The Relationship of Product Knowledge, Company Image, and Promotion on Purchasing Decisions for Unilever Indonesia Products in Sidoarjo
Hubungan Pengetahuan Produk, Citra Perusahaan, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk-produk Unilever Indonesia di Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.7105Keywords:
Company Image, Product Knowledge, Promotion, Purchasing DecisionAbstract
In an era of increasingly competitive business, a deep understanding of factors related to consumer purchasing decisions is crucial for companies. Aligning with this need, this research aims to analyze the relationships between product knowledge, company image, and promotion with purchasing decisions. This study employs a quantitative method using a correlational approach and involves 100 respondents as the sample. The results of statistical analysis prove that there is a relationship between product knowledge and purchasing decisions, company image and purchasing decisions, and promotions and purchasing decisions. The relationship between these factors is positive and significant. The results of this research provide scientific benefits by adding empirical evidence regarding the relationship between these factors and also enriching the study of consumer behavior in Indonesia.
Downloads
References
N. Fajrah dkk., Pengantar Teknik Industri. Bandung: Widina Media Utama, 2023.
C. Abdullah dan D. Suliyanthini, “Perubahan Perilaku Konsumen di Masa Pandemi COVID-19,” Equilibrium: Jurnal Pendidikan, vol. 9, no. 1, hlm. 18–24, 2021.
M. Ubaidillah, “Pandangan CEO Unilever Indonesia tentang Perubahan Perilaku Konsumen,” 2023. archive.vn/cCuZd (diakses 2 Januari 2024).
Unilever Indonesia, “Tentang Unilever Indonesia,” Unilever, 2023. archive.ph/J0JIN (diakses 2 Januari 2024).
A. Kharisma, “5 Strategi Prioritas Unilever Indonesia untuk Tetap Kompetitif di 2023,” detikfinance, 2023. archive.ph/kVkvX (diakses 2 Januari 2024).
InvestinAsia, “FMCG Industry in Indonesia: Outlook and Opportunities,” News and Insight - InvestinAsia, 2023. archive.ph/rNq8y (diakses 2 Januari 2024).
R. S. Nugroho, “5 Perusahaan FMCG Terbesar di Indonesia 2023, Apa Saja?,” idxchannel.com, 2023. archive.ph/S27ed (diakses 2 Januari 2024).
R. Pahlevi, “Sunlight Jadi Produk Perawatan Rumah Tangga dengan Nilai Konsumen Tertinggi pada 2021 | Databoks,” databoks, 2021. archive.ph/dJ6bm (diakses 2 Januari 2024).
R. Pahlevi, “Pepsodent Jadi Produk Perawatan Diri Pilihan Konsumen Indonesia pada 2021 | Databoks,” databoks, 2021. archive.ph/QBxch (diakses 2 Januari 2024).
C. M. Annur, “Apa Merek Kecap Favorit Masyarakat Indonesia? Ini Hasil Surveinya | Databoks,” 2023. archive.ph/DbpQT (diakses 2 Januari 2024).
S. Rahayu dan N. Afrilliana, Buku Ajar Perilaku Konsumen. Palembang: CV. Penerbit Anugrah Jaya, 2021.
D. A. Shishani, “Factors Influence the Buying Behaviours of Consumers,” International Journal of Recent Research in Social Sciences and Humanities (IJRRSSH), vol. 7, no. 3, hlm. 14–21, 2020.
R. Putri, “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Unilever di Banda Aceh,” PhD Thesis, UIN Ar-Raniry, 2019. Diakses: 2 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14432/
F. Damayanti, M. H. Saputra, dan F. Rahmawati, “Dampak Citra Merek dan Kualitas Produk dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Pengguna Produk PT. Unilever Indonesia,” Journal of Applied Bussines and Banking (JABB), vol. 4, no. 1, hlm. 23–36, 2023.
R. A. Ginting, A. Angelia, T. Salsabila, S. Damero, R. Primananda, dan K. Setyo, “Pengaruh Green Marketing, Inovasi Produk dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus: PT Unilever Indonesia Tbk),” Jurnal Ilmu Multidisplin, vol. 1, no. 4, hlm. 986–992, 2023.
R. Rusniati dan R. Rahmawati, “Green Product: Pengaruh Pengetahuan Produk, Pengetahuan Pembelian dan Pengetahuan Pemakaian terhadap Keputusan Pembelian,” Jurnal Intekna: Informasi Teknik dan Niaga, vol. 19, no. 1, hlm. 60–68, 2019.
E. A. Sinambela, P. P. Sari, dan S. Arifin, “Pengaruh Variabel Harga dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Wingsfood,” Akuntabilitas: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, vol. 12, no. 1, hlm. 55–70, 2020.
M. S. Sultan dan A. Khalik, “Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pemebilian Produk Unilever Indonesia Cabang Makassar,” Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 12, no. 4, hlm. 370–382, 2023.
N. L. Pamungkas, I. Ibdalsyah, dan R. Triwoelandari, “Pengaruh Islamic Branding, Celebrity Endorser, dan Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kosmetik Wardah,” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, vol. 2, no. 2, hlm. 111–125, 2021.
E. Mulati dan B. Utomo, “Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal,” Jurnal Ekomaks: Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, vol. 10, no. 2, hlm. 59–66, 2021.
N. P. D. Tresmiana, N. W. E. Mitariani, dan I. G. A. Imbayani, “Pengaruh Citra Perusahaan, Persepsi Harga dan Promosi Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda pada CV. MKM Darmasaba,” VALUES, vol. 1, no. 3, 2020, Diakses: 2 Januari 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/value/article/view/1304
V. Damayanti, “Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pelanggan dalam Menggunakan JNE Sebagai Jasa Pengiriman (Studi Kasus di PT. JNE Cabang Medan Marelan),” Universitas Potensi Utama, 2021.
