Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Internalization of Elementary School Students Religious Character Values Through Habituation to Religious Activities

Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.7782

Keywords:

Internalisasi, Religious Character

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam menginternalisasi nilai karakter keagamaan pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara , dokumentasi dan observasi partisipatif. Fokus penelitian ini meliputi nilai agama yang ditanamkan di sekolah dasar, strategi menanamkan nilai agama, dan hambatan menanamkan nilai agama di sekolah dasar. Karakter adalah cara berpikir dan berperilaku sehingga menjadi ciri khas setiap individu untuk bertahan dan bekerja sama dalam masyarakat. Karakter yang baik perspektif yang sesuai dengan pendidikan moral adalah karakter yang terdiri dari nilai operatif yang berfungsi dalam praktik. Keagamaan adalah pengabdian dan ketaatan manusia dalam memahami dan mengimplementasikan ajaran agama yang telah dipegangnya. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan tipe data primer dan sekunder yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan ada beberapa temuan di SDN Lemahputro 1 Sidoarjo dimana Internalisasi Karakter Religius pada kelas 3 sangat kecil dan peneliti perlu hasil yang maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. 2017 and K. Pendidikan, “Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa.,” Jakarta Pus. Kurikulum, Badan Penelit. dan Pengembangan..

U. M. Surakarta et al., “Peranan Pembelajaran Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Religius Dan Toleransi Siswa Sekolah Dasar,” J. Basic Educ. Res., vol. 1, no. 1, pp. 21–28, 2021, doi: 10.37251/jee.v1i3.136.

R. Setyaningsih and S. N. Rochma, “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Siswa Di Madrasah Ibtidaiyyah Nurussalam Mantingan,” el-IbtidaiyJournal Prim. Educ., vol. 3, no. 2, p. 83, 2020, doi: 10.24014/ejpe.v3i2.10590.

Y. Adi Saingo, “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD Inpres Lili,” Apostolos J. Theol. Christ. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 1–14, 2023, doi: 10.52960/a.v3i1.176.

sri A. Maemonah, “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Pembelajaran,” EDUKASI J. Penelit. Pendidik. Agama dan Keagamaan, vol. 20, no. 3, pp. 328–333, 2022.

D. I. Romadhona and S. Supriyadi, “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Siswa Berbasis Penerapan Pendidikan Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Sekolah Muhammadiyah.,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 2, pp. 5157–5170, 2023, [Online]. Available: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/9823

Rifqi.N and Supriyadi, “4916 Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Dan Integritas Siswa Sekolah Dasar,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 9, no. 1, pp. 4916–4934, 2024.

M. Sari and M. Haris, “Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar,” Islam. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 54–71, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.stai-alkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah/article/view/230/48

A. K. Huda, M. Montessori, Y. Miaz, and R. Rifma, “Pembinaan Karakter Disiplin Siswa Berbasis Nilai Religius Di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 4190–4197, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1528.

M. A. Kurniawan, A. Y. S. Ysh, and F. P. Artharina, “Penerapan Nilai-Nilai Religius Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sdn Jambean 01 Pati,” J. Pendidik. Dasar Dan Menengah, vol. 2, no. 2, pp. 197–204, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.unw.ac.id/index.php/dwijaloka/index ISSN

F. Farleni, Sholeh Hidayat, Ujang Jamaludin, and Suroso Mukti Leksono, “Internalisasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah Di SD,” J. Elem. Edukasia, vol. 6, no. 2, pp. 931–939, 2023, doi: 10.31949/jee.v6i2.5324.

J. Jurnal, C. Nusantara, S. I. Hamidah, and M. H. Rofiq, “Internalisasi Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan Di Sma Negeri 1 Gondang Internalization of Students ’ Religious Character Through Religious Activities At Sma Negeri 1 Gondang,” no. September, pp. 5091–5098, 2024.

Surifah, J. (2018). Pengaruh Metode Pembiasaan Terhadap Pembentukan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 113–123.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publication. Terjemahan Tjejep Rohindi Rohidi, UI-Press

E. R. Wardani, I. Fathurohman, and M. S. Kuryanto, “Nilai Karakter Religius Cerita Rakyat Pertapaan Ratu Kalinyamat Untuk Siswa Sekolah Dasar,” Prog. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 48–54, 2021, doi: 10.29303/prospek.v2i1.110.

H. Aswat, M. K. L. O. Onde, F. B, E. R. Sari, and M. Muliati, “Analisis Pelaksanaan Penguatan Karakter Religius Selama Masa Distance Learning Pada Siswa Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 6, pp. 4301–4308, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i6.1446.

W. Rezki, “Analisis Penerapan Full Day School dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar,” J. Basic Educ. Res., vol. 1, no. 1, pp. 21–28, 2020, doi: 10.37251/jber.v1i1.31.

S. Narimo, “Budaya Mengintegrasikan Karakter Religius Dalam Kegiatan Sekolah Dasar,” J. VARIDIKA, vol. 32, no. 2, pp. 13–27, 2020, doi: 10.23917/varidika.v32i2.12866.

Siti Nor Hayati, “Manfaat Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI MAN Purwoasri Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015),” Spiritualita, vol. 1, no. 1, pp. 43–54, 2017, doi: 10.30762/spr.v1i1.640.

A. N. Khairani and M. Rosyidi, “Penerapan Strategi Karakter Religius Peserta Didik untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar,” Didakt. TAUHIDI J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 9, no. 2, pp. 199–210, 2022, doi: 10.30997/dt.v9i2.6317.

R. Aisyi, Pembiasaan infaq dalam menanamkan karakter peduli sosial siswa sd it darul quran mulia. 2023.

Muslim, Y. Yusri, Syafaruddin, M. Syukri, and Wismanto, “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ),” J. Educ., vol. 05, no. 03, pp. 10192–10204, 2023.

Posted

2025-05-14