Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Influence of Financial Literacy, Financial Self-Efficacy, and Social Norms on Risk Credit Behavior in Paylater Users


Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Self-Efficacy, dan Norma Sosial terhadap Risk credit Behavior pada Pengguna Paylater

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.6564

Keywords:

Objective Financial Literacy, Subjective Financial Leteracy, Financial Self-Efficacy, Social Norms, Risk Credit Behavior, Paylater

Abstract

This study was conducted with the aim of determining whether Objective Financial Literacy, Subjective Financial Literacy, Financial Self-Efficacy and Social Norms have an effect on Risky Credit Behavior in the use of the Paylater feature. This type of research uses associative with a quantitative approach.This research used a student population of the Accounting study program at Muhammadiyah University of Sidoarjo with a sample of 100 students who used the Paylater feature.The data used primary data collected through a survey questionnaire. The data collection technique used a Likert scale derived from variable indicators using data analysis techniques using SPSS 23 Software. The results of this study indicate that there is a negative and significant influence on Objective Financial Literacy and Subjective Financial Literacy while Financial Self-Efficacy and Social Norms show a positive and significant influence on Risky Credit Behavior in the use of the Paylater feature.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. L. Tendean, B. T. Charista, dan M. I. Malelak, “Pengaruh Financial Knowledge, Financial Attitude, Dan Financial Self Efficacy Terhadap Saving Behavior Pada Pengguna E-Commerce Generasi Z,” Distrib. - J. Manag. Bus., vol. 10, no. 2, hal. 141–154, 2022, doi: 10.29303/distribusi.v10i2.228.

L. Widawati, “Analisis Perilaku ‘Impulse Buying’ dan ‘Locus of Control’ pada Konsumen di Carrefour Bandung,” Mimbar, vol. XXVII, no. 2, hal. 125–132, 2011.

Vivi Eviana dan A. J. Saputra, “Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Pay Later,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 1, hal. 1968–1977, 2022.

I. E. Prastiwi dan T. N. Fitria, “Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 7, no. 1, hal. 425, 2021, doi: 10.29040/jiei.v7i1.1458.

R. Sari, “Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia,” J. Ris. Bisnis dan Investasi, vol. 7, no. 1, hal. 44–57, 2021, doi: 10.35313/jrbi.v7i1.2058.

E. Keuangan, J. J. Xiao, P. A. Consumer, dan F. Economics, “Edukasi Keuangan, Pengetahuan Keuangan dan Perilaku Berkredit Berisiko pada Mahasiswa,” no. November, 2010.

M. W, K. Muhammad, dan N. Oktavia, “Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Kredit Beresiko yang Dimediasi Oleh Efikasi Diri Pada Mahasiswa Di Kota Surakarta,” Benefit J. Manaj. dan Bisnis, vol. 8, no. 1, hal. 49–58, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://dx.doi.org/10.23917/benefit.v8i1.2056

N. Surya dan E. Evelyn, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Financial Self-Efficacy terhadap Risky Credit Behaviour dalam Penggunaan PayLater,” J. Manaj. dan Keuang., vol. 12, no. 1, hal. 37–60, 2023, doi: 10.33059/jmk.v12i1.5825.

L. Liu dan H. Zhang, “Financial literacy, self-efficacy and risky credit behavior among college students: Evidence from online consumer credit,” J. Behav. Exp. Financ., vol. 32, 2021, doi: 10.1016/j.jbef.2021.100569.

Salsabila Saniya, “Pengaruh Literasi Keuangan, pengendalian Diri Dan pengaruh Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna PayLater Pada E-Commerce,” vol. 4, no. 1, hal. 88–100, 2023.

I. Fatmawati dan Lutfi, “Pengaruh Lokus Pengendalian dan Pengetahuan Keuangan pada Perilaku Manajemen Keuangan Generasi Milenial dengan Moderasi Pendapatan,” J. Manaj. dan Keuang., vol. 10, no. 1, hal. 58–71, 2021, doi: 10.33059/jmk.v10i1.3340.