S. Tulangow, T. M. Tumbel, dan O. F. Walangitan, “Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia di Kota Manado,” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), vol. 9, no. 3, hlm. 35–43, 2019.
K. Khotimah dan A. Nurtantiono, “Pengaruh Produk, Persepsi Harga, Promosi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah di Solo Raya,” Creative Research Management Journal, vol. 4, no. 1, hlm. 1–10, 2021.
U. E. Chigbu, S. O. Atiku, dan C. C. D. Plessis, “The Science of Literature Reviews: Searching, Identifying, Selecting, and Synthesising,” International Journal of Innovative Science and Research Technology, vol. 7, no. 1, hlm. 955–962, 2023.
United Nations, “Ensure Sustainable Consumption and Production Patterns.” archive.ph/7bvH0 (diakses 6 November 2024).
E. Zusrony, Perilaku Konsumen di Era Modern. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik, 2021.
D. Damayanti dkk., Keputusan Pembelian Dalam Perilaku Konsumen. Yogyakarta: STIE Widya Wiwaha, 2023.
M. A. K. Septyadi, M. Salamah, dan S. Nujiyatillah, “Literature Review Keputusan Pembelian dan Minat Beli Konsumen pada Smartphone: Harga dan Promosi,” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, vol. 3, no. 1, hlm. 301–313, 2022.
F. Tridiwianti dan H. Harti, “Pengaruh Green Product Awareness dan Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Green Body Care,” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), vol. 9, no. 1, hlm. 1104–1110, 2021.
A. Ariyanto, A. Nuryani, dan D. Sunarsi, “Pengaruh Store Atmosphere dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Alfamart BSD Tangerang Selatan,” Jurnal Ekonomi Efektif, vol. 3, no. 1, hlm. 29–36, 2020.
H. M. P. Simarmata dkk., Manajemen Perilaku Konsumen dan Loyalitas. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.
A. Andrian, C. I. W. Putra, Jumawan, dan M. F. Nursal, Perilaku Konsumen. Malang: Rena Cipta Mandiri, 2022.
R. Ricardo, “Building Purchase Intention: Company Image, Product Knowledge and Price Perception,” Dinasti International Journal of Digital Business Management, vol. 2, no. 6, hlm. 1090–1098, 2021.
A. Wardhana, Perilaku Konsumen Di Era Digital. Purbalingga: Eureka Media Aksara, 2024.
Y. B. Prakosa dan E. Tjahjaningsih, “Pengaruh Kualitas Produk, Gaya Hidup, dan Pengetahuan Produk terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepeda Lipat di Kota Semarang,” INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, vol. 4, no. 3, hlm. 361–374, 2021.
T. P. Astuti dan N. Septiana, “Pengaruh Pengetahuan Produk, Label Halal dan Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Best Fried Chicken (BFC) Restara Batanghari Melalui Rekomendasi Kelompok Sebagai Variabel Moderating,” Journal of Managiere and Business, vol. 1, no. 2, hlm. 69–84, 2023.
A. Wahid, Strategi Membangun Citra dan Kinerja Lembaga. Pati: Fatiha Media, 2023.
L. O. Sugianto, Model Pengembangan Citra Perusahaan. Banten: Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju.
M. Irwanti, Manajemen Krisis Komunikasi: Tinjauan Teoritis dan Praktis. Bandung: Widina Media Utama, 2023.
D. D. Safitri, “Pengaruh Citra Perusahaan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di Online Marketplace,” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), vol. 8, no. 3, hlm. 1020–1026, 2020.
F. Reken dkk., Pengantar Ilmu Manajemen Pemasaran. Padang: CV. Gita Lentera, 2024.
A. Santoso dan A. R. Sispradana, “Analysis Toward Purchase Decision Determinant Factors,” Asian Management and Business Review, hlm. 155–164, 2021.
K. Prilano, A. Sudarso, dan F. Fajrillah, “Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada,” Journal of Business and Economics Research (JBE), vol. 1, no. 1, hlm. 1–10, 2020.
R. Astuti, I. Ardila, dan R. R. Lubis, “Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse,” Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), vol. 2, no. 2, hlm. 204–219, 2021.
K. Abdullah dkk., Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.
R. Abubakar, Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga, 2021.
Purwanto, Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Reliabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. Magelang: StaiaPress, 2019.
S. K. Ahmed, “How To Chose A Sampling Technique and Determine Sample Size For Research: A Simplified Guide For Researchers,” Oral Oncology Reports, vol. 12, no. 100662, 2024.
S. S. T. Mohanasundaram dan P. B. V. H. Harsha, “Selecting the Right Sample Size: Methods and Considerations for Social Science Researchers,” International Journal of Business and Management Invention (IJBMI), vol. 13, no. 7, hlm. 152–167, 2024.
R. Bevans, “Types of Variables in Research & Statistics | Examples,” Scribbr, 21 Juni 2023. archive.ph/vPEsx
Moch. B. U. B. Arifin dan Aunillah, Buku Ajar Statistik Pendidikan. Sidoarjo: Umsida Press, 2021.
R. S. Hamid dan I. K. Patra, Buku Ajar Pengantar Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi: Konsep Dasar dan Aplikasi SPSS Versi 25. Serang: CV. AA. Rizky, 2019.
L. Rosalina, R. Oktarina, Rahmiati, dan I. Saputra, Buku Ajar Statistika. Padang: CV. Muharika Rumah Ilmiah, 2023.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2025 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.