Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Application of Reading Wheel Media to Improve Early Reading Skills for Ages 5-6 at Permata Sunnah Kindergarten


Penerapan Media Roda Baca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Usia 5-6 Tahun di KB Permata Sunnah

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.6642

Keywords:

Roda Baca, Early Reading Skills, Preschoolers, Classroom Action Research, Learning Media

Abstract

This study aimed to assess the efficacy of using a "Roda Baca" (reading wheel) in enhancing early reading skills among 5-6-year-old children. Through a classroom action research design, this study observed the impact of the "Roda Baca" on children's ability to recognize letters, form words, and comprehend simple texts. The findings indicate that the "Roda Baca" is an effective tool for improving early reading skills. This visual medium makes reading learning more engaging and interactive, thereby increasing children's learning motivation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Santi Nurbayani, Asep Dudi, and Dinar Nur Inten, “Pengaruh Media Roda Baca Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok A Usia 4-5 Tahun di PAUD Jasmine Kec Margahayu Utara Kota Bandung,” Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, vol. 3, no. 1, 2023, doi: 10.29313/bcsecte.v3i1.9516.

H. Basri, “Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang Proporsional,” Jurnal Ya Bunayya, vol. 1, no. 1, 2019.

L. Zulianingsih, R. I. Khan, and D. Yulianto, “Media putaran kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini,” SELING: Jurnal Program Studi PGRA, vol. 6, no. 2, 2020.

E. Ramadanti and Z. Arifin, “Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Bergambar bagi Anak Usia Dini dalam Bingkai Islam dan Perspektif Pakar Pendidikan,” KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, vol. 4, no. 2, 2021.

Megawati, Z. Afdal Jamil, and A.A.Musyafa, “Penerapan Media Kartu Bergambar Untuk Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini,” Jurnal DZURRIYAT : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, 2023, doi: 10.61104/jd.v1i1.21.

N. R. Sari and C. Widyasari, “Metode Glenn Doman untuk Menumbuhkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 6, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i6.3352.

H. Khair, “Urgensi Kecerdasan Interpersonal Guru Dalam Pendidikan,” Jurnal Ilmiah Darul Ulum, vol. 9, no. 1, 2018.

N. G. A. M. Yeni Lestari, “STIMULASI MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI,” PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, vol. 3, no. 2, 2019, doi: 10.25078/pw.v3i2.731.

D. N. Inten, “Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran,” Mediator: Jurnal Komunikasi, vol. 10, no. 1, 2017, doi: 10.29313/mediator.v10i1.2712.

A. Irhandayaningsih, “Menanamkan Budaya Membaca pada Anak Usia Dini,” Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, vol. 3, no. 2, 2019, doi: 10.14710/anuva.3.2.109-118.

I. K. Parapat, M. Mardianto, and M. I. P. Nasution, “Mengoptimalkan Pengenalan Literasi Pada Anak Sejak Usia Dini: Menumbuhkan Keterampilan Membaca dan Menulis,” Jurnal Raudhah, vol. 11, no. 1, 2023, doi: 10.30829/raudhah.v11i1.2818.

E. S. Herlina, “Membaca Permulaan untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0,” Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, vol. 5, no. 4, 2019.

M. Christianti, “Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini,” Jurnal Pendidikan Anak, vol. 2, no. 2, 2015, doi: 10.21831/jpa.v2i2.3042.

A. Aghnaita, N. Norhikmah, N. Aida, and R. Rabi’ah, “Rekonstruksi Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini Melalui Konsep ‘Jati Diri,’” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i4.2071.

A. Lismayani, S. Rahmi, S. R. Amriani, and Muh. I. Pratama, “Pengembangan Model Permainan Scrabble Sederhana untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini,” Cokroaminoto Journal of Primary Education, vol. 6, no. 1, 2023, doi: 10.30605/cjpe.612023.2462.

H. O. R. Rina Yuliana, “Pengembangan Media Pembelajaran Papan Roda Baca Pintar Pada Membaca Permulaan Di Kelas I Sekolah Dasar,” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 10, no. 1, 2021, doi: 10.33578/jpfkip.v10i1.8107.

Santi Nurbayani, Asep Dudi Suhardini, and Dinar Nur Inten, “Pengaruh Media Roda Baca Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Usia 4-5 Tahun,” Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 2023, doi: 10.29313/jrpgp.v3i2.3078.

I. Magdalena, A. Melyana, and R. Agustin, “Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture pada Siswa Kelas II SDN Rancailat 1 Kabupaten Tangerang,” TSAQOFAH, vol. 3, no. 3, 2023, doi: 10.58578/tsaqofah.v3i3.969.

S. J. dan F. M. Subagio, “Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Tema Berbagai Pekerjaan Siswa Kelas Sekolah Dasar,” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 3, no. 3, 2023.

O. T. Delima, Alzaber, and L. A. Effendi, “Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Andalusia SMP Swasta Juara Pekanbaru,” Jurnal Aksiomatik, vol. 7, no. 2, 2019.

S. E. Herlina, “Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini,” Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, vol. 5, 2019.

E. Malapata and L. Wijayanigsih, “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v3i1.183.

Posted

2024-09-23