N. Ardiyanti dan D. Nasikah, “Pengaruh Literasi Keuangan, Akses Paylatter Dan Keinginan Terhadap Perilaku Implusif Buying Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Muhammadiyah Bisnis Center (MBC) Kota Metro),” manajemen, vol. 2, no. 8.5.2017, hal. 2003–2005, 2022.

M. H. Nur, H. Hadady, dan M. N. Bailusy, “Pengaruh Pengetahuan Keuangan Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Dengan Pengendalian Diri Sebagai Variabel Moderasi,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 10, no. 1, hal. 298–305, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php/OJS/article/view/535/350

U. E. Poznan, “Subyektif vs. penilaian obyektif terhadap literasi keuangan-apakah keyakinan sesuai dengan kenyataan?,” 2019.

T. Lind, A. Ahmed, K. Skagerlund, C. Strömbäck, D. Västfjäll, dan G. Tinghög, “Competence, Confidence, and Gender: The Role of Objective and Subjective Financial Knowledge in Household Finance,” J. Fam. Econ. Issues, vol. 41, no. 4, hal. 626–638, 2020, doi: 10.1007/s10834-020-09678-9.

K. R. Arofah A, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Self-Efficacy Terhadap Perilaku Keuangan,” vol. 1, hal. 6, 2021.

A. M. Hełka dan M. Wójcik, “Social norms in the process of incurring and repaying financial liabilities among Poles with various indebtedness experiences,” Polish Psychol. Bull., vol. 50, no. 1, hal. 54–62, 2019, doi: 10.24425/ppb.2019.126019.

I. Idris dan A. B. P. Kasmo, “Pengaruh Sikap, Norma Subjektif dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Kepemilikan Kartu Kredit,” J. Manaj. dan Bisnis Indones., vol. 4, no. 3, hal. 306–332, 2017, doi: 10.31843/jmbi.v4i3.126.

T. A. Robb, “Stres Finansial Mahasiswa: Apakah Anak-Anak Baik-Baik Saja?,” vol. 2009, hal. 514–527, 2017, doi: 10.1007/s10834-017-9527-6.

L. A. Rahma, “Pengaruh hedonisme dan,” 2023.

I. A. I. Dwiyanti dan I. ketut Jati, “pengaruh Sikap, Norma Subjektif Terhadap Niat Beli Ulang Produk Fshion Via Online Di Kota Denpasar,” J. Manaj. Unud, vol. 27, no. 2, hal. 58–66, 2019.

I. Ajzen, “The theory of planned behavior,” Organ. Behav. Hum. Decis. Process., vol. 50, no. 2, hal. 179– 211, 1991, doi: 10.1016/0749-5978(91)90020-T.

Z. Achmad, “Theory of Planned Behavior, Masihkah Relevan?,” Diambil dari http//zakarija. Staff. umm. ac. id/files/20, hal. 12, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://zakarija.staff.umm.ac.id/files/2010/12/Theory-of-

Planned-Behavior

M. N. Ningtyas, “Literasi Keuangan pada Generasi Milenial,” J. Ilm. Bisnis dan Ekon. Asia, vol. 13, no. 1, hal. 20–27, 2019, doi: 10.32812/jibeka.v13i1.111.

J. J. Xiao, S. Y. Ahn, J. Serido, dan S. Shim, “Earlier financial literacy and later financial behaviour of

college students,” Int. J. Consum. Stud., vol. 38, no. 6, hal. 593–601, 2014, doi: 10.1111/ijcs.12122.

E. T. Wahyuningtyas, F. Hasanah, dan D. A. Susesti, “Dampak Motivasi Investasi, Persepsi Resiko, Literasi dan Efikasi Keuangan Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal,” J. Akunt. AKUNESA, vol. 10, no. 2, hal. 57–66, 2022, doi: 10.26740/akunesa.v10n2.p57-66.

