Preprint / Version 1

E-Billing System, E-Filing, Tapping Box, Tax Sanctions Against Taxpayer Compliance With Tax Understanding as a Moderating Variable


Sistem E-E-Billing, E-Filing, Tapping Box, Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Pemahaman Perpajakan Sebagai Variabel Moderasi

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.6604

Keywords:

E-billing, E-filling, Tapping Box, Sanksi Pajak

Abstract

This study aims to analyze the effect of the implementation of e-billing, e-filing, tapping box, and tax sanctions on taxpayer compliance, with tax understanding as a moderating variable. The population in this study includes all taxpayers of Pia MSMEs in Gempol District, Pasuruan. Primary data were collected by distributing questionnaires to taxpayers. The sample was selected using a purposive sampling technique based on certain criteria, so that 41 taxpayers were selected as research samples. The data were analyzed using the Multiple Linear Regression Analysis method with the help of SPSS 25 software. The results of the study indicate that e-billing, e-filing, tapping box, and tax sanctions have an effect on taxpayer compliance, and tax understanding is able to moderate the effect of e-billing, e-filing, tapping box, and tax sanctions on taxpayer compliance.

Keywords - E-Billing, E-Filling, Tapping Box, Tax Sanctions, Taxpayer Compliance, Understanding Taxation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

V. Nilla and D. Widyawati, “Pengaruh Penerapan E-Billing, Pengetahuan Perpajakan, dan Kesadaran Membayar Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak,” J. Ilmu dan Ris. Akunt., vol. 10, no. 4, pp. 1–23, 2021.

A. Rahmat, L. Bulutoding, and S. Sumarlin, “Pengaruh Pengetahuan E-Filling, Sosialisasi Pajak Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Akhlak Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Kpp Pratama Makassar Selatan),” ISAFIR Islam. Account. Financ. Rev., vol. 1, no. 1, pp. 12–27, 2020, doi: 10.24252/isafir.v1i1.18321.

S. H. H.Novimilldwiningrum, “Pengaruh Penerapan E-Filling dan E-Billing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Pemahaman Perpajakan dan Preferensi Risiko Wajib Pajak Sebagai Variabel Moderating ( Studi Kasus Pada Kpp Pratama Surabaya Sawahan ),” J. Ilm. Mhs. Akunt., vol. 13, no. 01, pp. 158–179, 2022.

I. Pradnyana and P. Prena, “Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing, E-Billing Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak (Kpp) Pratama Denpasar Timur. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi,” Bisnis dan Akuntansi), vol. 18, no. 1, pp. 56–65, 2019.

N. Muhammad and S. Dewi, “Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing, E-Billing dan Pemahaman Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surabaya Tegalsari,” J. Ekon. Akunt., vol. 3, no. 2, pp. 41–54, 1945.

Ganis Anta Sari dan Widyawati, “Pengaruh Penerapan Sistem E-Billing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Variabel Moderasi Pemahaman Perpajakan,” J. Ilmu dan Ris. Akunt., vol. 8, no. 2, 2019.

Danan Nugroho, “Pengaruh Penerapan E-Filling, Tingkat Pemahaman Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi,” J. Mitra Manaj., vol. 5, no. 9, pp. 581–598, 2022, doi: 10.52160/ejmm.v5i9.568.

M. Arief, D. Fionasari, A. A. Putri, and W. Ramashar, “Pengaruh Penerapan E-Filing, Tapping Box dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus di Kota Pekanbaru),” J. IAKP J. Inov. Akunt. Keuang. Perpajak., vol. 2, no. 2, p. 159, 2022, doi: 10.35314/iakp.v2i2.2074.

P. Solekhah and S. Supriono, “Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing, Pemahaman Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Purworejo,” J. Econ. Manag. Account. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 74–90, 2018, doi: 10.32500/jematech.v1i1.214.

