Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Improving learning concentration through Animation-based audiovisual media at Dharma Wanita Nambangan Kindergarten

Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Media Audio Visual Berbasis Animasi di Tk Dharma Wanita Nambagan-Mojosari

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.6902

Keywords:

audio-visual media, concentration, understanding, early childhood education, classroom action research

Abstract

The purpose of this study is to investigate how Dharma Wanita Nambangan Kindergarten students’ comprehension and concentration are affected by audio-visual media. This study employs classroom action research techniques to conduct pre-action observation, apply audio-visual media, and then observe and reflect. 75% of students demonstrated improved focus and comprehension following the intervention, indicating significant improvements in students’ concentration and comprehension. This demonstrates that audio-visual media can effectively enhance early childhood education learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Nazmi, “Penerapan Media Animasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi di SMA PGII 2 Bandung,” J. Pendidik. Geogr., vol. 17, no. 1, pp. 48–57, 2017.

L. Z. Lutfiyah, “Peningkatan Kemampuan Menyimak Dongen Dengan Metode Mind Map Melalui Media Animasi Audio Visual Dalam Mata Kuliah Menyimak Karya Sastra di IKIP BUDI UTOMO MALANG,” Paradig. J. Filsafat, Sains, Teknol. dan Sos. Budaya, vol. 24, no. 1, 2018.

K. Fajriyah, S. Fatimah, and A. Rinawati, “Penerapan Media Audio Visual Dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas 2 di SD Negeri Wotbuwono,” Tarbi J. Ilm. Mhs., vol. 1, no. 2, pp. 180–188, 2022.

D. R. Amalia and C. N. Aulina, “Peningkatkan Kemampuan Konsentrasi Belajar Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual,” J. Ris. dan Inov. Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 431–447, 2024.

S. E. KRISTIANI, S. BAEDOWI, and P. Aryanto, “Pengaruh Media Pembelajaran flm Animasi Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa,” DWIJALOKA J. Pendidik. Dasar dan Menengah, vol. 3, no. 4, pp. 500–505, 2022.

N. L. Lingga, “Pengaruh Pemberian Media Animasi Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri Tanjung Duren Utara 01 Pagi Jakarta Barat,” Progr. Stud. Ilmu Gizi Fak. Ilmu Kesehat. Univ. Esa Unggul Jakarta, 2015.

H. Tridaya and D. W. Kusuma, “Upaya Menikatkan Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPS Menggunakan Metode Audio Visual Pada Siswa Kelas VIII SMP Tahun Pelajaran 2022/2023,” J. Pendidik. Ekon. Kontemporer, vol. 1, no. 1, pp. 1–14, 2024.

A. R. Al Hasan, J. Fatkhurohim, R. Shyfa, S. Fatimah, and I. Subarkah, “Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI Kelas IX E di SMP Negeri 4 Kebumen,” Tarbi J. Ilm. Mhs., vol. 2, no. 2, pp. 359–371, 2023.

V. Febianti, H. Kusuma, and E. N. A. Yanto, “Pengaruh Media Animasi Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Dongeng Fabel pada Pembelajaran Bahasa Indonesia,” in SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 2023, pp. 475–483.

F. Mikamahuly, “Inovasi Bahan Ajar Audio Visual berbentuk Animasi dalam Pembelajaran PAI,” Pase J. Contemp. Islam. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 85–105, 2023.

B. F. Farlina, “Pengaruh Media Animasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Diagnosa Gangguan Keseimbangan Asam Basa dalam Tubuh Pada Mahasiswa S1 Ilmu Keperawatan STIKes Hamzar,” ProHealth J., vol. 20, no. 2, pp. 72–80, 2023.

I. Sihite, “Penggunaa Media Animasi Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Anak Pada Siswa Kelas V SD,” J. Darma Agung, vol. 31, no. 6, pp. 503–528, 2023.

Y. Intaniasari, R. D. Utami, E. Purnomo, And A. Aswadi, “Menumbuhkan antusiasme belajar melalui media audio visual pada siswa sekolah dasar,” Bul. Pengemb. Perangkat Pembelajaran, vol. 4, no. 1, 2022.

N. I. W. Purnamasari, I. D. N. Supariasa, I. N. T. Komalyna, and B. D. Riyadi, “Pengaruh Penyuluhan Gizi dengan Media Animasi Pencegahan Stunting terhadap Pengetahuan dan Sikap Pengurus Insan Genre Majapahit,” Media Publ. Promosi Kesehat. Indones., vol. 5, no. 12, pp. 1578–1584, 2022.

S. Andriyani and R. Kurniasari, “Pengaruh Edukasi Melalui Media Audiovisual (Animasi) Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar,” Prepotif J. Kesehat. Masy., vol. 6, no. 2, pp. 1686–1690, 2022.

T. C. Lubis and M. Mavianti, “Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Anak,” J. Raudhah, vol. 10, no. 2, 2022.

V. R. Fione, Y. Karamoy, and S. Pulumoduyo, “Pengaruh Edukasi Menggunakan Media Animasi Terhadap Pengetahuan kesehatan Gigi dan Mulut Siswa Sekolah Dasar Negeri 31 Kota Manado,” JIGIM (Jurnal Ilm. Gigi dan Mulut), vol. 4, no. 2, pp. 14–20, 2021.

S. Maghfiroh and D. Suryana, “Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 1, pp. 1560–1566, 2021.

Fatimah, Siti, Imam Subarkah, Deta Muntaha, dan Ida Farida. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran PAI Model Problem Based Learning (PBL) Materi Munaqahat. Kasta: Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya, dan Terapan. Vol. 1 No. 1: 75-82.

Ananda, Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). Manurung, Putri, Mariana. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan

Posted

2025-07-25