The Use of Number Board Media to Improve the Ability to Recognize the Concept of Numbers 1-5 in Children Aged 3-4 Years
Penggunaan Media Papan Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-5 pada anak Usia 3-4 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6694Keywords:
Cognitive Ability, The Ability to Apply the Concept of Numbers 1-5, Numbers Board Media, Early ChildhoodAbstract
Cognitive ability is the process of growth and change of children's ability to think, understand, and interact with their environment. Early childhood cognitive development is crucial because of the foundation of thinking, problem-solving, and future learning that includes understanding basic concepts such as the alphabet, numbers, and geometry. The low ability to recognize the concept of numbers 1-5 in children at KB Kartini is due to the media used in learning to recognize the concept of numbers 1-5 is less varied and less fun, so that children are not interested and easily bored. There needs to be a solution so that children's ability to recognize the concept of numbers 1-5 increases. The solution for the ability to recognize the concept of numbers 1-5 uses the media of the number board.
Downloads
References
T.Abdillah Syukur et al., Pendidikan Anak Dalam Keluarga. [Online].
Available: www.globaleksekutifteknologi.co.id
D. Patiung Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, U. Alauddin Makassar, I. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, H. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, and S. Ramadani Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, “Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini,” 2019.
W. Retnaningrum, N. Umam, D. Pendidikan Islam Anak Usia Dini, and U. Nahdlatul Ulama Al-Ghazali Cilacap, “Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf.”
J. N. Jun, “Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua terhadap Perkembangan Kognitif Anak,” Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), vol. 11, no. 1, p. 46, Jul. 2020, doi: 10.24036/rapun.v11i1.108494.
E. Roostin, “Analisis Kemampuan Konsep Bilangan Anak Usia 3-4 Tahun dengan Media Montessori Number Rods,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 2, pp. 801–808, Jul. 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i2.1093.
R. Rohmalina, E. Aprianti, and R. H. Lestari, “Pendekatan Open-Ended dalam Mempengaruhi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1409–1418, Nov. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.805.
L. Hewi and L. Asnawati, “Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 158, May 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.530.
I. Hasiana, “Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 7 Nomor 2 Agustus 2021 Pengaruh Media Kardus Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A”.
N. Amelia, “Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun,” vol. 3, no. 1, pp. 69–82, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal
“Penerapan Media Papan Flanel Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Usia 3-4 Tahun”.
A. Rahmayanti and R. Fitri, “SELING Jurnal Program Studi PGRA Pengaruh Media Loose Part Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun”.
R. Wahyuni, “Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Papan Flanel Angka Di Tk Mentari Bulogading Kabupaten Gowa.”
H. Wulandari and E. Purwanta, “Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 452, Jul. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.626.
F. R. F. Anisatul Azizah, “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran”.
I. Machali, “Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru?,” Indonesian Journal of Action Research, vol. 1, no. 2, pp. 315–327, Nov. 2022, doi: 10.14421/ijar.2022.12-21.
E. Gunanti, S. Wahyuningsih, and N. K. Dewi, “Mengenal Konsep Bilangan Melalui Pembelajaran Multimedia Pada Anak 4-5 Tahun,” 2021. [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/kumara
F. Zakiatul Maula, Z. Qalbi, and R. Febryan Putera, “Peningkatan Kemampuan Kognitif (Fiya Zakiatul dkk.) | 567 Madani,” Jurnal Ilmiah Multidisipline, vol. 2, no. 6, 2024, doi: 10.5281/zenodo.12176538.
“Jurnal+Banun”.
N. Familiani and S. Suyadi, “Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1 Sampai 10 melalui APE Papan Angka pada Anak Usia Dini,” Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, vol. 5, no. 1, pp. 114–126, Jun. 2021, doi: 10.21274/martabat.2021.5.1.114-126.
J. Pendidikan Guru, P. Anak, U. Dini, S. La Sule, R. Wondal, and N. Mahmuud, “Cahaya Paud Pemanfaatan Media Pohon Angka Untuk Mengenal Konsep Bilanganpada Anak Usia Dini”.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.