article/view/749
S. Kangean and F. Rusdi, “Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Persaingan E- Commrece di Indonesia,” Prologia, vol. 4, no. 2, 2020, doi: 10.24912/pr.v4i2.6504.
Y. Nuryani and A. Y. S. Winata, “Mengukur Minat Berkunjung Kembali Atas Dasar Media Sosial Dan Citra Destinasi Wisata Pantai Lon Malang Di Sampang Madura,” J. Kaji. Ilmu Manaj., vol. 3, no. 4, 2024, doi: 10.21107/jkim.v3i4.16916.
A. Sutanto and D. Silaswara, “Pengaruh Minat Konsumen, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Motor pada Amboh Motor di Wilayah Tangerang,” Pros. Ekon. dan Bisnis, vol. 1, no. 2, 2022.
H. Sujati, Sajidan, M. Akhyar, and Gunarhadi, “Testing the construct validity and reliability of curiosity scale using confirmatory factor analysis,” J. Educ. Soc. Res., vol. 10, no. 4, pp. 229– 237, 2020, doi: 10.36941/JESR-2020-0080.
D. Fauziah, H. Ali, A. Haymans Manurung, and C. Author, “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Produk Skintific (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya),” J. Siber Multi Disiplin, vol. 1, no. 4, pp. 159–172, 2024, [Online]. Available: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
L. Anugrah, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Dimediasi Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Di Shopee (Studi Pada Konsumen Merk The Originote Di Surabaya) Khuzaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIESIA) Surabaya,” no. 2022, 2023.
B. Hartati, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Produk Cosmetics Jafra Pada Pt. Jafra Cosmetics Indonesia,” J. Manaj. Terap. Dan Keuang., vol. 10, no. 01, pp. 123–137, 2021, doi: 10.22437/jmk.v10i01.12653.
B. Oktavia, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Kapten Pada Kios Nobi Di Desa Tanah Putih,” J. Ilmu Manaj. Dan Kwirausahaan, vol. 3, no. 1, pp. 95–103, 2023.
Dien Hafifah Mesayu Putri, N. Syarief, and D. Ruhjatini, “Pengaruh Harga Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Brand Lokal,” Bus. Manag. Econ. Account. Natl. Semin., vol. 2, no. 1, pp. 766–780, 2021.
P. Ekonomi, P. Produk, D. Lazada, and A. S. Laurensia, “Pengaruh E-Commerce dan Promosi Terhadap Keputusan,” vol. 1, no. 2, 2022.
A. Katerina, A. Simanjuntak, and ..., “Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening,” J. …, no. 4, 2023.
T. Anggun, M. Novari, I. Baidlowi, and T. H. Dwihandoko, “Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk 3second ( Studi Kasus Pada Store 3second Jl Majapahit Mojokerto ),” J. Islam. Econ. Financ., vol. 1, no. 3, pp. 35–54, 2023.
R. Maulana and H. Ali, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian pada Sepatu Aerostreet,” J. Ilmu Multidisiplin, vol. 3, no. 2, pp. 127– 138, 2024, [Online]. Available: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
S. Dewi, “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Handphone Terhadap Minat Beli Konsumen di Toko Pinem Ponsel Tanjung Langkat,” J. Manaj. Dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 43–62, 2023, doi: 10.36490/jmdb.v2i2.865.
R. Tsaniya and N. L. W. S. Telagawathi, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Di Kedai Kopi Nau Kecamatan Seririt,” J. Manaj. Perhotelan dan Pariwisata, vol. 5, no. 1, pp. 32–39, 2022, doi: 10.23887/jmpp.v5i1.34390.
V. N. Juli et al., “Pengaruh E-Commerce terhadap Minat Belanja Mahasiswa FEBI,” vol. 2, no. 3, 2024.
L. Dimyati, Y. Astarina, and A. N. Martini, “Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Ayu Butik Kota Pagar Alam,” J. Ekon., vol. 12, no. 1, pp. 20–26, 2022.
A. Purwati and M. M. Cahyanti, “Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian,” IQTISHADUNA J. Ilm. Ekon. Kita, vol. 11, no. 1, pp. 32–46, 2022, doi: 10.46367/iqtishaduna.v11i1.526.
F. Septiani, “Pengaruh Harga Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Pt Asuransi Jiwa Recapital Di Jakarta),” J. Mandiri, vol. 1, no. 2, pp. 273–288, 2018, doi: 10.33753/mandiri.v1i2.22.
S. Aprelyani and H. Ali, “Pengaruh Harga , Kualitas Produk dan Minat Beli Produk Skincare Somethinc Terhadap Keputusan Pembelian di E- Commerce Shopee pada Generasi Z,” vol. 2, no. 3, pp. 163–173, 2024.
N. Sakinah and F. Firmansyah, “Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian dengan Purchase Intention Sebagai Variabel Intervening,” J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 22, no. 2, pp. 192–202, 2021, doi: 10.30596/jimb.v22i2.7100.
A. Andriani, I. Karuehni, and A. Mahrita, “Pengaruh E-Commerce dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Wardah (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya),” J. Manaj. Sains dan Organ., vol. 3, no. 3, pp. 211–220, 2023, doi: 10.52300/jmso.v3i3.8233.
N. C. Adriana and N. Ngatno, “Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Sariayu Martha Tilaar di Kota Semarang),” J. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 9, no. 1, pp. 198–208, 2020, doi: 10.14710/jiab.2020.26322.
A. Putri, I. Haryani Hatta, L. S. Noor, F. Ekonomi, and D. Bisnis, “Pengaruh Promosi Online Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Konsumen Pada Akun Instagram ‘@Crsl.Store,’” Jimp, vol. 4, no. 1, pp. 64–80, 2024.
B. Ayumi and A. Budiatmo, “Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen Hypermart Paragon Semarang),” J. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 10, no. 2, pp. 1169–1176, 2021, doi: 10.14710/jiab.2021.31511.
A. Al Sadhilla, E. D. Rahmawati, and I. Hastuti, “Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening di Sate Kambing Muda Mas HJT Surakarta,” vol. 1, no. 3, 2024.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
