Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

The Effect Word of Mouth, Product Quality and Price on Purchase Decisions at Mie Gacoan in Sidoarjo


Pengaruh Word of Mouth, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.6901

Keywords:

Word Of Mouth, Product Quality, Price, Purchase Decisions

Abstract

The research aims to determine Word of mouth, Product quality, and Price on Purchasing decisions for Gacoan noodles in Sidoarjo. By using a quantitative approach, this approach can be used to test theory objectively by looking at the relationship between variabels. Sampling was taken using a no-probability sampling technique using a purposive a sampling method, the total sample was 100 Gacoan noodles consumers in all Sidoarjo district oulets. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis with the SPSS V25 program. The research results include; Word of Mouth influences Purchasing Decisions, Product quality influences Purchasing Decisions, Price influences Purchasing Decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Zahira, “Naik Signifikan, Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 7% Saat Ramadhan,” Katadata, 2023. [Online]. Available: https://katadata.co.id/tiakomalasari/berita/6434fda7de441/naik-signifikan-industri-makanan-dan-minuman-tumbuh-7-saat-ramadan. [Accessed: Jan. 7, 2025].

S. H. Erawati and B. P. J. Wardhana, “Determinan Word Of Mouth Dalam Bisnis Kuliner,” Maneggio J. Ilm. Magister Manaj., vol. 6, no. 1, pp. 15–21, 2023. doi: 10.30596/maneggio.v6i1.13878.

P. Kotler, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo, 2002.

R. Desmara, “Populernya Mie Gacoan di Indonesia,” Kompasiana, 2023. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/romadesmara6018/63d3405c4addee7a1d453723/populernya-mie-gacoan-di-indonesia#:~:text=Mie Gacoan berdiri pada awal,Jawa Timur dan Jawa Tengah. [Accessed: Jan. 7, 2025].

J. Prasetyo, B. A. Yani, and I. Aryati, “Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Mie Gacoan (Studi Kasus Pada Mie Gacoan Manahan),” vol. 05, no. March, pp. 1–19, 2021.

I. N. W. Wangsa, Promosi Penjualan Untuk Membangun Electronic Word of Mouth dan Mendorong Pengambilan Keputusan Pembelian. Klaten: Lakeisha, 2022.

P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Management, 15th ed. England: Pearson, 2016.

P. Kotler, Manajemen Pemasaran. Jakarta: CV Budi Utama, 2021.

P. Kotler and K. L. Keller, Manajemen Pemasaran, 2018.

J. Fauziyah, H. Wijayanto, and S. Chamidah, “Pengaruh Resto Atmosphere, Word of Mouth, dan Budaya Milenial Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Gacoan Cab. Ponorogo,” vol. 3, pp. 8342–8355, 2023.

M. N. Afifah, “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Emina di Batam,” J. Manag. Bussines, vol. 4, no. 1, pp. 1121–1133, 2023.

A. Rifani and S. Syamsuriani, “Pengaruh Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Livestream Tiktok Shop),” 2024.

S. Sukmawati, “Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Sehat Soyjoy,” Cakrawangsa Bisnis J. Ilm. Mhs., vol. 1, no. 1, pp. 17–28, 2020.

P. Kotler and K. L. Keller, Manajemen Pemasaran, 13 jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2011.

Y. P. Hastoko and W. R. Wati, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian di Burger King Trans Studio Mall Cibubur,” Humantech J. Ilm. Multidisiplin Indones., vol. 2, no. 1, pp. 188–203, 2022.

P. Kotler and G. Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga, 2008.

N. Adlina and C. M. S. Menuk, “Pengaruh Iklan, Kualitas Produk, WOM Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo (Kasus Pada Masyarakat Dusun Keboan Anom 2 Gedangan Sidoarjo),” vol. 2, no. 2, pp. 324–334, 2021.

I. Hilmawan, “Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening,” pp. 154–166, 2019.

A. Santoso, “Baru Buka, Kedai Mie Gacoan di Sidoarjo Barat Diserbu Pembeli,” RRI, 2023.

P. Kotler and G. Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, 12th ed. Jakarta: Erlangga, 2012.

M. Tricahyanti, M. A. D. Adinda, and M. Mashariono, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Samsung,” J. Ilmu dan Ris. Manaj.

S. Suratmiyati, S. Suratmiyati, and Y. Anggoro, “Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa,” Manag. Bus. Rev.

E. Putri, Word Of Mouth sebagai bentuk komunikasi interpersonal. New Jersey: Prentice Hall, 2008.

L. Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat, 2006.

W. Wod, West, and Harger, Advertising & Promotion: an IMC Perspective, 2007.

F. Tjiptono, Service, Quality & Satisfaction, 3rd ed. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2014.

T. S. M. Rahayu and R. Handayani, “Pengaruh Label Halal, Promosi di Media Sosial, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow Di Cilacap,” vol. 17, no. 1, pp. 64–76, 2023.

Y. Kurniawan and M. Mashariono, “Pengaruh Word Of Mouth, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Zahra Catering,” 2013.

R. Patmala, Y. Gusteti, and F. Resty, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Butik Di Kecamatan Koto Salak (Studi Kasus Pada Wanita Di Kecamatan Koto Salak),” vol. 09, no. November, pp. 472–481, 2022.

W. Andriani and P. R. K. Sari, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan Merek Dharma (Studi Kasus pada Konsumen CV. Bahana Tirta Alam Maritim di Kab. Sumbawa Besar),” J. Manajemendan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 1–17, 2019.

A. Balqis Anggraini and Saino, “Pengaruh Harga, Physical Evidence, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan Surabaya,” J. Pendidik. Tata Niaga, vol. 10, no. 1, pp. 1591–1599, 2022.

R. Erianto, R. A. Apriani, and M. Mashariono, “Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, Harga Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Furore Coffee,” J. Ilmu dan Ris. Manaj., vol. 7, no. 5, pp. 1–18, 2018.

S. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

S. Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2015.

E. Hurlock, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Edisi Keli. Jakarta: Erlangga, 2006.

S. Surbakti, “Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Penaksiran Dan Pembulatan Siswa Kelas Iv Sd Negeri 057198 Psr Viii Namu Trasi Tahun Ajaran 2019/2020,” Doctoral Dissertation, Universitas Quality, 2020.

S. Sugiarto, Metode Penelitian Bisnis, Edisi 1. Yogyakarta

S. Sugiarto, Metode Penelitian Bisnis, Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2017.

S. A. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Edisi Revi. Jakarta: Rineka Cipta, 2018.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS, Edisi ke-9. Semarang: Badan Penerbit UNDIP, 2018.

D. K. Sari, M. Yani, L. Indayani, and D. M. Chabibah, “The Role of Product Innovation and Entrepreneurial Orientation Towards Marketing Performance Through Competitive Advantage,” in Proc. ICBAE, 2022, pp. 10-11.

Posted

2025-01-08