Psychoeducation of Emotional Regulation To Prevent Bullying Behavior in Grade VIII Students of SMPN 2 Tulangan
Psikoedukasi Regulasi Emosi untuk Mencegah Perilaku Bullying pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Tulangan
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.7792Keywords:
Bullying, Emotion Regulation, Psychoeducation, Lowering, StudentsAbstract
This study aims to determine the effect of emotion regulation on preventing bullying behavior in class VIII students at SMP Negeri 2 Tulangan. Bullying is violent behavior that is done intentionally to hurt other individuals. Emotion regulation is an ability that allows individuals to regulate, evaluate, and modify emotions to suit the demands of the situation. This study used a quantitative approach with a pretest and post-test design on 47 students. The data collection technique used two main scales, namely the Bullying Scale and the Emotion Regulation Scale. It can be concluded that the T test shows a significance value of 0.000 < 0.05, which means that there is a significant difference so that students' emotion regulation abilities can reduce the level of bullying behavior in students with a psychoeducational approach.
Downloads
References
A. Ariyanto, H. Saptadi Ismanto, dan G. R. Ajie, “Analisis Dampak Kecanduan Minuman Keras pada Mahasiswa terhadap Prestasi Belajar,” Widyasari Press, vol. 10, hal. 1–10, 2021.
W. Firdaus dan M. S. Marsudi, “Konseling Remaja yang Kecanduan Gadget Melalui Terapi Kognitif Behavior,” Stud. J. Has. Penelit. Mhs., vol. 6, no. 1, hal. 15–24, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://doi.org/10.32923/stu.v6i1.1980
A. J. Herlidanara, Suroso, dan Y. A. Isrida, “Perilaku Bullying Remaja : Bagaimana Peran Regulasi Emosi ?,” Jiwa J. Psikol. Indones., vol. 1, no. 2, hal. 455–461, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jiwa/article/view/9941
N. P. A. T. Pratiwi, S. A. E. P. Wahyuni, dan N. M. D. Sulistiowati, “Gambaran Tingkat Pengetahuan Bullying Pada Remaja Di Desa Gunaksa Klungkung,” J. Peduli Masy., vol. 5, no. September, hal. 819–826, 2023.
A. Noya, J. Taihuttu, dan E. Kiriwenno, “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Bullying Pada Remaja Sitasi,” Humanlight J. Psychol. Juni, vol. 5, no. 1, hal. 1–16, 2024, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/humanlight
N. S. Almira dan A. Marheni, “Analisis Fenomenologis Interpretatif Tentang Definisi Bullying Dan Harga Diri Bagi Korban Bullying,” J. Psikol. Integr., vol. 9, no. 2, hal. 209, 2021, doi: 10.14421/jpsi.v9i2.2211.
H. Panggabean, D. Situmeang, dan R. Simangunsong, “Waspada Tindakan Bullying Dan Dampak Terhadap Dunia Pendidikan,” Jpm-Unita - J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, hal. 9–16, 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://jpm.usxiitapanuli.ac.id
I. Sukmawati, A. H. Fenyara, A. F. Fadhilah, dan C. K. Herbawani, “Dampak Bullying Pada Anak Dan Remaja Terhadap Kesehatan Mental,” Pros. Semin. Nas. Kesehat. Masy. 2021, vol. 2, no. 1, hal. 126–144, 2021.
S. Rahmadhony, “Efektivitas Pelatihan Regulasi Emosi untuk Menurunkan Perilaku Bullying pada Siswa SMP,” Analitika, vol. 12, no. 2, hal. 169–178, 2020, doi: 10.31289/analitika.v12i2.3733.
N. Prasetio, M. Daud, dan A. N. Hamid, “Hubungan Regulasi Emosi Dengan Bullying Pada Siswa Kelas Xii Sma Negeri 2 Makassar,” JIVA J. Behav. Ment. Heal., vol. 2, no. 1, hal. 144–154, 2021, doi: 10.30984/jiva.v2i1.1527.
Rusmaladewi, D. R. Indah, I. Kamala, dan H. Anggraini, “Regulasi Emosi pada Mahasiswa Selama Proses Pembelajaran Daring di Program Studi PG-PAUD FKIP UPR,” J. Pendidik. Dan Psikol. Pint. Harati, vol. 16, no. 2, hal. 43, 2020.
F. F. Azizah dan M. Jannah, “The effect of autogenic meditation on emotion regulation in fencing athletes,” J. Penelit. Psikol., vol. 07, no. 02, hal. 62–67, 2020.
S. A. Rahma, A. P. P. Ikhsan, dan D. Yemima, “Dampak Pengabaian Orang Tua Terhadap Regulasi Emosi Anak,” J. Psikol., vol. 1, no. 4, hal. 18, 2024, doi: 10.47134/pjp.v1i4.2649.
V. S. Endaryani, M. S. Yuniardi, dan N. A. Syakarofath, “Pelatihan Antecedent-Focused & Response-Focused Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Remaja Panti Asuhan,” Gadjah Mada J. Prof. Psychol., vol. 6, no. 1, hal. 18, 2020, doi: 10.22146/gamajpp.55232.
F. Rahmawati et al., “Pengaruh Regulasi Emosi Terhadap Perilaku Bullying Di Sekolah Dasar,” PROFICIO J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, hal. 1, 2025.
D. S. Hidayati dan Istiqomah, “Pengembangan Skala Bullying,” J. Psikohumanika, vol. 15, no. 2, hal. 111–127, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://ejurnal.setiabudi.ac.id/ojs/index.php/psikohumanika
T. Yunita Sari dan N. Naqiyah, “Pengembangan Instrumen Skala Regulasi Emosi Pada Peserta Didik SMK,” J. BK UNESA, vol. 13, no. 3, hal. 345–349, 2023.
M. Jannah, I. F. Sholichah, dan R. Widohardhono, “Confirmatory Factor Analysis: Skala Regulasi Emosi Pada Setting Olahraga di Indonesia (IERQ4S),” J. Psikol. Teor. dan Terap., vol. 14, no. 1, hal. 153–160, 2023, doi: 10.26740/jptt.v14n1.p153-160.
A. Rasyid, Maimanah, F. L. Nuqul, I. T. Rahayu, dan A. Ridho, “Cyberbullying ditinjau dari Kontrol Diri dan Regulasi Emosi,” J. Penelit. Psikol., vol. 14, no. 2, hal. 75–82, 2023, doi: 10.29080/jpp.v14i2.1044.
S. Dwivedi dan R. K. Chaturvedi, “Propinquity of Avariciousness With Impulse Buying Tendency,” Int. J. Adv. Sci. Technol., vol. 29, no. 7, hal. 9639–9650, 2020.
Meliyana, A. G. H. Zubair, dan A. M. Aditya, “Pengaruh Regulasi Emosi Terhadap Perilaku Bullying pada Siswa SMA / SMK di Kota Makassar,” J. Psikol. Karakter, vol. 4, no. 2, hal. 483–489, 2024, doi: 10.56326/jpk.v4i2.3723.
U. Hasanah, “PENERAPAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA DI SMA NEGERI 8 MAKASSAR,” Skripsi, vol. 3, no. 2, hal. 91–102, 2018.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
