ONLINE QUEUE INFORMATION SYSTEM DESIGN IN CLINIC
Perancangan Sistem Informasi Antrian Online Pada Klinik
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.794Keywords:
Antrian Online, Sistem Informasi, Website, waterfallAbstract
Penelitian sistem informasi ini bertujuan untuk mengatasi antrian yang sering terjadi pada pelayanan kesehatan yang terjadi pada rumah sakit atau klinik. Pelayanan antrian yang sering terjadi akibat dari pasien yang datang membludak sehingga hal ini membuat menumpuknya pasien yang akan melakukan pemeriksaan. Rasa ketidaknyamanan pasien dan lamanya waktu tunggu oleh pasien sering membuat bosan dan membatalkan pengobatan. Pelayanan yang lama dan ketidakefektifitas pelayanan dapat mempengaruhi penilaian kepuasan pasien dalam mendapatkan pelayanan. Untuk mengatasi antrian, penelitian ini menggunakan metode waterfall yang tahapan dalam pembangunan sebuah perangkat lunak dilakukan secara berurutan dan sistematis. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah sistem informasi antrian online berbasis website yang digunakan untuk pelayanan kesehatan pada rumah sakit atau klinik., Pendaftaran pasien yang dilakukan secara online dan jawal dokter yang tersedia yang dapat diakses secara real-time dari rumah.
Downloads
References
S. S. Ekawati and H. Andriani, “Strategi bauran pemasaran pelayanan kesehatan rumah sakit Yadika Pondok Bambu pada masa pandemi Covid-19,” J. Med. utama, vol. 03, no. 02, pp. 2073–2083, 2022, [Online]. Available: http://www.jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/415/284.
T. Jurnal, I. Teknik, and K. Pengantar, “PDF Compressor Pro PDF Compressor Pro,” J. Ilim. Tek. Ind. DAN Inf., vol. 3, p. 37, 2014.
S. U. Nikmah, “Analisis sistem antrian dengan disiplin pelayanan prioritas,” 2016.
I. Labolo and F. Suleman, “Penerapan Teknologi Mobile untuk Request Nomor Antrian Pasien pada Praktek Dokter Spesialis dan Dokter Umum,” J. Inform. Upgris, vol. 4, no. 2, pp. 123–126, 2019, doi: 10.26877/jiu.v4i2.3129.
R. Asmara and D. Saputra, “E-Registrasi Dan Sistem Antrian Pasien Pada Praktek Dokter Di Apotik,” J- Click, vol. 6, no. 2, pp. 201–207, 2019.
N. M. Bustani, A. J. Rattu, and J. S. M. Saerang, “Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat
Jalan Di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Propinsi Sulawesi Utara,” J. e-Biomedik, vol. 3, no. 3, 2015, doi: 10.35790/ebm.3.3.2015.10456.
D. F. Saputri and T. Mildawati, “Implementasi Layanan E-Health Dalam Meningkatkan Kinerja Surabaya,”
J. Ilmu Dan Ris. Akunt., vol. 9, no. 9, pp. 1–16, 2020.
A. Dwiki Adhi Putra, A. Hidayatulloh, A. Setyawardhana, and T. Ika Jaya Kusumawati, “Sistem Informasi Administrasi dan Data Rekam Medis Pasien Pada Klinik Soleh Ali Berbasis Web,” Inf. Syst. Dev., vol. 5, no. 2, pp. 37–41, 2020.
Y. Findawati, Buku Ajar Rekayasa Perangkat Lunak. 2018.
A. Rosadi and S. Kom, “T 2) , Tining Haryanti SKom.MM 3) 1)2)3)4)5) Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Teknik,” J. Ilm. Comput. Insight, vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2021.
R. Parlika, T. A. Nisaa’, S. M. Ningrum, and B. A. Haque, “Studi Literatur Kekurangan dan Kelebihan Pengujian Black Box,” Teknomatika, vol. 10, no. 02, pp. 131–140, 2020.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