J. Ilmiah et al., “Pengaruh Penggunaan Tapping Box Dan Kesadaran Wajib Penggunaan Sistem Online Sebagai Variabel Pemoderasi ( Studi Pada Wajib Pajak Hotel Yang Terdaftar Di BPKAD Kabupaten Karangasem ),” pp. 538–549, 2020.

I. P. A. Dirghayusa and I. N. P. Yasa, “Pengaruh Penggunaan Tapping Box Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Dengan Pemahaman Penggunaan Sistem Online Sebagai Variabel Pemoderasi,” JIMAT (Jurnal Ilm. Mhs. Akuntansi) Undiksha, vol. 11, no. 3, pp. 538–549, 2020.

A. Paramita and Sumarno, “Analisis Penerapan Sistem Tapping Box Pada Pajak Restoran Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Bapenda Kota Bekasi,” J. Ilm. Akunt. dan Manaj., vol. 17, no. 1, 2022.

F. S. Elva Nuraina, “Pengaruh sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Madiun,” Equilib. J. Ilm. Ekon. dan Pembelajarannya, vol. 5, no. 1, p. 45, 2017, doi: 10.25273/equilibrium.v5i1.1005.

P. Sanksi and P. Dan, “Mufakat Mufakat,” vol. 2, 2023.

P. P. S. E-billing and E. D. A. N. Sanksi, “Pengaruh penerapan sistem e-billing , e-filing dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak”.

N. Adiasa, “Pengaruh pemahaman peraturan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dengan moderating preferensi risiko,” Account. Anal. J., vol. 2, no. 3, pp. 345–352, 2013.

B. P. Purba, “Pengaruh Sosialisasi Perpajakan dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Pelayanan Fiskus sebagai Variabel Moderating di Kantor Pelayanan Pajak Jakarta Kembangan,” Media Akunt. Perpajak., vol. 1, no. 2, pp. 29–43, 2016.

S. P. T. Mutia, “Pengaruh sanksi perpajakan, kesadaran perpajakan, pelayanan fiskus, dan tingkat pemahaman terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (Studi Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Padang),” J. Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 2–30, 2014.

Tri Wahyuningsih, “Analisis Dampak Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dengan Preferensi Risiko Sebagai Variabel Moderasi,” J. Sains, Akunt. dan Manaj., vol. 1, no. 3, pp. 192–241, 2019.

Naniek Ermawati and Zainal Afifi, “Pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan Sanksi Perpajakan Terhadap Wajib Pajak dengan Religiusitas Sebagai Variabel Pemoderisasi.,” Pros. SENDI_U, pp. 655–662, 2018.

L. A. Yusuf and I. F. Agustina, “Community Economic Empoerment in Pia Village , Kejapanan Village , Gempol District , Pasuruan Regency [ Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Kampung Pia Desa Kejapanan Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan ],” pp. 1–8, 2019.

D. Novitasari and H. H. Hidayat, “Finansial Feasibility Analysis of Improvement the Production,” J. Ekon. Pertan. dan Agribisnis, vol. 5, pp. 632–640, 2021.

A. Dewi Oktaviah and D. Komala Sari, “Marketing Performance and Competitive Advantage: Pia Cake SMEs in Kejapanan Village, Gempol Kinerja Pemasaran dan Keunggulan Bersaing : UMKM Kue Pia di Desa Kejapanan, Gempol,” pp. 1–14, 2023.

Y. O. Lado and M. Budiantara, “Pengaruh Penerapan Sistem E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pegawai Negeri Sipil Dengan Pemahaman Internet Sebagai Variabel Pemoderasi ( Studi Kasus pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY),” J. Ris. Akunt. Mercu Buana, vol. 4, no. 1, p. 59, 2018, doi: 10.26486/jramb.v4i1.498.

I. M. W. Putra, I. N. K. AMP, and I. M. Sudiartana, “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak, Sosialisasi Pajak Dan Penerapan E-Billing Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Utara,” J. Kharisma, vol. 3, no. 1, pp. 117–127, 2021.

