Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Consumer Ethnocentrism, Product Knowledge, and Brand Identity on Purchasing Decisions on Eiger Products

Etnosentrisme Konsumen, Product Knowledge, dan Identitas Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Eiger

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.7053

Keywords:

Consumer Ethnocentrism, Product Knowledge, Brand Identity, Purchasing Decisions

Abstract

This research aims to examine the impact of consumer ethnocentrism, product knowledge and brand identity on purchasing decisions for Eiger products. Using quantitative methods with purposive sampling, this research involved 100 respondents who had purchased Eiger products. Data was obtained through a questionnaire and utilized a Likert scale to measure respondents' attitudes and opinions. Data analysis was carried out using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) to test the established hypotheses. The results showed that Consumer Ethnocentrism, Product Knowledge, Brand Identity had a positive and significant effect on Eiger product purchasing decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. M. Farid, M. Hufron, and B. Wahono, “pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Tas Eiger Mahasiswa Penghuni Kost Di Kelurahan Dinoyo),” e-Jurnal Ris. Manaj., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2017.

R. A. C. Pradana and H. Purwanto, “Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris pada EIGER Cabang Kota Madiun),” Semin. Inov. Manaj. Bisnis dan Akunt. 4, no. September 2022, pp. 1–13, 2022.

T. Rahmawati, M. Ulfah, and P. Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Untan Pontianak, “Analisis Elemen Brand Equity Dan Hubungannya Dengan Loyalitas Pelanggan Produk Eiger,” vol. 11, pp. 2715–2723, 2022, doi: 10.26418/jppk.v11i10.58842.

A. A. Anas and T. Sudarwanto, “Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian di Eiger Store Royal Plaza Surabaya,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 8, no. 3, pp. 953–958, 2020.

C. Anam, I. W. Istiqomah, and P. I. A. Husna, “Pengaruh Gaya Hidup Konsumen, Kualitas Produk, Ekuitas Merek Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Eiger Mojokerto,” Margin Eco, vol. 6, no. 1, pp. 1–14, 2022, doi: 10.32764/margin.v6i1.2577.

R. G. Perdana and M. P. Pratama, “Pengaruh Perceived Brand Prestige, Product Quality dan Design Product terhadap Keputusan Pembelian Produk Tas Eiger,” J. Ilm. Mhs. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 2, no. 5, pp. 802–812, 2020, doi: 10.32639/jimmba.v2i5.649.

Y. T. Ayes, G. T. Hariyadi, L. Yovita, and F. I. F. S. Putra, “Diferensiasi Produk, Eco-label, Dan Brand Awareness Sebagai Peran Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Produk Eiger,” J. Maneksi, vol. 13, no. 2, pp. 500–512, 2024, doi: 10.31959/jm.v13i2.2327.

N. K. Ahmadi and Herlina, “Analisis Segmentasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger di Bandar Lampung,” J. Manaj. Magister, Vol 03. No.01, Januari 2017, vol. 03, no. 01, pp. 75–95, 2017.

D. P. Sari and A. Nuvriasari, “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Eiger (Kajian Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta),” J. Penelitan Ekon. dan Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 73–83, 2018, doi: 10.33633/jpeb.v3i2.2298.

F. Fauzi, “Pengaruh Etnosentrisme, Citra Merek Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Batik,” J. Ekon. J. Econ., vol. 11, no. 1, pp. 86–95, 2020, doi: 10.47007/jeko.v11i1.3220.

K. Kaniawati, “Analisis Pengaruh Psikologi Konsumen Dan Etnosentrisme Terhadap Minat Beli Konsumen Sepatu Di Cibaduyut Bandung (Studi Kasus Konsumen Diana Shoes Bandung),” J. Muara Ilmu Ekon. dan Bisnis, vol. 3, no. 2, p. 247, 2019, doi: 10.24912/jmieb.v3i2.5065.

