Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Effect Of Microteaching Learning On The Skills Of Explaining Material For Prospective Mi Teachers

Pengaruh Pembelajaran Microteaching terhadap Keterampilan Menjelaskan Materi Bagi Calon Guru Mi

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.7819

Keywords:

Learning analysis, microteaching, Letter Recognition Skills

Abstract

Keterampilan menjelaskan merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh seorang guru. Mata kuliah microteaching menjadi jembatan bagi mahasiswa calon guru sebagai bekal mengajar nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Microteaching terhadap Kemampuan Menjelaskan Materi bagi Calon Guru khususnya mahasiswa program studi Pendidikan Guru MI UMSIDA. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Tahapan awal dilakukan dengan penyebaran angket pretest dan posttest yang dibagikan kepada 25 mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru MI. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif yang dilanjutkan dengan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil pada analisis data deskriptif menyatakan bahwa nilai rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan dengan pretest. Uji normalitas juga terkategori dengan nilai sebaran normal yang dibuktikan dengan nilai signifikansi Pretest 0,174 (>0,05) dan Posttest 0,797 (>0,05). 

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Sitirahayu and H. Purnomo, “Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 3, pp. 164–168, 2021, doi: 10.54371/jiip.v4i3.242.

I. Nurwahidah, “Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Ipa Program Studi Pendidian Ipa,” EduTeach J. Edukasi dan Teknol. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 22–33, 2020, doi: 10.37859/eduteach.v1i2.1957.

Mona Nopitasari and Qolbi Khoiri, “Pengelolaan Interaksi Belajar-Mengajar,” J. Pendidik. Islam Al-Affan, vol. 4, no. 2, pp. 80–86, 2024, doi: 10.69775/jpia.v4i2.193.

F. Ramadhani Asiri et al., “Strategi Belajar Mengajar (Project Based Learning),” J. Pendidik. Sos. Hum., vol. 3, no. 2, pp. 255–266, 2024.

S. Fitri et al., “KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR Disusun oleh,” p. 59, 2020.

I. Andriati and Z. Sesmiarni, “Analisis Keterampilan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Iain Bukittinggi Dalam Menjelaskan Materi Pelajaran,” J. Visi Ilmu Pendidik., vol. 16, no. 1, p. 52, 2024, doi: 10.26418/jvip.v16i1.75988.

S. P. W. Aningsih, “MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SEKOLAH DASAR,” Pedagog. J. Pendidik. Guru Seek. Dasar, vol. VII, no. 2, pp. 36–43.

U. Rosida et al., “Pengaruh lama pengalaman mengajar terhadap keterampilan menjelaskan seorang guru,” J. Integr. dan Harmon. Inov. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 3, no. 6, pp. 636–640, 2023, doi: 10.17977/um063v3i6p636-640.

A. P. P. Arrahim, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR,” Pedagog. J. Pendidik. Guru Seek. Dasar, vol. 7, no. 2, pp. 20–27, 2024.

Y. Yulhaini, B. Bustanur, and Z. Zulhaini, “Analisis Keterampilan Menjelaskan (Explaining Skill) Guru Pada Mata Pelajaran Pai Kelas X Di Sma Negeri 2 Teluk Kuantan,” JOM FTK UNIKS (Jurnal …, pp. 639–642, 2023.

R. Poluan, W. A. Berhenti, and M. D. Martoyo, “Upaya Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa,” MAGENANG J. Teol. dan Pendidik. Kristen, vol. 3, no. 2, pp. 67–74, 2022, doi: 10.51667/mjtpk.v3i2.1086.

A. M. Gumohung, U. Moonti, and A. Bahsoan, “Pengaruh Keterampilan Menjelaskan Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa,” Jambura Econ. Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2021, doi: 10.37479/jeej.v3i1.8312.

M. Zulfa Azka Sabiila, R. Mubarok, M. Ibnu Faruq Fauzi, and S. Sangatta Kutai Timur, “Pengaruh Pembelajaran Micro Teaching Terhadap Kesiapan Diri Melaksanakan PPL Mahasiswa PAI,” vol. 02, pp. 289–306, 2024.

N. I. Firdausi, “PENGARUH PEMBELAJARANMICRO TEACHINGTERHADAP KETERAMPILAN MENJELASKAN MAHASISWAJURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU,” Kaos GL Derg., vol. 8, no. 75, pp. 147–154, 2020.

N. Alifah and I. Rindaningsih, “Pentingnya Pelatihan Guru dalam Meningkatkan Manajemen Kelas,” vol. 3, no. 1, pp. 542–548, 2025.

N. Novianti and S. Khaulah, “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Microteaching Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim,” Asimetris J. Pendidik. Mat. dan Sains, vol. 3, no. 1, pp. 30–36, 2022, doi: 10.51179/asimetris.v3i1.1277.

E. Sundari, “Cendikia pendidikan,” Cendekia Pendidik., vol. 4, no. 4, pp. 50–54, 2024.

L. Apriani, J. Alpen, and A. Arismon, “Tingkat percaya diri dan keterampilan micro teaching,” Edu Sport. Indones. J. Phys. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 42–49, 2020, doi: 10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5155.

H. T. Siregar, J. E. Tarigan, and A. N. Ginting, “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar ( Micro Teaching ) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Stkip Amal Bakti Ta 2022-2023,” Curere, vol. 7, no. 2, pp. 144–154, 2023.

U. Primagraha, “Menilai Efektivitas Pembelajaran Microteaching Dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Fadhli Dzil Ikrom 1* , Ichda Faradilla 2 , Fadly Sepdrifikal Pratama 3,” Educ. Sci. J. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 49–58, 2024.

I. Lisnawati and R. Rohita, “Keterampilan Mengajar Pada Guru Taman Kanak-Kanak: Tinjauan Pada Keterampilan Menjelaskan,” JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehat. dan Gizi Anak Usia Dini), vol. 1, no. 1, pp. 55–70, 2022, doi: 10.26740/jp2kgaud.2020.1.1.55-70.

I. P. S. Rahmadani Fitri Ginting, “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MICRO TEACHING TERHADAP KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DAN KESIAPAN MENGAJAR DI SD IT DARUL MUQOMAH AL-KHOIRIYAH Rahmadani,” Cendekia Pendidik., vol. 6, no. 4, pp. 50–54, 2024.

H. Irawati, “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi Di Pendidikan Biologi Fkip Uad,” INKUIRI J. Pendidik. IPA, vol. 9, no. 1, p. 34, 2020, doi: 10.20961/inkuiri.v9i1.41378.

W. C. Josephine Natasha Marpaung, “KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU UNTUK MEMBANGUN MINAT KETERLIBATAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 2722, 2020, doi: 10.36497/jri.v40i2.101.

E. Nur, F. Ramadhani, and C. T. Rosidah, “Pengaruh Literasi Digital terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar,” vol. 5, pp. 693–701, 2025.

I. Oktaviyanti, D. A. Amanatulah, N. Nurhasanah, and S. Novitasari, “Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 5589–5597, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.2719.

I. K. E. Fadhli Dzil Ikrom, Fika Amalia, Yanti Kurneasih, “PENGARUH MICRO TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN PERFOMA BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR,” Esensi Pendidik. Inspiratif, vol. 6, no. 2, p. 343, 2024.

A. Gafar, M. Panigoro, A. Bahsoan, R. Ilato, and R. Hasiru, “Pengaruh Pelaksanaan Micro Teaching terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa pada Program MBKM Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 10, pp. 7486–7493, 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i10.2174.

Posted

2025-04-24