G. W. M. Zulma, “Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Administrasi Pajak, Tarif Pajak dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Pajak Pada Pelaku Usaha UMKM di Indonesia,” Ekon. J. Econ. Bus., vol. 4, no. 2, p. 288, 2020, doi: 10.33087/ekonomis.v4i2.170.

V. M. Gultom, M. Arief, and A. Sani, “Pengaruh Penerapan E-Filing, Pemahaman Perpajakan, Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Pemahaman Internet Sebagai Variabel Moderating Studi Kasus Wajib Pajak Yang Terdaftar di KPP Pratama Medan Belawan,” METHOSIKA J. Akunt. dan Keuang. Methodist, vol. 5, no. 2, pp. 164–176, 2022, doi: 10.46880/jsika.vol5no2.pp164-176.

D. Kabupaten, S. Rappang, P. Bosowa, and V. S. Den Ka, “Implikasi Penerapan Sistem Tapping Box Dalam Rangka Peningkatan Penerimaan Wajib Pajak Restoran,” vol. 6, no. 1, pp. 92–102, 2024.

A. Yuesti, N. G. W. Prananta, and D. A. S. Bhegawati, “Kepatuhan Wajib Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar Barat Dengan Sanksi Pajak Sebagai Variabel Moderasi,” Media Akunt. Perpajak., vol. 7, no. 1, pp. 7–18, 2022, doi: 10.52447/map.v7i1.6126.

N. N. S. Yunia, I. N. K. AMP, and I. M. Sudiartana, “Pengaruh Pemahaman Peraturan Pajak Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Dan Penurunan Tarif Pajak Umkm Pp No. 23 Tahun 2018 Terhadap Kepatuhan Wajib Dengan Preferensi Risiko Sebagai Variabel Moderasi,” J. Kharisma, vol. 3, no. 1, pp. 106–116, 2021.

R. R. Kusmeilia, Cahyaningsih, and Kurnia, “Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Penerapan Sistem E-Filing dan Penerapan Sistem E-Billing terhadap Kepatuhan Wajib Pajak,” JASA J. Akuntansi, Audit dan Sist. Inf. Akunt., vol. 3, no. 3, pp. 364–379, 2019.

A. M. Saleh and Prayudi, “Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Berbentuk CV Dan Koperasi yang Terdaftar di KPP Pratama Makassar Barat,” YUME J. Manag., vol. 4, no. 1, pp. 324–340, 2021, doi: 10.37531/yume.vxix.223.

M. Raihan, S. Sarumpaet, and D. Sukmasari, “Penerimaan Pajak Daerah Kota Bandar Lampung Sebelum Dan Sesudah Penggunaan Tapping Box,” IQTISHADUNA J. Ilm. Ekon. Kita, vol. 10, no. 1, pp. 91–108, 2021, doi: 10.46367/iqtishaduna.v10i1.337.

D. Efriyenty, “Pengaruh Sanksi Perpajakan Dan Pemahaman Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Batam,” J. Akunt. Barelang, vol. 3, no. 2, pp. 20–28, 2019, doi: 10.33884/jab.v3i2.1244.

S. Khodijah, H. Barli, and W. Irawati, “Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Layanan Fiskus, Tarif Pajak dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi,” JABI (Jurnal Akunt. Berkelanjutan Indones., vol. 4, no. 2, p. 183, 2021, doi: 10.32493/jabi.v4i2.y2021.p183-195.

S. Bahri, Y. Diantimala, and M. Majid, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Pada Kantor Pajak KPP Pratama Kota Banda Aceh),” J. Perspekt. Ekon. Darussalam, vol. 4, no. 2, pp. 318–334, 2019, doi: 10.24815/jped.v4i2.13044.

P. Nur Okvinia, M. Hariasih, H. Maya, and K. Sari, “Purchasing Decision Factors In Terms of Product, Price, Location And Promotion At UMKM Pia Mahen Gempol [Faktor Keputusan Pembelian Ditinjau Dari Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Pada UMKM Pia Mahen Gempol],” pp. 1–12, 2023.