S. Dhea Febyana, L. E. Herman Mulyono, and M. Mujahid Dakwah, “Pengaruh Electronic Word of Mouth, Kualitas Produk dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik BLP Beauty (Studi Pada Mahasiswi Di Kota Mataram),” J. Sos. Ekon. Dan Hum., vol. 9, no. 1, pp. 68–73, 2023, doi: 10.29303/jseh.v9i1.199.

A. Priyono, “Pengaruh Green Marketing dan Identitas Merek pada Citra Merek terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Ultra Milk di Area Pemasaran Jakarta,” Ind. Eng. J., vol. 6, no. 1, pp. 4–9, 2017.

T. S. M. Alghifari, A.f., dan Rahayu, “Pengaruh Diskon, Kualitas Website, Persepsi Risiko Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee: Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto,” J. Manaj., vol. 15, no. 2, pp. 223–236, 2021.

N. L. Pamungkas, I. Ibdalsyah, and R. Triwoelandari, “Pengaruh Islamic Branding, Celebrity Endorser, dan Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kosmetik Wardah,” El-Mal J. Kaji. Ekon. Bisnis Islam, vol. 4, no. 2, pp. 100–114, 2021, doi: 10.47467/elmal.v4i2.539.

F. Tridiwianti, “Pengaruh Green Product Awareness Dan Pengetahuan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Green Body Care,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. Vol 9, no. 1, pp. 1104–1110, 2021.

V. M. Ponto, “Peningkatan Produktivitas Dalam Rangka Mewujudkan Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (Tujuan ke-8 Sustainable Development Goals),” Cendekia Niaga, vol. 7, no. 1, pp. 85–96, 2023, doi: 10.52391/jcn.v7i1.792.

M. Br Marbun, H. Ali, and F. Dwikoco, “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran),” J. Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 2, pp. 716–727, 2022, doi: 10.38035/jmpis.v3i2.1134.

E. H. Sya’idah, “Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian,” JMK (Jurnal Manaj. dan Kewirausahaan), vol. 5, no. 3, p. 204, 2020, doi: 10.32503/jmk.v5i3.1106.

I. Mutiara and Syahputra, “Pengaruh Pengetahuan Produk dan Produk Halal Terhadap Keputusan Kembelian pada Produk Kecantikan Korea,” J. Indones. Membangun, vol. 17, no. 2, pp. 148–160, 2018.

I. D. Meithiana, “No Title,” PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN, 2019. http://repository.unitomo.ac.id/2773/1/PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN.pdf

M. Safinaturrizqy, A. Shafa, and S. Sanaji, “Pengaruh brand ambassador selebriti Korea Selatan terhadap niat beli produk perawatan kulit dan kosmetik yang dimoderasi etnosentrisme konsumen,” J. Ilmu Manaj., vol. 11, no. 3, pp. 682–693, 2023.

C. Laraswati and H. Harti, “Pengaruh Persepsi Kualitas, Citra Merek Dan Etnosentrisme Konsumen Terhadap Minat Pembelian Produk Somethinc,” J. Ekobis Ekon. Bisnis Manaj., vol. 12, no. 2, pp. 185–196, 2022, doi: 10.37932/j.e.v12i2.564.

S. Sanita, A. Kusniawati, M. N. Lestari, F. Ekonomi, and U. Galuh, “Pengaruh Product Knowledge dan Brand Image terhadap Purchase Intention.,” Bus. Manag. Entrep. J., vol. 1, no. 3, pp. 169–184, 2019.

R. Zullaihah and H. A. Setyawati, “Analisis Pengaruh Iklan, Identitas Merek, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Pengguna Smartphone Merek Oppo di Kebumen),” J. Ilm. Mhs. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 3, no. 1, pp. 169–184, 2021.

L. Budihardja and T. Sitinjak, “Pengaruh Identitas Merek, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pada Konsumen Sepatu Nike Di Jakarta,” J. Manaj., vol. 11, no. 2, pp. 1–8, 2022, doi: 10.46806/jm.v11i2.870.

