An Implementation of the Jigsaw Type Cooperative Method in Improving the Logical Thinking Ability of Children Aged 4-5 Years at PG RA Salsabila Camp
Implementasi Metode Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Logis Anak Usia 4-5 Tahun di PG RA Salsabila Camp
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.7898Keywords:
Jigsaw Type Cooperative Method, Logical Thinking, Children Aged 4-5 YearsAbstract
This study aims to improve the logical thinking skills of 4–5-year-old children at PG RA Salsabila Camp using the Jigsaw cooperative learning method. It employs Classroom Action Research (CAR) based on John Elliot's model, involving planning, implementation, observation, and reflection. The study involved 13 Kindergarten A students (4 girls and 9 boys). Data were collected through observation and interviews, then analyzed qualitatively and quantitatively. Results showed an increase in logical thinking skills, with success rising from 38% in the pre-cycle to 84% in the first cycle. Time constraints emerged as a challenge, highlighting the need for better classroom management. Despite this, the Jigsaw method proved effective in enhancing children's cognitive abilities and is recommended as an alternative learning approach for early childhood education.
Downloads
References
M. Amini, “Hakikat Anak Usia Dini,” Perkemb. dan Konsep Dasar Pengemb. Anak Usia Dini, p. 65, 2014.
S. Tatminingsih, “Hakikat Anak Usia Dini,” Perkemb. dan Konsep Dasar Pengemb. Anak Usia Dini, vol. 1, pp. 1–65, 2016.
A. C. Karyadi and R. Jannah, “Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Dampu Bulan,” J. Penelit. Tindakan Kelas, vol. 1, no. 1, pp. 53–56, 2023, doi: 10.61650/jptk.v1i1.181.
T. S. Novita Yulistari, Atin Fatimah, “Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini,” Pengaruh Pengguna. Alat Permainan Edukatif Maz. Tehadap Kemamp. Kogn. Anak Usia 4-5 Tahun, 2018.
Y. Yaswinda, D. M. E. Putri, and I. Irsakinah, “Pembelajaran Sains Berbasis Pemanfaatan Lingkungan untuk Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, pp. 94–103, 2023, doi: 10.31004/obsesi.v7i1.2842.
S. Afrianti, M. I. Daulay, P. Asilestari, and P. T. Ludo, “admin,+6+Sulis+52-59,” vol. 1, no. 1, pp. 52–59, 2018.
T. Kusayang, R. P. Reni, N. Qadariah, and M. Rois, “Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pendekatan Scientific Di Taman Kanak-Kanak Al-Azhar Kota Jambi,” J. Muara Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 141–151, 2023, doi: 10.52060/mp.v8i1.1118.
I. Wulan Sari and Miftahul Jannah, “Pengaruh Alat Permainan Montessori terhadap Keterampilan Berfikir Logis Anak Usia 3-4 Tahun di KB Aisyiyah Tunas Iman Petaonan Socah Bangkalan,” J. Early Child. Islam. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 121–135, 2023, doi: 10.62005/joecie.v1i2.27.
I. R. Ermawati and A. B. A. H. Seputra, “Pengaruh Ketrampilan Proses Sains,” J. Pendidik. Fis., vol. VII, no. 1, pp. 106–115, 2019.
M. D. Ananda., “Efektivitas Pembelajaran Physics Edutainment dengan Bantuan Media PhET Simulation terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berfikir Logis Peserta Didik.,” Tadris IPA Konsentrasi Fis. Fak. Tarb. dan Kegur. Univ. Islam Negeri Imam Bonjol Padang, vol. 7, no. 2, p. 161, 2019.
N. P. Suyasmini, “Pendekatan Saintifik dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD,” J. Educ. Action Res., vol. 6, no. 4, pp. 539–545, 2022, doi: 10.23887/jear.v6i4.50283.
N. Indah Fitriya, N. Rahmawati, A. Syamsul Arifin, J. Bahasa Asing, F. Bahasa dan Seni, and U. Negeri Semarang, “Pengembangan Metode Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Arab Berbasis
Kooperatif Tipe Jigsaw,” vol. 10, no. 2, pp. 89–95, 2021, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa
K. Veronika, “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini,” Ilmu Pendidik., vol. 6, 2022.
S. U. P. Rojiatul Faroh and N. Adjie, “Penerapan pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw untuk mengembangkan kemampuan kerja sama pada anak usia dini,” J. Imliah Potensial, vol. 4, no. 2, pp. 77–83, 2020.
sharina munggaraning westhisi sri agustina, euis eti rohartiy, “Penerapan Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini Pada Kelompok B,” J. Ceria, vol. 2, no. 3, pp. 65–73, 2019.
R. M. Annisa Damayanti, Euis Kurniati, “Meningkatkan Minat Baca Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw,” Edukid, vol. 13, no. 2, 2019, doi: 10.17509/edukid.v13i2.16912.
R. Palupi and S. Watini, “Penerapan Model Atik untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Tata Balok di PAUD Rama Rama Tangerang Selatan,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 621–627, 2022, doi: 10.54371/jiip.v5i2.466.
S. Samsuni, S. Saidah, and I. K. Sadiqin, “Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Listrik Dinamis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad,” Gravity J. Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Fis., vol. 5, no. 1, pp. 25–38, 2019, doi: 10.30870/gravity.v5i1.5209.
H. Sujono, “Penerapan Model Pembelajaran KooperatifTipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa,” Ta’dib J. Pendidik. Islam dan Isu-isu Sos., vol. 17, no. 1, pp. 1–21, 2019.
K. JASMINE, “済無No Title No Title No Title,” Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, vol. 6, no. 2, pp. 350–353, 2014.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
