Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Improving the Learning Concentration of 4-5 Year Old Childern Through the ATIK Method Bottle Filling Game at ABA 2 Pendil Kindergarten


Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode ATIK Permainan Mengisi Botol di TK ABA 2 Pendil

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.6875

Keywords:

Concentration, ATIK Method, Early Childhood

Abstract

Concentration is called focusing attention on an object that we are studying. Children's concentration in learning is very important so that children can concentrate on the material taught by the teacher. This study uses Classroom Action Research. Information collection is carried out through observation, action, interviews and documentation. The purpose of this study is to describe how the ATIK method in the form of a bottle filling game can be used to improve children's concentration. The increase in the percentage of concentration from the Pre-Cycle was 41.50%, in Cycle I it increased by an average of 53.95%, and Cycle II which experienced a rapid increase by an average of 95.05%. The conclusion of this study is that the ATIK method in the form of a bottle filling game can improve children's concentration by using several stages that have been determined in this study

Downloads

References

V. L. Putri, “Pengembangan Media frueelin untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini,” J. Golden Age, vol. 5, no. 02, pp. 155–163, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385%0APengembangan

H. Wulandari, K. Komariah, and W. Nabilla, “Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, pp. 78–89, 2022, doi: 10.37985/murhum.v3i1.91.

O. A. Yuli Supriani, “Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, p. 101, 2023.

E. R. Valentina Dewi, H. Hibana, and M. Ali, “Pengaruh Penggunaan Media Loose Parts terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, pp. 267–282, 2023, doi: 10.31004/obsesi.v7i1.3451.

M. D. S. Wahyuningrum and S. Watini, “Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 5384–5396, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i5.3038.

W. Firman and L. Anhusadar, “Peran Guru dalam Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini,” Kiddo J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 3, no. 2, pp. 28–37, 2022, doi: 10.19105/kiddo.v3i2.6721.

C. Cecep, D. Thosin Waskita, and N. Sabilah, “Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi,” J. Tahsinia, vol. 3, no. 1, pp. 63–70, 2022, doi: 10.57171/jt.v3i1.313.

S. Pratiwi and Y. Nur Asi’ah, “Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menjahit,” J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini ( Anaking ), vol. 1, no. 1, pp. 114–122, 2022, doi: 10.37968/anaking.v1i1.194.

S. H. Khotimah, T. Sunaryati, and S. Suhartini, “Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 676, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.683.

L. Rusyidiana, A. Ismail Fahmi, and D. Sulaeman, “Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Audio Visual,” J. Tahsinia, vol. 4, no. 1, pp. 82–92, 2023, doi: 10.57171/jt.v4i1.348.

D. A. S. Hasibuan and S. Watini, “Implementasi Bernyanyi ASYIK dalam Meningkatkan,” J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. September, pp. 3328–3333, 2022.

L. M. Sari and M. Marlina, “Efektivitas Bermain Lotto untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar bagi anak ADHD,” J. Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 310–316, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v5i1.665.

A. D. Ismi, D. P. D. Hariyanti, and I. Khasanah, “Pengaruh Penggunaan “ Ice Breaking “ Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini,” Wawasan Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 197–203, 2021, doi: 10.26877/wp.v1i2.8640.

Y. Yuliati, A. Munajat, and A. Info, “Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini Melalui Media Video Pembelajaran,” Indones. J. Instr. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 26–35, 2022, [Online]. Available: http://journal.kurasinstitute.com/index.php/ijit

Y. Yeny, I. Setiowati, D. Apriani, T. Supriatin, and S. Watini, “Implementasi Metode ATIK dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus pada Kegiatan Merangkai Buket di TK Diponegoro Singaraja Buleleng Bali,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 6, pp. 3738–3744, 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i6.2087.

H. Rahakbauw and S. Watini, “Implementasi Model Atik Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Menyusun Pola Abcd-Abcd,” J. Buah Hati, vol. 9, no. 1, pp. 1–9, 2022, doi: 10.46244/buahhati.v9i1.1696.

A. G. RK and S. Watini, “Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 628–632, 2022, doi: 10.54371/jiip.v5i2.467.

C. Rosmauli and S. Watini, “Implementasi Model ATIK untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis dalam Kegiatan Menggambar di TK IT Insan Mulia Pancoran,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 3, pp. 888–894, 2022, doi: 10.54371/jiip.v5i3.510.

U. Hanik, H. Hajerah, and S. Hafsah, “Meningkatkan Konsentrasi Anak Melalui Kegiatan Memasukkan Air Ke dalam Botol kelompok B kelas Marwa di TK Al-Hidayah Bence 2 Garum Blitar Jawa Timur,” J. Pemikir. Dan …, vol. 3, no. 1, pp. 78–83, 2021.

H. Musyafa’ah and A. Salim, “Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia 4 – 5 Tahun Melalui Metode Bermain Sensorimotor di TK Darussalam Sugihwaras,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 3, p. 15, 2024, doi: 10.47134/paud.v1i3.406.

D. Yiniasih, “Upaya Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini melalui Metode Atik dan Permainan Isi Botol di RA Al Fikri Klari,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 5, pp. 3007–3011, 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i5.1982.

Posted

2024-12-26