J. Kewirausahaan, B. Ekonomi, F. Kurniasari, A. Abubakar, M. Komunikasi, dan J. G. Plate, “STRESS TERHADAP PERILAKU KREDIT BERISIKO PADA GENERASI Z : BUKTI DARI PENGGUNA BAYAR LATER Britania Constansje Perkenalan Transformasi digital telah menjadi aspek penting dalam kehidupan sehari-hari , termasuk masyarakat dapat berbelanja online melalui e-,” vol. 11, no. 1, hal. 180– 210, 2023.

V. Sotiropoulos dan A. d’Astous, “Attitudinal, Self-Efficacy, and Social Norms Determinants of Young Consumers’ Propensity to Overspend on Credit Cards,” J. Consum. Policy, vol. 36, no. 2, hal. 179–196, 2013, doi: 10.1007/s10603-013-9223-3.

E. Mirnawati, “TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASYARAKAT PADA WYD ( Wear Your Design ) DISTRO PALANGKA RAYA,” hal. 195, 2021.

ghozali, “Pengaruh fitur layanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan,” Repos. Univ. Siliwangi, vol. 01, hal. 1–23, 2016.

S. Z. Nabela, “The Effect of Brand Love, Product Quality and Customer Relationship Management on Customer Loyalty to Consumers of Oriflame Products in Jepara,” hal. 42–55, 2022.

R. H. Amalia, “Pengaruh Penggunaan Sistem Pembayaran Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Iain Palopo,” INFOTECH J., 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/infotech/article/download/6072/3388

Dahlan M, “Besar Sampel dan Teknik Sampling [Sample Size and Sampling Techniques],” Magister Manaj. Rumahsakit, vol. 97, no. 5, hal. 819–824, 2014.

S. Ismail, W.-L. Koe, M. Halim Mahphoth, R. Abu Karim, N. Yusof, dan S. Ismail, “Saving Behavior Determinants in Malaysia: An Empirical Investigation,” KnE Soc. Sci., vol. 2020, hal. 731–743, 2020, doi: 10.18502/kss.v4i6.6639.

Saniya, “Pengaruh Literasi Keuangan, Pengendalian Diri, Dan Pengaruh Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Paylater Pada E-Commerce,” 2023.

N. Y. Aditiya, E. S. Evani, dan S. Maghfiroh, “Konsep Uji Asumsi Klasik Pada Regresi Linier Berganda,”

J. Ris. Akunt. Soedirman, vol. 2, no. 2, hal. 102–110, 2023, doi: 10.32424/1.jras.2023.2.2.10792.

P. H. Ghozali, “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26,” 2018.

I. Ghozali, “Ghozali_Imam_2011_Aplikasi_Analisis_Mult.pdf.” hal. 129, 2011.

R. Marpaung, “Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Semangat Kerja Pegawai Dinas Pertanian, Peternakan Dan Perikanan Kabupaten Siak,” J. Ekon., vol. 21, hal. 1–16, 2013.

M. R. Yahya et al., “berbentuk jaringan media elektronik . Riset media baru mulai bermunculan terkait era media baru juga berkembang kajian internet dan cyberstudies yang mengalihkan perhatian masyarakat terhadap media digital yang menandai berkembangnya teknologi informasi d,” hal. 1–7, 2023.

Y. Witriyana, I. Faisal, dan A. Rifani, “Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku Terhadap Minat Beli Produk Secara Online Di Shopee,” J. Ilmu Manaj. Indones., vol. 2, no. 1, hal. 39–52, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jim/article/view/1757/1417

Firman, Ramlawati, Suriyanti, dan Sahabuddin, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Financial Self-Efficacy terhadap Risky Credit …… SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Literasi Keuangan dan Financial Self-Efficacy terhadap Risky Credit Behaviour dalam Penggunaan PayLater,” SEIKO J. Manag. Bus., vol. 6, no. 2, hal. 326–348, 2023.

Posted

2024-09-13