F. M. Anakotta, S. G. Sapulette, and T. E. Iskandar, “Pengaruh Penerapan E-Filling System Dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Peran Relawan Pajak Sebagai Variabel Moderasi,” Account. Res. Unit (ARU Journal), vol. 4, no. 1, pp. 48–66, 2023, doi: 10.30598/arujournalvol4iss1pp48-66.

K. Fadilah and Sapari, “Pengaruh Penerapan Sistem E-Billing, E-Filing Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak,” J. Ilmu dan Ris. Akunt., vol. 9, pp. 1–15, 2020, [Online]. Available: www.spt.co.id,

F. Ismail, J., Gasim, & Amalo, “Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Sosialisasi Sebagai Variabel Moderasi,” J. Akunt., vol. Vol.5, no. No.3, pp. 11–22, 2018.

V. M. Gultom, M. Arief, and A. Sani, “Pengaruh Penerapan E-filing, Pemahaman Perpajakan, dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Pemahaman Internet Sebagai Variabel Moderating,” J. Akunt. dan Keuang. Methodist, vol. 5 No. 2, no. 9, pp. 164–176, 2022.

F. Ismail, J., Gasim, & Amalo, “Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Sosialisasi Sebagai Variabel Moderasi,” J. Akunt., vol. Vol.5, no. No.3, pp. 11–22, 2018, [Online]. Available: https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/ja/article/view/156

Y. Suyanto, “Jurnal_Haris Prasetyo_1901030073”.

H. Prasetyo, “Pengaruh Penggunaan Tapping Box Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Restoran Dengan Kepatuhan Wajib Pajak Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Wajib Pajak Restoran Kab. Lamongan),” Karya Tulis Ilm., 2022.

E. P. S. N. K. I. A. Putu Aristya Adi Wasita, “The Effect of E-Filing and E-Billing System Implementation on Individual Taxpayer Compliance with Internet Understanding as a Moderating Variable at the Badung Utara Pratama Tax Service Office,” J. Ekon. Bisnis, dan Hum., vol. 02, no. 01, pp. 261–270, 2023.

E. Indriyanto and Siska, “The Effect of Implementing The E-Registration System, E-Filing, And Tax Transparency on Corporate Taxpayer Compliance With Understanding Taxation As a Moderating Variable (Case Study on Corporate Taxpayers At KPP Pratama Jakarta Cilandak),” COSTINGJournal Econ. Bus. Account., vol. 7, no. 3, pp. 5051–5061, 2024.

Fuzzi Rachmawwati, Burhanudin, and Santi Ditaviani, “1144-Article Text-16968-1-10-20220402 (1),” Pengaruh Penerapan Sist. E-Filling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Pemahaman Internet Sebagai Var. Moderating, vol. 1, no. 1, pp. 1–15, 2022, doi: 10.30656/lawsuit.

N. P. Mitha Pratiwi and N. K. L. A. Merkusiwati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, Sanksi Pajak dan Tapping Box pada Kepatuhan Wajib Pajak Hotel,” E-Jurnal Akunt., vol. 26, no. 32, p. 1357, 2019, doi: 10.24843/eja.2019.v26.i02.p19.

R. Maharani, J. Darmawan, and A. Info, “Tapping box dan kesadaran pajak terhadap penerimaan pajak dengan kepatuhan sebagai moderasi 1,2*,” vol. 01, no. 01, 2024.

A. B. Faidani, D. Soegiarto, and D. A. Susanti, “Pengaruh Kesadaran Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan, Sanksi Perpajakan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Sosialisasi Sebagai Variabel Moderasi,” J. Ris. Akunt. Mercu Buana, vol. 9, no. 1, pp. 82–95, 2023, doi: 10.26486/jramb.v9i1.3243.

E. D. Mareti and S. Dwimulyani, “Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Pajak Dan Tax Amnesty Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Pemahamann Perpajakan Sebagai Variabel Moderasi,” Pros. Semin. Nas. Pakar, pp. 1–16, 2019, doi: 10.25105/pakar.v0i0.4334.

Posted

2024-09-18