The Influence of Knowledge Sharing and Organizational Culture on Employee Performance With Job Satisfaction as an Intervening Variable at PT. Eloda Partner
Pengaruh Knowledge Sharing dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Intervening di PT. Eloda Mitra
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6474Keywords:
Knowledge Sharing, Organizational culture, Employee Performance, Job SatisfactionAbstract
which is located in Komp. Sinar Buduran Industri and Warehousing 2, Blok C No.1-7, Jl Lingkar Timur-Buduran, Sidoarjo. With a population of 178 employees and 83 permanent employees used as samples. This research method uses quantitative. The sampling technique uses the Total Sampling Technique. Data analysis using SEM PLS. The data processing technique uses Smart PLS 4.0. Hypothesis testing uses the path direct effect test, indirect effect test. The results of this research show that the Knowledge Sharing variable, organizational culture, has a partially positive and significant effect on employee performance. Employee performance has a positive and significant effect on job satisfaction, but Knowledge Sharing has a positive and insignificant effect on job satisfaction. The Knowledge Sharing variable on employee performance through job satisfaction has a positive and significant effect and the organizational culture variable on employee performance through job satisfaction has a positive and significant effect.
Downloads
References
M. D. Septiadi, L. Marnisah, dan S. Handayani, “Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Karyawan PT Brawijaya Utama Palembang,” J. Nas. Manaj. Pemasar. SDM, vol. 1, no. 01, hal. 38–44, 2020, doi: 10.47747/jnmpsdm.v1i01.5.
I. D. Manoppo, R. A. M. Koleangan, dan J. Uhing, “Pengaruh Pelatihan, Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Unilever Indonesia. Tbk Di Manado,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 9, no. 1, hal. 335–344, 2021.
A. Pasaribu dan Nelly, “Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Camat Sibolga Sambas,” J. Ekon. Bisnis dan Manaj., vol. 1, no. 1, hal. 2115–2120, 2023.
S. Nurkhotimah, “Pengaruh Pelatihan, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Desa Sukamantri Kecamatan Tambelang Kabupaten Bekasi,” JM J. Manag., vol. 1, no. 1, hal. 1–14, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.alungcipta.com/index.php/jm/article/view/3
A. N. Putri, D. Andriani, dan K. A. Kusuma, “With Job Satisfaction As An Intervening Variable In Kantorpos Sidoarjo Peningkatan Kinerja Karyawan Berbasis Kepemimpinan Dan Lingkungan kerja Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Kantor Pos Sidoarjo,” vol. 5, no. 1, hal. 148–166, 2024.
S. M. Rifda Abadiyah, “Analisis Kepuasan Kerja dengan Leader Member Exchange dan Iklim Organisasi Melalui Organization Citizenship Behavior pada Perusahaan,” Indones. J. Innov. Stud., vol. 13, no. 2, hal. 1–12, 2020.
R. E. Febriansah, “Pengaruh Pengembangan Karir terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Karir dan Komitmen Karir sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Bank Prekreditan Rakyat Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarji Jawa Timur),” Indones. One Search, vol. 1 No.1, hal. 394–405, 2016.
N. N. Maulidiyah, “Peran Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan Bank Indonesia,” J. Manaj. Bisnis, vol. 17, no. 2, hal. 273, 2020, doi: 10.38043/jmb.v17i2.2383.
D. Haryadi dan W. Wahyudi, “Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja sebagai variabel intervening pada PT.BPRS Cilegon,” Gemilang nisJurnal Manaj. dan Startegi Bis, vol. 1, no. 1, hal. 15–21, 2020.
M. Sembiring, Jufrizen, dan H. Tanjung, “‘Efek Mediasi Kepuasan Kerja Pada Pengaruh Motivasi Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai,’” J. Ilm. Magister Manaj., vol. 4, hal. Vol. 4, No. 1, hal. 131–144, 2021.
M. Syafnur, “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan CV. Puma Jaya Abadi,” vol. 2, no. 1, hal. 31–41, 2023.
F. M. Bolung, E. Sentosa, dan M. Marnis, “Pengaruh Budaya Organisasi, Pengembangan Karir, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Desa Wisata TMII Jakarta,” Oikonomia J. Manaj., vol. 17, no. 2, hal. 141, 2021, doi: 10.47313/oikonomia.v17i2.1261.
A. N. Audia dan A. Silvianita, “KARYAWAN MELALUI KNOWLEDGE SHARING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING di lingkungan bisnis . Hal ini menjadi penting karena dapat menciptakan proses bisnis penilaian pada karyawannya , dalam hal tersebut PT Krakatau Daya Listrik melakukan perusahaan . PT Krakat,” vol. IX, hal. 144–156, 2022.
N. Gozal, I. Trang, M. H. Ch Pandowo, dan F. Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pdam Kabupaten Kepulauan Sangihe,” J. EMBA, vol. 9, no. 3, hal. 1413–1422, 2021.
D. Sintaasih dan N. L. P. S. Astitiani, “Peran Mediasi Knowledge Sharing Pada Pengaruh Quality of Work Life Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan,” Matrik J. Manajemen, Strateg. Bisnis dan Kewirausahaan, hal. 1, 2019, doi: 10.24843/matrik:jmbk.2019.v13.i01.p01.
L. Lubertri dan S. N. Azizah, “Pengaruh Budaya Organisasi dan Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Karyawan melalui Knowledge Sharing sebagai Pemediasi,” J. Ilm. Mhs. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 2, no. 3, hal. 450–465, 2020, doi: 10.32639/jimmba.v2i3.490.
G. Imam, Metodologi penelitian kualitatif : analisis data kualitatif dengan program NVIVO 12/ penulis, Prof. H. Imam Ghozali. Semarang: Yoga Pratama 2020, 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, 2 ed. Bandung: Bandung : CV. Alfabeta, 2019.
S. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kuaalitatif, dan R&D. Alfabeta, 2016.
N. K. A. Swandewi dan P. R. J. Sari, “Pengaruh Knowledge Sharing dan Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bali Buda Restoran Ubud,” J. Ilm. Glob. Educ., vol. 5, no. 1, hal. 181–187, 2024, doi: 10.55681/jige.v5i1.1812.
H. Hamsal, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai Universitas Islam Riau,” INVEST J. Inov. Bisnis dan Akunt., vol. 2, no. 1, hal. 15–29, 2021, doi: 10.55583/invest.v2i1.120.
T. Simanjuntan dan V. S. S. Sitio, “Pengaruh Knowledge Sharing dan Employee Engagement Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Narma Toserba, Narogong Bogor,” J. Inov. Mhs. Manaj., vol. 2, no. 1, hal. 42–54, 2021.
M. E. Supatmi, U. Nimram, dan H. N. Utami, “Pengaruh Pelatihan, Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dan Kinerja Karyawan,” J. Profit, vol. 7, no. 1, hal. 25–37, 2012.
W. M. Panungkelan, “Pengaruh Knowledge Management dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Sulutgo Cabang Utama Manado,” J. Stud. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 2, no. 1, hal. 1–9, 2018.
A. Roses, R. B. Putra, A. M. Yudha, dan H. Fitri, “Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Aceng Bakery,” Inov. dan Kreat. dalam Ekon., vol. 7, no. 3, hal. 28–38, 2024.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.