Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Role of Emotion Regulation Psychoeducation to Improve the Ability to Manage Children's Emotions at the Al-Insan Wonoayu Orphanage

Peran Psikoedukasi Regulasi Emosi Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Anak Panti Asuhan Al-Insan Wonoayu

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.7913

Keywords:

Psychoeducation, Emotional Regulation, Orphanage, Intervention, Experiment

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas psikoedukasi dalam meningkatkan regulasi emosi anak di Panti Asuhan Al-Insan Wonoayu. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest satu kelompok. Sebanyak 22 anak mengikuti sesi psikoedukasi regulasi emosi yang mencakup pengenalan emosi, pengelolaan emosi positif dan negatif, strategi menghadapi tekanan emosional, serta teknik relaksasi berbasis nilai Islam. Skala regulasi emosi digunakan sebelum dan sesudah intervensi. Hasil uji t berpasangan menunjukkan perbedaan signifikan antara skor pretest (M = 99,45) dan posttest (M = 116,86), dengan t(21) = -4,803, p < 0,001. Nilai Cohen’s d sebesar -1,024 menunjukkan efek besar. Hasil ini menunjukkan bahwa psikoedukasi berdampak signifikan dalam meningkatkan regulasi emosi. Psikoedukasi terbukti efektif sebagai strategi intervensi untuk membantu anak panti asuhan menghadapi tantangan psikologis dan sosial secara adaptif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

P. Rawdhah Binti Yasa, S.Psi., M.Psi., “PROGRAM PELATIHAN REGULASI EMOSI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI PADA ANAK-ANAK BINAAN DI PANTI ASUHAN JROH NAGUNA BANDA ACEH,” 2022.

A. E. A. dan Y. PEDHU*, “ANALISIS KORELASI ANTARA REGULASI EMOSI DAN PERILAKU MEMAAFKAN REMAJA PANTI ASUHAN,” J. PSIKO EDUKASI, J. Pendidikan, Psikologi, dan Konseling, vol. 21, no. 2, pp. 141–150, 2023.

T. Luckytasari and I. Herani, “Do Emotion Regulation’s Matters?: Efektivitas Psikoedukasi Regulasi Emosi pada Peserta Didik Kelas X SMA,” 2022.

K. WAHDA, “HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN RESILIENSI PADA REMAJA DI PANTI ASUHAN ‘DARUL AITAM’ ACEH SEPAKAT-MEDAN,” 2019.

V. S. Endaryani, M. S. Yuniardi, and N. A. Syakarofath, “Pelatihan Antecedent-Focused & Response-Focused Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Remaja Panti Asuhan,” Gadjah Mada J. Prof. Psychol., vol. 6, no. 1, p. 18, May 2020, doi: 10.22146/gamajpp.55232.

A. Annisa, “Pelatihan Regulasi Emosi: Mengembangkan Intervensi untuk Meningkatkan Regulasi Emosi pada Anak,” TIN Terap. Inform. Nusant., vol. 4, no. 3, pp. 198–202, Aug. 2023, doi: 10.47065/tin.v4i3.4214.

O. Tumanggor and E. E. Lase, “Psikoedukasi Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Siswa SMP Strada Slamet Riyadi Tangerang,” J. Hum. Educ., vol. 4, no. 3, pp. 625–629, 2024.

D. Astuti, F. Kawuryan, and F. Psikologi, “Pengaruh First Pshycological Aid Dalam Meningkatkan Regulasi Emosi Dan Coping Stress Anak Panti Asuhan Di Kota Kudus,” 2019.

A. Yasser Mansyur, A. Kurnia Ramadhani, A. Farah Faisal, N. Muthmainnah Arifuddin, and N. Sakinah, “Psikoedukasi Regulasi Emosi Sebagai Upaya Menanggulangi Perilaku Agresif Peserta Didik MTs Arifah Gowa,” Juni, vol. 2, no. 6, pp. 538–542, 2024, doi: 10.59435/gjmi.v2i6.608.

R. A. Fitriana et al., “PSIKOEDUKASI UNTUK MENINGKATKAN REGULASI EMOSI SISWA SEKOLAH DASAR,” 2024. [Online]. Available: https://journal-mandiracendikia.com/index.php/pkm

G. Istiqomah, D. Wahyuni, P. Islam Anak Usia Dini, F. Ilmu Tarbiyah, and U. Raden Fatah Palembang, “Pengenalan Emosi Positif dan Emosi Negatif Pada Anak Usia Dini,” J. Ilm. Multidisiplin, vol. 3, no. 1, 2023.

T. Yunita Sari and B. dan Konseling, “Pengembangan Instrumen Skala Regulasi Emosi Pada Peserta Didik SMK PENGEMBANGAN INSTRUMEN SKALA REGULASI EMOSI PADA PESERTA DIDIK SMK Najlatun Naqiyah.”

L. ZULLAELAH, “PENGARUH KELEKATAN TEMAN SEBAYA TERHADAP REGULASI EMOSI PADA ANAK USIA DINI,” pp. 1–19, 2022.

S. Asyanti, “Penatalaksanaan INTERVENSI PSIKOLOGI,” 2023.

A. Saqifah F, S. Sumayyah, T. N. W, and N. Zulida S, “Intervensi Pengendalian Emosi pada Santri Panti Asuhan Muhammadiyah Al-Amin,” J. Pengabdi. Masy. Indones., vol. 4, no. 4, pp. 739–744, Sep. 2024, doi: 10.52436/1.jpmi.2831.

M. Farhan Arib, M. Suci Rahayu, R. A. Sidorj, and M. Win Afgani, “Experimental Research Dalam Penelitian Pendidikan,” J. Soc. Sci. Res., vol. 4, pp. 5497–5511, 2024.

A. D. Putri, A. Ahman, R. S. Hilmia, S. Almaliyah, and S. Permana, “Pengaplikasian Uji T Dalam Penelitian Eksperimen,” J. Lebesgue J. Ilm. Pendidik. Mat. Mat. dan Stat., vol. 4, no. 3, pp. 1978–1987, 2023, doi: 10.46306/lb.v4i3.527.

M. Ayasy, A. Muhandis, and A. Riyadi, “Analisis Efektivitas Customer First Quality First Approach Pada Training Quality Dojo Dengan Metode Quasi Eksperimen One Group Pretest Posttest Design,” J. Appl. Multimed. Netw., vol. 07, no. 02, 2023, [Online]. Available: http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAMN

D. Syafriani, A. Darmana, F. A. Syuhada, and D. P. Sari, “Buku Ajar Statistik Uji Beda Untuk Penelitian Pendidikan (Cara Dan Pengolahannya Dengan SPSS),” Cv.Eureka Media Aksara, pp. 1–50, 2023.

ANGGUN PUTRI FINANDA, “UJI INDEPENDEND T TEST DAN PAIRED T TEST,” p. 6, 2019.

Posted

2025-05-16