Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Influence of Store Image, Price, Word of Mouth on Purchasing (Study of Janji Jiwa Coffee Consumers in Sidoarjo)

Pengaruh Citra Toko, Harga, Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Kopi Janji Jiwa di Sidoarjo)

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.7742

Keywords:

Image, Price, Word Of Mouth, purchasing decisions

Abstract

This research aims to analyze the impact of store image, price and word of mouth (WoM) on consumer purchasing decisions for Janji Jiwa coffee in Sidoarjo. The approach used is a quantitative method, with a population that includes the people of Sidoarjo Regency who have enjoyed Janji Jiwa coffee, aged between 17 and 56 years. Samples were taken using a non-probability sampling method with purposive sampling technique, involving 100 respondents. Data was collected using a questionnaire which was measured using a Likert scale. Data analysis was carried out with PLS-SEM using SmartPLS 3.0 software. The research results show that store image, price and word of mouth (WOM) have a significant positive influence on purchasing decisions for Janji Jiwa coffee in Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Oleh Dan A. Pratiwi, “Pengaruh Digital Marketing, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Pelanggan Kopi Janji Jiwa Ungaran)”.

“Tahun Kelima, Start Up Jiwa Group Bawa Konsep Keseruan Baru.” [Daring]. Tersedia Pada:

Https://Jiwagroup.Com/Id/Whaton/Detail/73/Tahunkelimastartupjiwagroupbawakonsepkeseruanbaru

U. Rahmatika Dan M. A. Fajar, “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Electronic Money: Integrasi Model Tam – Tpb Dengan Perceived Risk,” Nominal Barom. Ris. Akunt. Dan Manaj., Vol. 8, No. 2, Hlm. 274–284, Sep 2019, Doi: 10.21831/Nominal.V8i2.26557.

Nuri Purwanto, Budiyanto, Dan Suhermin, Theory Of Planned Behavior "Implementasi Perilaku Electronic Word Of Mouth Pada Konsumen Marketplace, 2022 Ed. Cv. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

M. Oetarjo, M. Rofiuddin, Dan M. Hariasih, “Peran Harga, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Belikopi Sidoarjo,” J. Econ. Bussines Account. Costing, Vol. 7, No. 4, Hlm. 10345–10365, Jul 2024, Doi: 10.31539/Costing.V7i4.10967.

I. A. Ramadhan Dan M. Hariasih, “Coffee Purchase Decision: Price, Communication, And Shop Image Influence,” Acad. Open, Vol. 8, No. 1, Jun 2023, Doi: 10.21070/Acopen.8.2023.3849.

“[No Title Found],” Ekombis Rev. J. Ilm. Ekon. Dan Bisnis, Vol. 10, No. 1.

W. Irawati Dan M. Edwar, “Pengaruh Citra Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Amanah Swalayan Rengel”.

S. Nuriyah Dan M. A. Surianto, “Pengaruh Citra Toko, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pada Toko Bening Bungah,” Master J. Manaj. Dan Bisnis Terap., Vol. 2, No. 1, Hlm. 61, Jun 2022, Doi: 10.30595/Jmbt.V2i1.13673.

K. Kelvinia, M. U. M. Putra, Dan N. Efendi, “Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian,” J. Wira Ekon. Mikroskil, Vol. 11, No. 2, Hlm. 85–98, Okt 2021, Doi: 10.55601/Jwem.V11i2.795.

R. D. Fajarudin, “Analisis Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toko Bangunan Pratama Kediri,” Vol. 2, No. 1, 2023.

W. T. Amalia Dan A. R. Riva’i, “Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Pada Remaja,” Vol. 10, 2022.

I. D. Saputri Dan M. A. Surianto, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Toko Terhadap Keputusan Pembelian,” J. Bus. Econ. Res. Jbe, Vol. 4, No. 2, Hlm. 134–141, Jun 2023, Doi: 10.47065/Jbe.V4i2.3455.

I. Liya, K. Karmila, H. Budiono, Dan V. F. Sanjaya, “Pengaruh Hallyu Wave, Brand Ambassador, Brand Image Dan Wom Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Sedap Selection Korean Spicy Chicken,” Revenue J. Manaj. Bisnis Islam, Vol. 2, No. 1, Hlm. 11–26, Jan 2021, Doi: 10.24042/Revenue.V2i1.7700.

M. Y. Ena, A. E. L. Nyoko, Dan W. M. Ndoen, “Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Chezz Cafenet,” J. Manag. Small Medium Enterp. Smes, Vol. 10, No. 3, Hlm. 299–310, Feb 2020, Doi: 10.35508/Jom.V10i3.1998.

R. Ummat Dan K. A. Hayuningtias, “Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic,” Vol. 4, No. 6, 2022.

A. E. Nasution, L. P. Putri, Dan M. T. Lesmana, “Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan Dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart Di Kota Medan,” 2019.

