Improving Letter Recognition Ability Through Eating Alphabet Media In Children Aged 4-5 Years In TKM NU 149 Masyithoh
Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Huruf Melalui Media Eating Alphabet Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TKM NU 149 Masyithoh
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.7534Keywords:
Language, eating alphabet, recognize lettersAbstract
One of the factors that is taken into account in the process of child growth is language. The ability to recognize letters is one of the areas of language that needs to be developed from an early age so that children are ready to face the next level of education. The purpose of this research is to improve the ability to recognize letters in children aged 4-5 years with the Eating Alphabet media at TKM NU 149 Masyithoh Kendal Pecabean. The research method uses
classroom action research which is carried out with the aim of improving practice standards in the classroom consisting of Pre-cycle, Cycle 1 and Cycle II which are carried out as improvement activities. The results of using the eating alphabet media showed very positive results, namely 76% in cycle 2 where in pre-silus the classical completeness score was only 18% and increased to 94% in cycle 2.
Downloads
References
V. No, N. S. Faridatunnisa, F. Nugraha, and N. H. Anggarasari, “Early Childhood : Jurnal Pendidikan MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya emas bagi anak untuk belajar , sehingga sering disebut Golden Age . Pada masa paling sepanjang sejarah ke,” vol. 7, no. 1, pp. 60–75, 2023.
E. F. A. Firdaus, “Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal dengan metode bermain peran: Penelitian tindakan kelas di kelompok A RA Al-Ikhlas Kecamatan Darmaraja …,” vol. 13, 2022.
S. N. Y. F. M. H. Nurul Anjani Fieana1, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Media Kotak Pintar Kelompok B2 di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14,” Jurnal Dunia Anak Usia Dini, vol. 06, pp. 61–72, 2024.
F. Nasution et al., “Perkembangan Kognitif Dan Bahasa,” Jurnal Sosial Dan Humaniora, vol. 1, no. 3, pp. 131–142, 2024.
P. H. Firdaus, “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf,” (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), vol. 2, no. 1, pp. 66–73, 2019, doi: 10.15575/japra.v2i1.5313.
R. Islamiati, D. P. D. Haryanti, and R. W. Pusari, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf,” PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 12, no. 1, pp. 155–162, 2023, doi: 10.26877/paudia.v12i1.15681.
E. Suberti, “Meningkatkan Kemampuan mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun dengan Menggunakan Permainan Kotak Alfabet,” Jurnal Plamboyan Edu (JPE), vol. 1, no. 2, pp. 186–197, 2023.
Z. A. Rahmah, D. Komalasari, N. D. Simatupang, and N. I. S. Rakhmawati, “Pengembangan video alphabet untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini,” Jurnal Golden Age, vol. 07, no. 02, pp. 373–382, 2023.
V. Veryawan, “Media Kartu Huruf Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini,” Lentera: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, vol. 2, no. 2, pp. 151–164, 2020, doi: 10.32505/lentera.v2i2.2119.
D. Saleh & Syahruddin, “Media Pembelajaran,” pp. 1–77, 2023.
R. Anggraini, S. Sukardi, and M. A. M. Habibi, “Pengaruh Media Stik Es Krim Alphabet Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok B di PAUD Merpati Ampenan Tahun Ajaran 2022/2023,” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, vol. 8, no. 3, pp. 1415–1419, 2023, doi: 10.29303/jipp.v8i3.1494.
S. Cania, R. Novianti, and D. Chairilsyah, “Pengaruh Media Glowing City terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri pada Anak Usia Dini,” Aulad : Journal on Early Childhood, vol. 3, no. 1, pp. 53–60, 2020, doi: 10.31004/aulad.v3i1.54.
M. Karmeliya Firdaus and D. Ayu Puteri Hadayani, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini Melalui Media Busy Book 3D,” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, vol. 9, no. 1, p. 53, 2021, doi: 10.23887/paud.v9i1.35719.
N. E. H. Puad, H. I. Sa’adah, and Sinarmawati, “Peningkatan kemampuan mengenal huruf anak usia dini melalui media buku sensori alphabet A-Z pada kelompok A TK Runiah School Kota Makasar,” vol. 1, no. 2, p. 14, 2023.
J. A. Jaa, P. Kemampuan, and M. Halus, “TKQ NURUL HUDA KARAWANG Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak fisik dan psikis sebagai hasil kematangan dan belajar . Menurut Gautama dalam ( Hasbi , belajar . Perkembangan pada anak seringkali tidak disadari ole,” vol. 2, no. 2, pp. 170–180, 2021.
A. Alucyana, R. Raihana, and D. T. Utami, “Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah di PAUD,” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, vol. 17, no. 1, pp. 46–57, 2020, doi: 10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(1).4638.
C. R. Vera, “Analisis kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun di dusun deyah baro,” 2022.
T. Purwati, “Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Se- the Ability To Recognize Letters in Children Aged 4-5 Years in,” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 10, no. 2, pp. 3–10, 2021.
E. Suberti, “Meningkatkan Kemampuan mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun dengan Menggunakan Permainan Kotak Alfabet,” Plamboyan Edu, vol. 1, no. 2, pp. 186–197, 2023.
A. Rahmadini and D. P. Fatmawati, “Pengaruh Media Eat The Vocal terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Vokal pada Anak Tunagrahita,” Jurnal Basicedu, vol. 8, no. 1, pp. 892–899, 2024.
B. Asni, H. Fitrianti, N. Hasanah, and M. Riyana, “Analisis kegiatan pembelajaran mengenal huruf anak usia 4-5 tahun,” Musamus Journal of Primary Education, vol. 5, no. 1, pp. 65–71, 2022.
K. Khadijah, A. Arlina, and R. A. Rahmadani, “Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini di RA Amanah Amaliyah,” Jurnal Raudhah, vol. 9, no. 1, 2021.
N. Nurlaita, F. Hayati, and R. Oktariana, “PENGEMBANGAN MEDIA POHON HURUF UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK KELOMPOK B-5 DI TK FKIP UNSYIAH,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, vol. 2, no. 2, 2021.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.