Application of Rotating Dice Media to Improve the Ability to Recognize Letters in Children Aged 4 to 5 Years
Penerapan Media Dadu Berputar untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6715Keywords:
Rotating Dice Media, Letter Recognition Skills, 4-5 Years Old Children Abstrak.Abstract
The results of the study are expected to provide valuable insights on how to improve children's early literacy skills through interactive methods according to the characteristics of children's development. The type of research used in this study is Classroom Action Research (PTK). PTK was carried out by involving class A students at KB Nurul Muta'allimin as research subjects, consisting of 9 students, with 7 of them being women and 2 men. The data collection techniques used include observation, documentation, and tests. In this study, the researcher uses a game media, one of which is the media of spinning dice. Therefore, after using the media of the spinning dice game in the first cycle there was an increase of 68.89% and the second cycle experienced a large increase of 87.22% so that the learning activities have looked good.
Downloads
References
L. Uce, “The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak,” Bunayya J. Pendidik. Anak, vol. 1, no. 2, hal. 77–92, 2017.
R. N. Yusuf, N. S. T. A. Al Khoeri, G. S. Herdiyanti, dan E. D. Nuraeni, “Urgensi pendidikan anak usia dini bagi tumbuh kembang anak,” Plamboyan Edu, vol. 1, no. 1, hal. 37–44, 2023.
E. Astuti, “Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan,” Educ. J. Educ. Res., vol. 4, no. 1, hal. 87–96, 2022.
M. Sari, “Peran orang tua dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak usia dini,” AULADA J. Pendidik. dan Perkemb. anak, vol. 2, no. 1, hal. 37–46, 2020.
R. Kurnia, Bahasa Anak Usia Dini. Deepublish, 2019.
S. Azhari, “Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Lembaga Paud Meraje Gune,” WISDOM J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, hal. 181–197, 2021.
R. Ardiana, “Implementasi Media Pembelajaran pada Kecerdasan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, hal. 20–27, 2021.
M. Eka Etianingsih, “Peningkatan Kemampuan Anak Kelompok A Dalam Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf di TK Dharma Wanita Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016,” 2016.
P. M. Pendidikan dan K. R. I. Nomor, “137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak usia dini,”
Jakarta Kementeri. Pendidik. dan Kebud. Republik Indones., 2015.
R. Dewi, E. Puspitasari, dan R. Kurnia, “Pengembangan Media Kartu Huruf Elektrik untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 3, hal. 9600–9609, 2021.
T. Maimunah Hasan, “Peningkatan kemampuan Mengenal Huruf Melalui metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 TK Aba Ketanggungan Wiribrajan Yogyakarta,” Univ. Negeri Yogyakarta, 2014.
N. R. Sari, F. Hayati, dan H. Harfiandi, “Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Pada Anak Kelompok A Di TK Bungong Seleupok Banda Aceh,” J. Ilm. Mhs. Pendidik., vol. 2, no. 1, 2021.
A. W. Astuti, R. Drupadi, dan U. Syafrudin, “Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun,” KINDERGARTEN J. Islam. Early Child. Educ., vol. 4, no. 1, hal. 73–81, 2021.
C. Seefeldt dan B. A. Wasik, “Pendidikan Anak Usia Dini (Alih Bahasa: Pius Nasar),” Jakarta Indeks, 2008.
D. Vortuna, S. Ratiyah, dan J. B. Paouru, “Peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui permainan kartu huruf pada kelompok B4 TK Negeri Pembina 1 Palembang Tahun Ajaran 2018/2019,” J. tumbuh kembang, vol. 5, no. 2, 2018.
N. Mazidah dan K. Z. Putro, “Pengenalan Huruf Abjad Melalui Tutur Bahasa pada Anak Usia Dini,” Indones.
J. Early Child. J. Dunia Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, hal. 145–149, 2023.
Y. S. Arisqa, “Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Awal Di Kelas A Taman Kanak-Kanak (Tk) Wijaya Kusuma Taman Sidoarjo,” 2019.
S. P. Guslinda dan R. Kurnia, Media pembelajaran anak usia dini. Jakad Media Publishing, 2018.
S. S. Rahayuningsih, T. D. Soesilo, dan M. Kurniawan, “Peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain dengan media kotak pintar,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 9, no. 1, hal. 11–18, 2019.
R. M. I. Darojatun dan W. Wiguna, “Pengembangan Edutainment Huruf Hijaiyah Menggunakan Unity 2D Berbasis Mobile di RA Ash Shoffa,” eProsiding Sist. Inf., vol. 1, no. 1, hal. 70–79, 2020.
S. Fegi, “PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DASAR ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN MUDA RAJABASA BANDAR LAMPUNG.” UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2024.
Y. F. Putri, L. Marlina, dan Y. T. Wulandari, “Pengaruh Penggunaan Media Balok Angka Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 4-5 Tahun,” Raudhatul Athfal J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, hal. 153–163, 2022.
D. R. Agustini, dan, dan Masudah, “Pengaruh media dadu putar terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok B,” J. PAUD Teratai, vol. 9, no. 1, hal. 5–6, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai
R. Kurnia dan Y. Solfiah, “Pengaruh media pensil karakter animasi Upin dan Ipin terhadap kemampuan menulis anak,” J. Pendidik. Usia Dini, vol. 12, no. 2, hal. 341–350, 2018.
L. Lestari dan A. Isnaningsih, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kosakata Melalui Media Dadu Putar Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Sadang,” J. Ilmu Pendidik. Muhammadiyah Kramat Jati, vol. 5, no. 1, hal. 314–320, 2024.
Y. N. Jatmika, Ragam aktivitas harian untuk playgroup. DIVA Press, 2012.
D. L. Rahayu dan E. Destiana, “Peningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Kartu Huruf Brgambar pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharma Wanita Persatuan Sumorame Candi Sidoarjo,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 3, hal. 16, 2024, doi: 10.47134/paud.v1i3.405.
S. Arikunto, “Metodologi Penelitian (Research methodology),” PT. Rineka Cipta, 2015.
M. Arikunto, “Metodologi dan Teknik Penulisan Skripsi.” Tesis, & Disertasi: Depok: Diandra Creative, 2017.
Q. Ayun dan A. Wathon, “Penerapan Media Pohon Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini,” Sistim Inf. Manaj., vol. 4, no. 2, hal. 95–108, 2021.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.