G. G. Moningka, Arrazi Bin Hasan Jan, Dan Mirah H. Rogi, “Pengaruh Physical Evidence, Citra Merek Dan Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Pada Cv. Mitra Sehati Jaya Manado,” J. Emba J. Ris. Ekon. Manaj. Bisnis Dan Akunt., Vol. 11, No. 4, Hlm. 1418–1424, Nov 2023, Doi: 10.35794/Emba.V11i4.47329.

N. Fatimah, S. Kasnelly, Dan A. Hamid, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Liberika Dalam Perspektif Islam Pada Gerai Umkm Mekar Jaya”.

D. M. G. Haque-Fawzi, “Strategi Pemasaran Konsep, Teori Dan Implementasi”.

Manajemen Pemasaran. Jakarta: Cv Budi Utama, 2021.

D. Sundara, “Pengaruh Citra Toko Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Ramayana Departement Store - Depok,” Vol. 26, No. 2, 2020.

Melati Sitorus, Juraeni Juraeni, Dinda Dinda, Dan Dinda Hafifa, “Pengaruh Citra Toko, Kualitas Yang Dirasakan, Dan Kepercayaan Nilai Yang Dirasakan Terhadap Niat Beli Konsumen Di ‘Hasanah Bakery & Cakes’ Cabang Kerasaan,” J. Ris. Manaj., Vol. 1, No. 2, Hlm. 120–136, Jun 2023, Doi: 10.54066/Jurma.V1i2.341.

D. P. Apriliani, S. Nuringwahyu, Dan D. Krisdianto, “Pengaruh Promosi, Citra Toko, Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Konsumen Bahrul Maghfiroh Mart)”.

M. G. Haque, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Berlian Multitama Di Jakarta.,” 2020.

F. Susanti Dan A. C. Gunawan, “Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang,” 3 Februari 2019. Doi: 10.31227/Osf.Io/Npjqh.

R. M. Sari, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian,” Vol. 5, No. 3, 2021.

D. S. C. Sian Dan M. Brandinie, “Pengaruh Word Of Mouth (Wom) Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Restoran Ropang Plus Plus, Pluit Sakti”.

G. W. Saputra Dan I. G. A. K. S. Ardani, “Pengaruh Digital Marketing, Word Of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian,” E-J. Manaj. Univ. Udayana, Vol. 9, No. 7, Hlm. 2596, Jul 2020, Doi: 10.24843/Ejmunud.2020.V09.I07.P07.

Medi Tri Purwanto, Se, Mm Dan Sri Ratih Handayani, Se, Mm, “Pengaruh Pelayanan Dan Citra Toko Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Toko Tirto Di Kabupaten Brebes,” Stie Widya Mangalia, Vol. 10, 2022.

A. N. Azizah Dan A. Maskur, “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Citra Toko Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Ikan Asin Di Kabupaten Rembang),” Jesya, Vol. 7, No. 1, Hlm. 68–79, Jan 2024, Doi: 10.36778/Jesya.V7i1.1336.

I. H. Susilowati Dan S. C. Utari, “Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Apotek Mama Kota Depok,” Vol. 6, No. 1, 2022.

D. D. Yusda, “Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada House Of Shopaholic Di Bandar Lampung,” . Issn, Vol. 3, No. 3, 2019.

K. Nisa, “Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Produk Kopi Janji Jiwa Tanjungduren Jakarta),” Vol. 4, No. 1, 2022.

J. Jecky Dan R. Erdiansyah, “Pengaruh Iklan Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian,” Prologia, Vol. 5, No. 2, Hlm. 307, Sep 2021, Doi: 10.24912/Pr.V5i2.10199.

K. E. S. Pranandha Dan N. M. W. Kusumadewi, “Peran Word Of Mouth Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen,” E-J. Manaj. Univ. Udayana, Vol. 11, No. 3, Hlm. 443, Mar 2022, Doi: 10.24843/Ejmunud.2022.V11.I03.P02.

R. Agustianti Dkk., “Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif”.

E. A. Sinambela, R. Mardikaningsih, Dan D. Darmawan, “Pengaruh Citra Toko, Suasana Toko Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian,” Vol. 5, 2021.

N. R. M. Adi, M. R. I. Ramadhan, T. Aristawati, Dan S. A. Pratama, “Pengaruh Word Of Mouth Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Di Shopeefood,” Briliant J. Ris. Dan Konseptual, Vol. 7, No. 2, Hlm. 420, Mei 2022, Doi: 10.28926/Briliant.V7i2.1001.

E. F. P. Putri, “Penyusunan Kuesioner Dalam Penelitian”.

M. A. Sahban, “Optimasi Keterampilan Pengolahan Data Penelitian Bagi Dosen Melalui Program Pelatihan Berbasis Teknologi Menggunakan Aplikasi Sem Pls, Vosviewer Dan Atlas.Ti,” No. 4, 2024.

P. R. Sihombing, M. Stat, Dan A. M. Arsani, “Aplikasi Smartpls Untuk Statistisi Pemula”.

Posted

2025-04-21