R. M. Ryana and H. Haryanto, “Pengaruh identitas merek, citra merek, kualitas produk, kualitas layanan terhadap niat beli produk di coffee shop Batam dengan kepercayaan konsumen sebagai mediasi,” Manag. Stud. Entrep. J., vol. 4, no. 4, pp. 3629–3641, 2023, [Online]. Available: http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

A. J. Zebuah, “Analisis Identitas Merek, Loyalitas Merek, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Toyota,” J. Manaj. Pemasar., vol. 12, no. 2, pp. 61–68, 2018, doi: 10.9744/pemasaran.12.2.61-68.

Dewi Rahmawati, Aini Kusniawati, and Kasman, “Pengaruh Identitas Merek Terhadap Loyalitas Konsumen,” J. Bus. Manag. Entrep., vol. 2, no. 1, pp. 20–27, 2020.

R. Indriyani and A. Suri, “Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion,” J. Manaj. Pemasar., vol. 14, no. 1, pp. 25–34, 2020, doi: 10.9744/pemasaran.14.1.25-34.

A. A. . & S. E. Hadi Sofyan.M, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Store Atmosphere Terhadap keputusan pembelian Produk Eiger,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 9, no. 6, pp. 289–299, 2022.

E. Devinda and H. Purwanto, “PERAN SALES PROMOTION, BRAND EQUITY DAN LIFESTYLE DALAM MEMPENGARUHI REPURCHASE INTENTION PRODUK EIGER (Studi Empiris pada Store Eiger Madiun),” Semin. Inov. Manaj. Bisnis dan Akunt. 4, no. September, 2022.

M. Romadani, S. K. Hildayanti, and S. Lazuarni, “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Eiger,” J. EMA, vol. 8, no. 2, p. 143, 2023, doi: 10.51213/ema.v8i2.353.

D. A. N. Asosiasi, M. Terhadap, and N. D. Pratiwi, “PENGARUH KESADARAN MEREK , PERSEPSI KUALITAS PEMBELIAN PRODUK EIGER ( Studi Kasus Pada Penggiat Alam Bebas di Kota Surabaya ),” vol. 4, no. September, pp. 96–101, 2023.

U. Umah and A. Pebrianggara, “The Effect of E-Service Quality, E-Trust and E-WOM on E-Customer Loyalty at Lazada Marketplace in Sidoarjo [Pengaruh E-Service Quality, E-Trust dan E-WOM Terhadap E-Customer Loyalty Pada Marketplace Lazada di Sidoarjo],” J. Ilm. Komput. Akuntasi(KOMPAK), vol. 17, no. 1, pp. 1–12, 2024, [Online]. Available: https://sdgs.un.org/goals/goal8

K. A. Prajasantana, A. B. D. Mardiartmi, and J. G. Argo, “Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Fore Coffee Senopati (Studi Pada Masa Pandemi Covid-19),” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 2, pp. 187–200, 2021.

D. B. Aristanto, “The Effect of Knowledge Sharing To Individual Innovation Capability and Employee Performance (Selected Research’S Object Is PT. PLN (Persero) Unit Induk,” J. EMBA, vol. Vol.5 No.2, no. 2, pp. 1539–1545, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/download/16224/15730

K. Masyarakat, P. Bank, and S. Indonesia, “Issn : 3025-9495,” vol. 3, no. 1, 2023.

M. Angkola, C. W. Utami, and G. G. Gosal, “Pengaruh Gaya Hidup Dan Etnosentrisme Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian,” Performa, vol. 8, no. 2, pp. 147–157, 2023, doi: 10.37715/jp.v8i2.2037.

S. Suparwi and S. Fitriyani, “Pengaruh Product Knowledge, Brand Image, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Top White Coffe Mahasiswa FEBI IAIN Kudus 2016-2017,” BISNIS J. Bisnis dan Manaj. Islam, vol. 8, no. 2, p. 253, 2020, doi: 10.21043/bisnis.v8i2.8764.

Rorlen, M. Ekadjaja, Eric Adiwijaya, and Elizabeth Christinio Puspita, “Pengaruh Identitas Merek, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk,” J. Ekon., vol. 28, no. 2, pp. 255–273, 2023, doi: 10.24912/je.v28i2.1622.

Posted

2025-01-31