Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Effectiveness of Fun Learning Method in Learning to Read and Write the Qur'an at SMP Negeri 2 Sukodono


Efektivitas Metode Fun Learning pada Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an di SMP Negeri 2 Sukodono

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.6749

Keywords:

Fun Learning Method, Learning to Read and Write the Qur'an, SMP Negeri 2 Sukodono

Abstract

Learning to read and write the Qur'an (BTQ) at SMP Negeri 2 Sukodono is included in the category of intracurricular learning. BTQ learning material which is very complex makes students often faced with feelings of boredom and boredom during the learning process due to monotonous learning methods. This study aims to describe the effectiveness of the fun learning method in learning to read and write the Qur'an (BTQ) at SMP Negeri 2 Sukodono. This research uses descriptive qualitative methods with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. Data analysis of this research refers to the concept of miles and huberman by passing the process of data reduction stages, data presentation, and conclusion drawing. The results of the research on the effectiveness of the fun learning method in BTQ learning at SMP Negeri 2 Sukodono are considered very effective to always be maintained.

Downloads

Download data is not yet available.

References

‘Survei Kemenag, Indeks Literasi Al-Qur’an Kategori Tinggi’.

S. Syarifuddin, J. Jufri, and K. Hijrat, ‘Manajemen Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Metode Wafa di SDIT Ar Ruhul Jadid Jombang’, vol. 6, no. 3, 2023.

S. Sundari and T. Haryati, ‘Efektivitas Program Pembiasaan Pagi di MTS Nur Anom Grinsing Batang dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Al-Qur’an’, CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan, vol. 4, no. 2, 2024.

Y. Kusuma, ‘Model-Model Perkembangan Pembelajaran BTQ di TPQ/TPA di Indonesia’, 2018. [Online]. Available: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jpai/

E. Nuryasana and N. Desiningrum, ‘Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian’, Jurnal Inovasi Peneliian, 2020.

W. Lestari, U. Wahyudin, and J. Abidin, ‘Efektivitas Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, vol. 5, no. 2, 2021.

N. Ainun and Istiqomah, BUKU AJAR ILMU PENDIDIKAN ISLAM. 2022.

B. Anggara, F. Huda, M. Akip, U. Hasanah, and M. Fikri, ‘Pengembangan Program Pembinaan Baca Tulis Al-Qurâ€TMan Bagi Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Uin Raden Fatah Palembang’, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 12, no. 04, Nov. 2023, doi: 10.30868/ei.v12i04.5346.

S. Indah, W. LMD, and N. Wayan, ‘Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Dalam Fun Learning Untuk’, INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 4, pp. 11928–11937, 2024.

A. Zaeni, ‘Penerapan Metode Fun Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar’, 2021. [Online]. Available: https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya

O. : Mayah, ‘Penerapan Metode Pembelajaran Fun Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN Materi Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia Application Of Fun Learning Learning Methods In Improving PKN Learning Results In The Integrated State Of The Republic Of Indonesia’, 2021.

R. Fairus, M. Diniyah, D. Lughah, and W. Karomah, ‘EDUCARE: Jurnal Ilmu Pendidikan Pengaruh Metode Fun Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa’, Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 2, no. 2, 2023.

A. Alwahidi et al., ‘Optimalisasi Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Era New Normal di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur’, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, vol. 4, no. 2, Mar. 2021, doi: 10.29303/jpmpi.v4i2.682.

F. G. Pangestu, E. S. Gray, M. Fitri, and P. A. Dewu, ‘Strategi Pembelajaran Fun Learning di bimba AIUEO, Kota Cilegon’, Jurnal AUDHI, vol. 5, no. 1, pp. 8–14, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI

I. Magdalena, A. Wahyuni, and D. D. Hartana, ‘Pengelolaan Pembelajaran Daring yang Efektif Selama Pandemi Di SDN 1 Tanah Tinggi’, 2020. [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Z. Abidin, ‘Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis’, Profesi Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 37–52, Jul. 2020, doi: 10.23917/ppd.v1i1.10736.

A. Azhar, F. Lubis, B. Fernanda, I. P. Sari, and H. R. Setiawan, ‘Persepsi Siswa Terhadap Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan’, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, vol. 2, no. 1, 2024, doi: 10.59059/al-tarbiyah.v2i1.698.

D. Putri, F. Islamiyah, F. Andini, and M. Arita, ‘JPDSH Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar’, 2022. [Online]. Available: https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH

I. Oktiani, ‘Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik’, Jurnal Kependidikan, vol. 5, no. 2, pp. 216–232, Nov. 2017, doi: 10.24090/jk.v5i2.1939.

T. Nurrita, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, 2018.

D. Harefa, ‘Geography Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match pada Aplikasi Jarak dan Perpindahan’, vol. 8, no. 1, 2020, [Online]. Available: http://journal.ummat.ac.id/index.php/geography

Posted

2024-10-17