The Influence of Digital Marketing, Halal Labels and Product Innovation on Purchase Decisions (Study on Gen-Z Pizza Hut Consumers)
Pengaruh Digital Marketing, Label Halal dan Inovasi Produk terhadap keputusan pembelian (Studi pada Gen-Z Konsumen Pizza Hut)
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.7972Keywords:
Digital Marketing, Halal Labels, Product Innovation, Pizza HutAbstract
This study aims to determine the influence of Digital Marketing, Halal Labels and Product Innovation on purchasing decisions of Pizza Hut consumers. Samples were taken with a total of 100 people obtained from the total population of Pizza Hut consumers. The study used a quantitative method by analyzing data obtained from distributing questionnaires. The data analysis technique used the SmartPLS 3 application. Based on the data analysis carried out, it was found that Digital Marketing, Halal Labels and Product Innovation had a positive and significant effect on purchasing decisions of Pizza Hut consumers.
Downloads
References
D. D. Donce, “Kerugian Pengelola Pizza Hut (PZZA) Semakin Dalam Akibat Boikot,” Bisnis.com. [Online]. Available: https://market.bisnis.com/read/20240423/192/1759769/kerugian-pengelola-pizza-hut-pzza-semakin-dalam-akibat-boikot
I. Financials, “PZZA kembali merugi, tembus Rp75,11 miliar pada semester pertama,” IDN Financial.
R. Cahyaputeri and B. H. Pahar, “Pengaruh Digital Marketing, Kepercayaan, dan Budaya Populer Terhadap Keputusan Pembelian Michuu Coffee,” BIP’s J. BISNIS Perspekt., vol. 14, no. 2, pp. 83–93, 2022.
S. M. Syarfi and N. Asandimitra, “Implementasi Theory of Planned Behavior dan Risk Tolerance terhadap Intensi Investasi Peer to Peer Lending,” J. Ilmu Manaj., vol. 8, no. 3, p. 864, 2020.
F. S. Amaliatus Sholihah, “Pendekatan Theroy of Planned Behavior Dalam Melakukan Sertifikasi Halal Bagi Pelaku UMKM Sektor Halal Food Di Kabupaten Bangkalan,” J. Maneksi, vol. 11, no. 2, pp. 465–470, 2022.
Y. Lestari, “Strategi Manajemen Isu Pizza Hut Indonesia dalam Menangani Dampak Boikot Produk Israel,” kompasiana.[Online].Available:https://www.kompasiana.com/yohanalestari/65a3f67fde948f14837dd0fb/strategi-manajemen-isu-pizza-hut-indonesia-dalam-menangani-dampak-boikot-produk-israel
L. K. D. Siregar, “Analisis Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Halal di Shopee Food’s,” Youth Islam. Econ. J., vol. 05, 2024.
A. Samsudin1 et al., “Analisis Pengaruh Harga, Brand Image, dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk McDonald’s,” vol. 4, p. 1155, 2023.
S. Agustina, “Pengaruh Citra Merek Dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pizza Hut Di Kota Pasuruan,” Implementasi Manaj. Kewirausahaan, vol. 3, no. 2, pp. 61–72, Oct. 2023.
M. Dwiyanti and C. Febrilyantri, “Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas, dan Promosi Produk terhadap Volume Penjualan Sektor Industri Makanan pada UMKM Ponorogo,” 2024.
A. N. C. & K. Fikriyah, “Pengaruh Label Halal Dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Korean Food Pada Gen-Z Muslim Jawa Timur,” Ekon. dan Bisnis Islam, vol. 7, 2024.
R. Duha and M. Siagian, “eCo-Buss Pengaruh Inovasi Produk, Fitur Produk, dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Luar Garis Coffee,” Jejak Artik. Unggah 15 Januari, vol. Diterima, 2023.
F. Nurbintang and L. Siti Julaeha, “Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi Penjualan terhadap Keunggulan Bersaing pada McDonald’s di Jakarta,” J. Manuhara Pus. Penelit. Ilmu Manaj. dan Bisnis, vol. 1, no. 3, pp. 195–202, Jul. 2023, doi: 10.61132/manuhara.v1i3.161.
J. M. Harlim and S. S. Rosalina, “Pengaruh Digital Marketing Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Melalui Aplikasi Layanan Shopeefood Di Jakarta (Studi Pada Konsumen Shopeefood Di Jakarta),” 2022.
A. Safitri et al., “Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Makanan (Snack) Jepang Di Surabaya,” vol. 12, no. 2, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/
D. K. Bayu, G. M. Ningsih, and L. Windiana, “The Effect of Halal Labeling, Brands, and Prices on Purchasing Decisions to the Chatime Drinks,” J. Sos. Ekon. Pertan., vol. 16, no. 3, pp. 239–256, 2020.
S. E. Silaban, E. Elisabeth, and R. Sagala, “Pengaruh Promosi, Harga Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kentucky Fried Chicken (Kfc) Simpang Mataram Medan,” J. Ris. Akunt. Keuang., vol. 5, no. 2, pp. 209–228, 2019.
N. Ma’ruf, A. Alfalisyado, W. Purwidianti, and I. Randikaparsa, “Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk, Citra Merek Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. Akunt., vol. 8, no. 2, pp. 1314–1330, 2024.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif Dan R & D. 2020.
T. Evi and W. Rachbini, “Partial Least Squares (Teori Dan Praktek),” Tahta Media Gr., pp. 1–23, 2022.
A. H. Pramono, “Evaluasi Kepuasan Pemustaka pada Layanan Perpustakaan DIgital di Masa Pandemi Covid-19,” Univ. Pendidik. Indones. | Repos. perpustakaan.upi.edu, vol. 19, pp. 1–10, 2021.
U. S. & R. Bougie, Research Methods for Business: A Skill-Building Approach, vol. 34, no. 7. 2013.
R. A. Bambang Sudaryana, Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : CV.Budi Utama, 2022.
S. Lidya Kusuma Dewi, “Analisis Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Halal di Shopee Food’s,” Youth Islam. Econ. J., vol. 05, 2024.
N. Made, M. Magdalena, S. Marbun, T. Mulya, and B. -Bali, “Pengaruh Digital Marketing Dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Yamuna Pastry,” 2022.
F. Indriani, Muhammad Yani, and Mas Oetarjo, “Dampak Strategi Promosi Digital, Kualitas Pelayanan dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Studi Pada Lesehan Citra,” El-Mal J. Kaji. Ekon. Bisnis Islam, vol. 5, no. 5, pp. 3954–3971, 2024.
W. Aniska Pratiwi , Rio Laksamana, “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Frozen Food Pada Masyarakat Kota Pontianak,” J. Ekon. Integr., 2024.
A. D. Nurdiyanto and H. Ristanto, “Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM di Kabupaten Kendal.” , 2023.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.