The Effect of Project Based Learning Model on the Utilisation of Used Goods on the Learning Creativity of 4th Grade Students of SDN Kemiri Sidoarjo
Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning pada Pemanfaatan Barang Bekas terhadap Kreativitas Belajar Siswa SDN Kemiri Sidoarjo kelas 4
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6754Keywords:
Project Based Learning Model, Utilization of Used Goods, Student CreativityAbstract
This research is motived by the large amunt of plastic bottle waste left in classrooms. through the project Based Learning learning model in science subjects, it is hoped that students will be able to utilize used items into projects and understand the basic concepts of science, namely energy change. The aim of this research is to describe the influence of using used goods on the students at SDN Kemiri Sidoarjo using the project Based Learning learning model. This research is a type of Pre Experimental Design research with a One Shot Study Design. Research has shown that project-based learning models can increase student creativity during the learning process. From the results of the average value of the percentage of student creativity has reached 59%, this value is included in the category p = 50-74% (Good Creativity).
Downloads
References
V. Puspita and N. Yuhelman, “Peningkatan proses pembelajaran tematik dengan menggunakan pendektan problem based learning di keals III SD,” Perspekt. Pendidik. dan Kegur., vol. VIII, no. 1, pp. 32–40, 2017.
S. N. Pratiwi, C. Cari, and N. S. Aminah, “Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa,” J. Mater. dan Pembelajaran …, vol. 9, pp. 34–42, 2019.
L. Hilda, “Pendekatan Saintifik pada Proses Pembelajaran,” Darul Ilmi, vol. 3, no. 1, pp. 69–84, 2015.
N. Roikhatul Jannah and W. Pratiwi, “Pendampingan Kegiatan Belajar Siswa dengan Memanfaatkan Barang Bekas untuk Meningkatkan Minat dan Kreativitas Belajar Siswa pada Era Covid-19.
M. Farid and J. . Pramukantoro, “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Menerapkan Dasar-dasar Teknik Digital di SMKN 2 Surabaya,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 02, no. 02, pp. 737–743, 2013.
K. V Min and B. Aceh, “Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning ( Pjbl ) Terhadap Kreativitas Dan Keterampilan Proses Sains Pada Pelajaran Ipa ,” 2021.
E. Setyowati, F. Kristin, and I. Anugraheni, “Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari 07,” vol. 1, no. 1, pp. 76–81, 2018.
R. Agustina, A. Sunarso, and I. Artikel, “Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Peningkatan Kreativitas Pada Mata Pelajaran Sbk Abstrak,” vol. 7, no. 3, pp. 75–79, 2018.
P. Kreativitas et al., “peningkatan kreativitas siswa dalam mengembangkan gerak tari burung enggang dengan metode jacqueline smith pada pembeljatan seni budaya kelas VIII di Smp negeri 2 tanah grogor kaltim,” 2021.
S. Harahap, “Identifikasi Kreativitas Siswa Terhadap Mata Pelajaran IPA,” Integr. Sci. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 16–22, Jan. 2020, doi: 10.37251/isej.v1i1.21.
M. M. Sari, M. Nasirun, and M. Ardina, “Jurnal Pena Paud Volume 1 Issue 1 ( 2020 ) Pages Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun dalam Membuat Karya Dengan Barang,” vol. 1, no. 1, pp. 72–80, 2020.
N. V. C. Saputri, D. K. B. Surbakti, A. D. Tarmizi, B. Supriatno, and S. Anggraeni, “Desain Eksperimen Fotosintesis Pengaruh Suhu Bermuatan Literasi Kuantitatif,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7608–7618, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3482.
Y. Yurni and F. Hariati, “Pengaruh Stimulasi Tugas Terhadap Motivasi dan Pemahaman Membaca Mahasiswa Dengan Rancangan One Shot case study,” J. Ilm. Dikdaya, vol. 12, no. 2, p. 391, 2022, doi: 10.33087/dikdaya.v12i2.331.
I. Nafik and N. Efendi, “The Effect of Project Based Learning Model on Science Learning Outcomes for Grade 4 Elementary School,” Acad. Open, vol. 7, pp. 1–15, 2022, doi: 10.21070/acopen.7.2022.4291.
Z. B. Putri and Budiyanto, “Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderating,” J. Ilmu dan Ris. Akunt., vol. Vol.7, no. No.3, p. Hal.1-16, 2018.
Wulandari, “Konsep Belajar Menggunakan Model Project Based Learning,” pp. 36–51, 2018.
N. Ngazizah and U. M. Purworejo, “Analisis kerja sama dan kemampuan kreativitas siswa kelas v sd pada materi ekosistem,” pp. 77–83.
M. N. Rofiq, “Peranan Filsafat Ilmu Bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan,” FALASIFA J. Stud. Keislam., vol. 9, no. 1, pp. 161–175, 2018, doi: 10.36835/falasifa.v9i1.112.
M. S. Dr. Fenti Hikmawati, metodologi penelitian. 2020.
I. S. Utomo and A. T. A. Hardini, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 12, pp. 9978–9985, 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i12.2495.
L. N. Hakim, “Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit,” Aspirasi, vol. 4, no. 2, pp. 165–172, 2013, [Online]. Available: https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/501.
W. Ningsih, M. Kamaludin, and R. Alfian, “Hubungan Media Pembelajaran dengan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Iptek Sengkol Tangerang Selatan,” Tarbawai J. Pendidik. Agama Islam, vol. 6, no. 01, pp. 77–92, 2021.
P. Ipa, “Validitas realibilitas instrument technologycal pedagogical content knowledge (Tpack) guru sekolah dasar muatan pelajaran IPA,” vol. 03, no. 01, pp. 126–139, 2018.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.