The Influence of Family Environment, Self Efficacy, and Income Expectations on Interest in Entrepreneurship Using E-Commerce as a Moderating Variable in Students of the Muhammadiyah University of Sidoarjo Accounting Study Program
Pengaruh Lingkungan Keluarga, Self Efficacy, Dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Menggunakan E-Commerce Sebagai Variabel Moderating Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.777Keywords:
Family Environment, Self Efficacy, Income Expectation, Interest in Entrepreneurship and E-CommerceAbstract
This research aims to determine the effect of family environment, self-efficacy, and income expectations on entrepreneurial interest by using e-commerce as a moderating variable. Objects to students majoring in accounting at Muhammadiyah University of Sidoarjo. The sample is based on criteria so that a sample of 66 respondents can be taken. The data in the research is through secondary data, processed with SmartPLS. That the results obtained in this analysis are 1) the family environment has a positive effect. 2) Self Efficacy has a positive effect on the interest in entrepreneurship. 3) Income expectations have a positive effect on the interest in entrepreneurship. 4) E-commerce positively weakens the influence of the family environment on the interest in entrepreneurship. 5) E-commerce positively strengthens the effect of Self Efficacy on the interest in entrepreneurship. 6) E-commerce positively weakens the effect of income expectations on interest in entrepreneurship for accounting students.
Downloads
References
D. M. Muayyad, “Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Bank Syariah X Kantor Wilayah II,” J. Manaj. dan Pemasar. Jasa, vol. 9, no. 1, 2016.
Y. Suryana, Kewirausahaan. Jakarta: Kencana, 2013.
B. Alma, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta, 2013.
N. L. Hidayatullah, “Minat Berwirausaha Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektri Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang,” Skripsi. Univ. Negeri Semarang, 2012.
Rahmadi dan Heryanto, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri,” EKONIKA J. Ekon. Univ. Kadiri, vol. 1, no. 2, 2016.
Bandura, Self Efficacy The Exercise Of a Control New York. New York: W.H. Freeman and company, 1997.
Utomo, Mashudi, dan Sriati, “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dalam Keluarga dan di Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha dengan Mediasi SelfEfficacy Siswa Kelas XI,” Tesis. Progr. Magister Pendidik. Ekon., 2013.
Zutiasari, “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dalam Lingkungan Keluarga dan Sekolah terhadap Niat Berwirausaha melalui Self-Efficacy”. Tesis. Program Studi Pendidikan Bisnis dan Manajemen,” Progr. Magister, 2015.
Oyeku, Oduyoye, Kabouh, Elemo, Karimu, dan Akindoju, “On Entrepreneurial Self Efficacy and Entrepreneurial Success: A Conceptual and Theoretical Framework,” Eur. J. Bus. Manag., vol. 6, no. 26, 2014.
Setiawan dan Sukanti, “Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha,” J. Profita Kaji. Ilmu Akunt., vol. 4, no. 7, hal. 1–12, 2016.
Sari, “Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Motivasi, Pendidikan Kewirausahaan, dan Norma Subyektif Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2013-2014),” J. Profita Kaji. Ilmu Akuntansi, 5., 2017.
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta, 2018.
Zimmerer dan T. Wilson, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat, 2008.
Winkel, Psikologi Pengajaran. Jakarta: Salemba Empat, 2004.
M. A. Mustofa, “Pengaruh Kewirausahaan, Self Efficacy dan Karakter Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Depok Kabupaten Sleman,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2014.
Bandura, Social Foundations Of Thought And Action; A Social Cognitive Theory. New Jersey: Prentice-Hall, 1986.
D. Setiawan, “Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta),” Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.
G. Marilyn dan M. Vasarhelyi, Electronic Commerce. New York: McGraw Hill, 2002.
N. Indriantro dan B. Supomo, Metodologi Penelitian dan Bisnis. Yogyakarta: BPFE, 1999.
Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.
D. Septianti, “Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga Dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang),” J. Ilm. Ekon. Glob. MASA KINI, vol. 7, no. 3, hal. 1–7, 2016.
D. Agusmiati dan A. Wahyudin, “Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Kepribadian, Dan Motivasi, Terhadap Minat Berwirausaha Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderating,” Econ. Educ. Anal. J., vol. 7, no. 3, hal. 878–893, 2018, doi: p-ISSN 2252-6544e-ISSN 2502-356.
C. Semiawan, “Lingkungan Keluarga Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar,” 2010.
A. P. Pamungkas, “Pengaruh Self Efficacy, Pendidikan Kewirausahaan Dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2017.
L. A. Wulandari, “Pengaruh Lingkungan Keluarga, Motivasi Berwirausaha Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Jember Angkatan 2016 Dan 2017,” Universitas Jember, 2020.
Kasmir, Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2013.
A. Tutik Widianingsih, “Pengaruh Kepribadian Wirausaha, Ekspektasi Pendapatan Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha,” urnal Manaj. Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik, vol. 8, no. 1, hal. 67–78, 2021.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.